Decking Kayu Merbau Jenis Decking Dengan Stabilitas Tinggi

Decking Merbau Salah Satu Jenis Decking Dengan Stabilitas Paling Tinggi

Apakah diantara kalian ada yang sering melihat lantai kayu…?? Ya, biasanya penggunaan lantai kayu ini kerap kita jumpai pada tempat-tempat wisata maupun tempat kuliner. Sebenarnya ada banyak sekali istilah-istilah yang tersemat pada produk lantai kayu tersebut, seperti parket, parquet, flooring wood, decking, dan lain sebagainya.

Meski sama-sama merujuk ke produk lantai kayu, namun pada masing-masing istilahnya memiliki perbedaan lho. Terlebih untuk produk decking yang memang cukup berbeda dari segi penempatannya.

Nah, untuk mengenal lebih jauh lagi seputar decking, mari kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

Pengertian Decking

pengertian decking

Deck wood atau decking merupakan konstruksi lantai yang bahan utamanya terbuat dari kayu solid (kayu asli) dengan menyediakan beragam jenis, ukuran, dan motif. Dari segi penempatan, biasanya produk decking kayu ini akan diaplikasikan di area luar ruangan seperti taman, halaman, balkon, rooftop, hingga pinggiran kolam renang.

Akan tetapi, tidak semua jenis kayu itu cocok dijadikan bahan baku untuk pembuatan decking. Dengan kata lain, hanya ada beberapa jenis kayu saja yang kriterianya dianggap cocok untuk dijadikan produk decking. Ya, salah satunya adalah kayu merbau khas Papua.

Artikel Menarik Lainnya : Jenis-jenis Lantai Kayu Tempel Untuk Hunian

Keistimewaan Decking Kayu Merbau

Salah satu ciri khas yang paling menonjol dari Decking Kayu Merbau, yakni tampilannya yang berwarna merah dengan pola serat berbentuk lurus. Sehingga tak heran jika penggunaan Decking Kayu Merbau ini mampu menghadirkan nuansa mewah, elegan, dan natural pada sebuah hunian.

Jika dinilai dari tingkat kekerasan dan keawetannya, Decking Kayu Merbau termasuk kedalam kelas I dan kelas II. Hal itu pun terbukti, yang mana Decking Kayu Merbau tahan terhadap serangan rayap maupun perubahan cuaca ekstrim.

Menariknya lagi, potensi pemuaian dan penyusutan pada Decking Kayu Merbau juga tergolong cukup rendah lho. Itu sebabnya, mengapa Decking Kayu Merbau sangat ideal diapliasikan di area outdoor. Terdapat dua jenis produk decking merbau yang tersedia, yakni decking polos dan decking yang memiliki alur.

decking merbau polos dan beralur

Baca juga : Jenis-jenis Furniture Terbaik Untuk Rumah Minimalis Modern

Dibalik keistimewaannya, terdapat satu kekurangan dari Decking Kayu Merbau yang harus diketahui. Ya, pada awal penggunaan Decking Kayu Merbau biasanya akan mengeluarkan getah saat terkena air, sehingga membuat tekstur permukaannya terasa lengket.

Kendati demikian, masalah ini sama sekali tidak berpengaruh terhadap tingkat kekuatannya. Kabar baiknya lagi, getah tersebut juga akan hilang dengan sendirinya paling cepat 2 minggu dan paling lamanya sekitar 1 atau 2 bulanan.

Pada intinya, anda tidak perlu khawatir saat Decking Kayu Merbau mengeluarkan getah karena hal itu merupakan proses alami yang hanya terjadi sekali saja.

Berbagai Contoh Penempatan Decking Kayu Merbau

1. Decking Kayu Merbau yang Terpasang di Samping Kolam Renang

Decking Kayu Merbau yang Terpasang di Samping Kolam Renang

2. Decking Kayu Merbau yang Terpasang di Area Taman

Decking Kayu Merbau yang Terpasang di Samping Kolam taman

3. Decking Kayu Merbau yang Terpasang di Area Rooftop

Decking Kayu Merbau yang Terpasang di rooftop

4. Decking Kayu Merbau yang Terpasang di Halaman

Decking Kayu Merbau yang Terpasang di halaman

5. Decking Kayu Merbau yang Terpasang di Area Balkon

Decking Kayu Merbau yang Terpasang di balkon

Nah, seperti itulah berbagai contoh pemasangan Decking Kayu Merbau, yang mungkin saja anda juga berminat untuk memasang Decking Kayu Merbau dirumah…???

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top