jenis-jenis tanaman kaktus

Jenis-jenis Tanaman Kaktus yang Wajib Kamu Ketahui

Kaktus merupakan salah satu tanaman hias yang unik dan menarik, serta memiliki beragam jenis yang berbeda-beda. Tanaman yang satu ini memang tumbuh subur di daerah beriklim panas dan kering, sehingga ia tidak terlalu membutuhkan banyak air.

Hal itu dikarenakan tanaman kaktus telah menyimpan air yang cukup banyak di dalamnya, sehingga mampu bertahan hidup di kondisi yang kering. Tanaman kaktus juga kerap disebut dengan istilah succulents, padahal memiliki arti yang berbeda.

Dengan kata lain, semua jenis kaktus adalah succulents, namun tidak semua succulents bisa dikatakan kaktus. Pasalnya, kaktus memiliki struktur areola dengan bentuk bantalan kecil berduri, cabang, rambut, dan membentuk kelompok.

Nah, untuk mempersingkat waktu, mari kita langsung saja ke pembahasan intinya mengenai jenis-jenis tanaman kaktus. Maka dari itu, simaklah baik-baik ulasannya di bawahi ini.

Berbagai Jenis Tanaman Kaktus

1. Kaktus Telinga Kelinci (Bunny Ear Cactus)

Bunny Ear Cactus

Sesuai dengan namanya, yang mana jenis kaktus ini tampil dengan bentuk menyerupai telinga kelinci. Menurut informasi yang didapat, Kaktus Telinga Kelinci berasal dari Negara Meksiko. Tanaman ini mengusung dua bantalan yang berbentuk telinga kelinci, dan ditutupi oleh duri tajam yang berwarna cokelat.

Baca Juga : Manfaat Tanaman Lidah Buaya

Disamping itu, ternyata Kaktus Telinga Kelinci dapat menghasilkan bunga berwarna putih dan buah berwarna ungu saat musim panas.

2. Kaktus Dagu (Gymnocalycium)

Gymnocalycium

Jenis kaktus kedua adalah Kaktus Dagu yang berasal dari Amerika Selatan. Terdapat beberapa tipe Kaktus Dagu yang tumbuh subur di daerah teduh, sedangkan tipe lainnya lagi tumbuh subur di daerah kering.

3. Kaktus Saguaro (Carnegiea Gigantea)

Carnegiea Gigantea

Jenis Kaktus Saguaro mampu tumbuh ingga 40 kaki secara perlahan. Itu artinya, Kaktus Saguaro bisa digunakan sebagai tanaman hias indoor selama bertahun-tahun sebelum kamu hendak memindahkannya ke area luar ruangan.

Ciri khas dari Kaktus Saguaro, yakni tubuhnya yang berbentuk tong serta membutuhkan banyak paparan sinar matahari. Jika kamu ingin merawat Kaktus Saguaro ini di dalam ruangan, maka letakkan pada tempat yang sering terkena sinar matahari secara langsung seperti di dekat jendela.

4. Kaktus Nyonya Tua (Mammillaria Hahniana)

Mammillaria Hahniana

Kaktus Nyonya Tua merupakan salah satu jenis kaktus yang memiliki bantalan dalam keluarga mammillaria 250 species. Tak Cuma itu, ia juga memiliki rambut dan duri yang berbentuk lingkaran dengan bunga berwarna merah muda atau ungu ketika musim semi tiba.

Menurut kabar yang beredar, jenis Kaktus Nyonya Tua ini harus ditanam dalam campuran pot berpasir dan harus disiram setiap minggu.

5. Bintang Kaktus (Astrophytum Asteria)

Astrophytum Asteria

Selain terkenal dengan nama kaktus landak dan kaktus dolar pasir, Bintang Kaktus ini juga terkenal dengan ciri khas bentuk tubuhnya yang bulat dan terbagi menjadi delapan irisan. Terdapat pula rambut putih dan titik putih kecil yang menghiasi tubuhnya.

Artikel Populer Lainnya : Kenali jenis-jenis Tanaman Sirih Gading

Ketika musim semi tiba, biasanya Bintang Kaktus ini akan menghasilkan sekuntum bunga yang berwarna kuning lho. Umumnya Bintang Kaktus hanya bisa tumbuh dengan diameter sekitar 2 – 6 inci, sehingga sangat ideal dijadikan sebagai tanaman hias indoor.

6. Kaktus Paskah (Hatiora Gaertneri)

Hatiora Gaertneri

Jenis Kaktus Paskah berasal dari negara Brazil, yang pada umumnya akan mekar di akhir musim dingin dan awal musim semi. Ia akan menghasikan bunga dengan warna yang bervariasi, muai dari pink, orange, lavender, dan lain sebagainya.

Ciri khas lainnya dari Kaktus Paskah, yakni terdapat duri-duri menumpuk satu sama lain sehingga tampilannya terkesan lebih unik dan menarik. 

7. Kaktus Natal (Christmas Cactus)

Christmas Cactus

Tak sedikit dari kita yang kerap kesulitan dalam membedakan mana jenis Kaktus Natal dan jenis kaktus tanksgiving. Biasanya, jenis Kaktus Natal ini akan mekar di akhir musim dingin dan menghasilkan bunga yang berwarna merah cerah. Bahkan yang lebih menariknya lagi, Kaktus Natal mampu tumbuh dengan baik di dalam ruangan pada kondisi suhu rumah yang moderat.

Bukan hanya itu, Kaktus Natal pun mampu beradaptasi dengan lingkungan cahaya yang rendah, namun akan mekar dengan lebih baik jika terkena paparan sinar matahari. Akan tetapi, Kaktus Natal tidak boleh disiram terlalu banyak karena bisa menyebabkan kebusukan pada akarnya lho!

8. Kaktus Bulan (Gymnocalycium Mihanovichii)

Gymnocalycium Mihanovichii

Sejatinya Kaktus Bulan ini juga sering disebut dengan nama Kaktus Dagu, yang tampil dalam ukuran, bentuk, dan warna yang bervariasi. Menurut informasi yang didapat, Kaktus Bulan berasal dari kawasan Amerika Selatan yang umumnya mempunyai warna merah cerah, merah muda, kuning, dan orange.

Untuk menunjang keberlangsungan hidupnya, maka Kaktus Bulan harus di tempatkan di area-area yang sering terkena paparan sinar matahari.

9. Kaktus Barrel (Ferocactus)

Tulang rusuk Kaktus Barrel tampak melapisi sisi tanaman, sedangkan durinya yang runcing tumbuh darinya. Selain Kaktus Barrel, masih ada lagi beberapa varietas populer lainnya seperti kaktus pancing, kaktus blue barel, dan colviller barrel.

Nah, itulah beberapa jenis tanaman kaktus yang bisa kamu gunakan untuk mempercantik tampilan ruangan rumah.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top