manfaat lidah buaya

Selain Sebagai Tanaman Hias, Inilah Manfaat Luar Biasa Dari Tanaman Lidah Buaya Untuk Kencatikan dan Kesehatan

Aloe vera atau yang biasa kita sebut dengan nama lidah buaya, merupakan salah satu jenis tanaman hias yang memang tumbuh subur di kawasan tropis seperti Indonesia. Selain sebagai tanaman hias, ternyata lidah buaya kaya akan kandungan nutrisi yang bagus untuk kesehatan kulit wajah dan tubuh lho.

Mengingat akan hal itu, maka tak heran juga jika tanaman yang satu ini kerap dijadikan bahan baku untuk produk-produk lotion. Daging lidah buaya memiliki bentuk seperti gel dengan warna bening, serta teksturnya yang agak licin dan lengket.

Lantas, seperti apa sajakah manfaat tanaman lidah buaya?

Manfaat Tanaman Lidah Buaya Untuk Kecantikan Kulit Wajah dan Kesehatan

1. Mengatasi Masalah Jerawat

Siapa sih diantara kita yang tidak merasa risih dengan kehadiran jerawat di kulit wajah? Tentu saja kita akan merasakan risih dengan kehadirannya. Hal itu bukan tanpa alasan, mengingat kehadiran jerawat yang dapat mengurangi penampilan kita.

Artikel Populer Lainnya : Kenali Jenis-jenis Tanaman Sirih Gading

Belum lagi rasa nyeri yang ditimbulkan saat tersentuh secara sengaja maupun tidak disengaja, yang otomatis dapat mengganggu aktivitas kita. Tapi kalian tidak perlu khawatir, karena permasalahan jerawat ini bisa diatasi dengan menggunakan tanaman lidah buaya.

Caranya pun sangatlah mudah, dimana kamu hanya tinggal mengoleskan gel lidah buaya yang sudah ditumbuk halus tepat ke jerawatnya. Setelah itu diamkan sampai kering, kemudian bilas lagi wajahmu dengan air hangat sampai bersih.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan cara tersebut setiap malam sebelum tidur.

2. Mencerahkan Kulit

Memiliki kulit yang bersih dan cerah tentunya menjadi dambaan bagi setiap orang, terlebih untuk kaum perempuan. Untuk kamu yang ingin mendapatkan kulit cerah secara alami dengan mudah dan ekonomis, maka tanaman lidah buaya ini merupakan pilihan tepat.

Mengenai caranya, siapkan satu batang tanaman lidah buaya, kupas kulitnya, lalu tumbuk dagingnya hingga lembut. Kemudian oleskan pada wajahmu secara merata dengan gerakan tangan memutar, dan diamkan kurang lebih selama 3 – 5 menitan.

Jika sudah demikian, silahkan bilas kembali wajahmu dengan air hangat hingga bersih.

3. Dapat Memperlambat Penuaan Dini

Berdasarkan dari hasil penelitian, yang menyebutkan kandungan nutrisi pada tanaman lidah buaya mampu membantu untuk memperlambat penuaan kulit. Hal itu bukan tanpa alasan, dikarenakan lidah buaya sudah terbukti dapat meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh sehingga tingkat kelenturan kulit akan tetap terjaga.

4. Mengobati Iritasi Pada Kulit

Terdapat berbagai masalah kulit yang umumnya terjadi, seperti eksim, psoriasis, dan rosacea yang akan membuat kulit menjadi kering serta ter-iritasi. Tanaman lidah buaya memiliki kandungan asam lemak dan enzim bradikinin, yang dapat membantu untu melembapkan kulit akibat penyakit-penyakit tersebut.

Baca Juga : Manfaat Merawat Tanaman Lidah Mertua

5. Mengurangi Peradangan Pada Gusi

Tahukah kamu? ternyata jus lidah buaya sudah terbukti ampuh dala memantu meredakan peradangan yang terjadi pada gusi lho. Ya, hal itu dikarenakan kandungan antimikroba dan antibakteri yang terdapat pada tanaman lidah buaya.

Nah, ketika kamu mengalami peradangan di bagian gusi, sebaiknya minum jus lidah buaya sebanyak 2 gelas dalam sehari. Dengan begitu, intensitas peradangannya akan semakin berkurang bahkan berangsur-angsur sembuh.

6. Mampu Mencegah Terbentuknya Ulkus di Lambung

Kandungan vitamin C dan antiradang pada lidah buaya diyakini mampu mencegah terbentuknya terbentukna ulkus (luka) di lambung. Untuk mendapatkan khasiat yang satu ini, kamu hanya perlu menyediakan beberapa batang lidah buaya untuk dijadikan segelas minuman jus.

7. Dapat Meredakan Sariawan

Tak hanya mencegah terbentuknya ulkus di lambung, bahkan tanaman lidah buaya ini sudah terbukti cukup efektif untuk meredakan sariawan. Lantas, bagaimana cara mengobati sariawan dengan menggunakan lidah buaya?

Untuk caranya, kamu tinggal mengoleskan gel lidah buaya tersebut tepat ke area bibir yang ada sariawannya secara perlahan. Kendati demikian, tingkat keampuhan obat sariawan di apotik masih lebih efektif ketimbang menggunakan lidah buaya.

8. Berperan Sebagai Antioksidan

Seperti yang sudah disebutkan pada ulasan diatas tadi, bahwa tanaman lidah buaya kaya akan kandungan vitamin C. Nah, kandungan vitamin C tersebutlah yang berperan sebagai antioksidan, sehingga dapat melindungi tubuh dari serangan radikal bebas.

Dengan mengonsumsi jus lidah buaya secara rutin dan teratur, maka daya tahan tubuhmu akan meningkat agar terhindar dari berbagai jenis penyakit.

9. Dapat Menurunkan Kadar Gula Darah

Manfaat luar biasa berikutnya dari tanaman lidah buaya untuk kesehatan, yakni dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Tentu saja manfaat yang satu ini sangat disarankan bagi penderita diabetes tipe 2.

Nah, itulah beberapa manfaat yang luar biasa dari tanaman lidah buaya untuk kecantikan kulit dan kesehatan. Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk merawat tanaman lidah buaya?  

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top