Decking kayu Ulin

Mengenal Lantai kayu Ulin. Jenis Decking terbaik untuk di pasang

lantai kayu merupakan jenis lantai yang akhir-akhir ini sedang hangat di perbincangankan. Mengingat tampilannya yang begitu natural dan memberikan kesan sangat berbeda pada hunian yang telah menerapkannya.

Namun impian seseorang yang ingin memasang lantai kayu kadang kandas di tengah jalan karena lantai kayu sendiri di kenal sebagai jenis lantai yang tidak begitu awet.

Mending pakai lantai keramik aja yang lebih terjamin keawetannya

Padahal, tidak semua jenis lantai kayu bersipat kurang awet. Ada juga jenis lantai kayu yang sangat awet, sangat kuat dan tahan terhadap perubahan cuaca sehingga sangat cocok untuk di pasang pada hunian rumah.

Namanya adalah Lantai kayu Ulin

Lantai kayu Ulin merupakan jenis lantai kayu yang lebih sering di pasang di luar ruangan karena sipatnya yang tahan perubahan cuaca serta kelembaban.

Mau tahu lebih detail mengenai lantai kayu Ulin ? mari kita uraikan poin-poin penting lantai kayu Ulin agar kita nggak salah beli lantai kayu.

Mengenal kayu Ulin :

#1) Asal kayu Ulin

Decking kayu Ulin terpasang di luar ruangan

Kayu Ulin adalah jenis kayu khas Kalimantan, meskipun banyak di selawesi juga terdapat kayu Ulin namun jenis kayu Ulin Kalimantan dan kayu Ulin Sulawesi berbeda.

Selain di Kalimantan dan Sulawesi, kayu ulin juga dapat di temukan di Sumatera dan pulay Bangka Belitung. Kayu Ulin digolongkan ke dalam suku Lauraceae.

Pohon Ulin akan tumbuh baik di kawasan Tropis pada ketinggian 500-625 m dpl. Di area dekat sungai dan area punggung bukit dan tumbuh di tanah yang berpasir dengan pH dan unsur hara makro yang rendah

#2) Karakteristik kayu Ulin

Memiliki tingkat keras kelas I, tingkat kuat kelas I dan tingkat awet kelas I dengan tingkat keras kayu 840-1100Kg/m³. Kayu Ulin ini merupakan jenis kayu yang termasuk jenis kayu yang tahan terhadap perubahan cuaca, serangan rayap serta pertumbuhan jamur.

Rayap tidak mampu memakan kayu Ulin karena bukan hanya keras, kayu ulin juga memiliki zat ekstraktif eusiderin yang merupakan turunan dari phenolic beracun.

Pohon Ulin merupakan jenis pohon yang dapat tumbuh lebih dari 50 m dengan diameter batang utama dapat mencapai 120 cm.

Kayu Ulin ini memiliki tektur yang kasar dank eras yang membutnya sulit di gergaji. Sementara kulitnya licin. Memiliki batang yang lurus dan tidak banyak cabang. Pohon ini memang merupakan jenis kayu Idaman.

Warna kayu Ulin ini coklat kekuningan, namun jika sering terkena air warnanya akan berubah menjadi coklat kehitaman, tetapi anda jangan khawatir karena tidak akan mengurangi kualitas dari Kayu Ulin tersebut.

Akan berubah Jadi Hitam

#3) Manfaat kayu Ulin

Kayu Ulin memiliki tingkat kekerasan yang sangat tinggi sehingga paku dan gergaji akan kesulitan menembusnya. Hal ini juga yang menyebabkan kerajinan dari kayu ulin memiliki harga yang cukup fantastis.

Kayu ulin juga dikenal memiliki aroma yang Khas dan Natural sehingga membuat suasana sekitarnya menjadi lebih adem.

Karena Sangat keras kayu ulin ini banyak di manfaatkan sebagai kontruksi rumah, jembatan, bantalan rel kereta api, bahan dasar pembuatan gedung bertingkat, Villa hingga Decking.

Plus Minus kayu Ulin

Untuk kelebihan saya rasa dari tadi kita sudah mengulas berbagai kelebihannya seperti keras, kuat dana wet. Bisa di baca ulas pada bagian mengenal kayu Ulin.

# Kelemahan kayu Ulin

Kayu Ulin memiliki 2 kelemahan utama, yaitu :

  • Jumlah kayu Ulin sangat langka, di tambah dengan proses reproduksi pohon ulin sanbat sulit dan pertumbuhannya terbilang sangat lambat membuat harga kayu Ulin menjadi sangat tinggi.
  • Karena sangat keras, diperlukan alat alat khusus dan terbaik untuk mengolahnya. Tidak bisa di oleh dengan peratan biasanya.

Produk lantai kayu Ulin

Penggunaan Lantai kayu menggunakan kayu Ulin memang menjadikan kebanggan tersendiri bagi pemilik hunian. Kayu Ulin lebih banyak digunakan untuk keperluan outdoor sebagai Decking.

Decking kayu merupakan produk lantai kayu yang memiliki ukuran lebih tebal dari lantai kayu dalam ruangan. selain dari bentuknya, pemasangan decking kayu juga tidak menggunakan lem tetapi skrup.

# Decking kayu Ulin

Jika di Tanya jenis Decking kayu mana yang terbaik untuk luar ruangan, jawabannya adalah Decking kayu Ulin.

Kami menyediakan Decking kayu Ulin dengan ukuran : 1,9 x 9 x 100 cm /m2

Spesifikasi Decking kayu ULin Kalimantan

  • Tipe : Decking
  • Produksi : PT. Rajawali Parquet
  • Jenis Kayu : Ulin
  • Asal kayu : Kalimantan
  • Ukuran : 1,9 x 9 x 100 cm up /pcs
  • Alur anti slip satu sisi
  • satu sisi lain Polos
  • Harga : Rp. 995.000 790.000 /m2 (Promo)
  • Harga bisa berubah-ubah dan harga tidak termasuk biaya pasang

Itu dia pembahasan mengenai Decking kayu Ulin sebagai salah satu lantai kayu terbaik untuk di pasang. Selain Decking kayu Ulin, kami juga menyediakan jenis lantai kayu lain banyak ragam pilihan dengan ciri khasnya sendiri-sendiri. Info lengkapnya bisa buka : Info harga lantai kayu terbaru

Demikian ulasan kali ini. jangan lupa share artikel kali ini dan semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top