karakteristik dan manfaat kuping gajah

Kenali Karakteristik dan Manfaat Tanaman Kuping Gajah

Siapa sih diantara kita yang tidak kenal dengan tanaman kuping gajah? Tentu saja kita semua sudah sangat mengenal betul dengan tanaman hias yang satu ini. Ya, terang saja demikian, sebab kuping gajah ini merupakan salah satu jenis tanaman hias terpopuler di Indonesia.

Tanaman kuping gajah memiliki nama latin Anthurium, dimana ia merupakan tanaman hias yang termasu kedalam keluarga Araceae. Dari wujudnya, biasanya kuping gajah tampil dengan warna hijau tua dan mempunyai tulang daun yang berwarna putih kehijauan.

Baca Juga : Mengenal Lebih Jauh Lagi Tanaman Puring

Disamping itu, ia juga mempunyai ukuran panjang berkisar 20 – 40 cm denan lebar sekitar 15 – 38 cm. Nah, untuk mengenal lebih jauh lagi mengenai tanaman kuping gajah, mending kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

Karakteristik Kuping Gajah

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa setiap masing-masing jenis tanaman hias memiliki karakteristik yag berbeda. Mulai dari bentuk daun, warna, hingga cara perawatannya. Begitupun dengan tanaman hias kuping gajah yang memiliki ciri khas tersendiri seperti berikut :

  • Bentuk batangnya yang cenderung berdiri tegak
  • Memiliki daun tunggal, berpelepang, dan duduk dalam roset akar
  • Ukuran panjangnya bisa mencapai 20 – 30 cm, sedangkan lebar daunya sekitar 15 – 20 cm
  • Daunya tampil dengan warna hijau dan berbentuk lonjong
  • Bentuk tulang daunnya cenderung menyirip dan memiliki warna keputih-keputihan
  • Bentuk bunganya tampak majemuk, berkelopak bulat, dan ujung batangnya memiliki kelamin dua
  • Mempunyai mahkota berwana kuning dan akar rhizoma
  • Tanaman kuping gajah tidak terlalu kuat dibawah paparan sinar matahari

Manfaat Tanaman Kuping Gajah

Disamping fungsinya sebagai tanaman hias yang dapat mempercantik tampilan rumah, ternyata daun kuping gajah juga memiliki beragam manfaat untuk kesehatan tubuh kita lho. Hal itu bukan tanpa alasan, mengingat kuping gajah memiliki banyak kandungan zat di bagian batang dan daunnya.

Artikel Menarik Lainnya : Manfaat Tanaman Lidah Buaya Untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit

Seperti zat saponim, flavonoida, tanin, anti bakteri, dan lain sebagainya. Adapun mengenai beragam manfaat dari daun kuping gajah untuk kesehatan seperti berikut :

  • Dapat menyembuhkan masalah bengkak di dalam mulut dan tenggorokan
  • Mampu mempercepat pemecahan bisul
  • Daun kuping gajah diyakini dapat menghilangkan stress, gangguan ginjal, hingga diabetes
  • Daun kuing gajah bisa dijadikan obat relaksasi
  • Mampu mencegah infeksi akibat kuman dan bakteri
  • Dapat mengobati berbagai masalah kulit

Cara Merawat Tanaman Kuping Gajah

1. Tidak Boleh Terkena Sinar Matahari Secara Langsung

Seperti yang sudah disebutkan ulasan diatas tadi, bahwa dan kuping gajah tidak terlalu tahan terhadap paparan sinar matahari secara langsung. Pasalnya, daun kuping gajah memiliki sifat yang mudah terbakar. Maka dari itu, tingkat kelembapan daun kuping gajah harus selalu dijaga.

Baca Juga : 6 Rekomendasi Tanaman Hias Indoor yang Mudah Dirawat

Dengan kata lain, daun kuping gajah harus ditempatkan di area yang memiliki kipas angin atau di tempatkan pada ruang yang ada ventilasinya.

2. Menggunakan Media Tanah yang Berkualitas

Memang tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa tanah merupakan media tanam untuk semua jenis tanaman hias. Namun, media tanah untuk kuping gajah ini haruslah bagus. Nah, sebelum menanamnya, pastikan jika media tanah tersebut sudah steril dari bakteri maupun jamur.

Tak hanya itu, kamu juga harus menyiram tanahnya terlebih dulu dengan air panas. Adapun mengenai komposisi media tanah yang bisa dicoba, seperti satu bagian kompos dengan pasir, dan satu bagian laginya menggunakan tanah kebun dengan perbandinga 1:1:1.

3. Selalu Bersihkan Daunnya Dari Kotoran

Mengingat ukuran daunnya yang cukup besar, tentu saja hal tersebut memungkinkan debu dan kotoran lainnya yang menempel akan semakin banyak. Sedari itu, kamu harus lebih rajin lagi dalam membersihkan permukaan daunnya.

Cara membersihkannya pun cukup mudah, yakni dengan menyemprotkan air ke daun kemudian lap dengan kain bersih untuk mengeringkannya.

4. Meyiramnya Dengan Rutin

Untuk menjaga tingkat kelembapannya, tentu saja kamu harus menyiram media tanahnya secara rutin. Tapi, kamu tidak boleh menyiram tanah sampai tergenang karena bisa menjadi sarang jamur dan bakteri lho!

5. Berikan Nutrisi yang Cukup

Tips berikutnya yang bisa kamu lakukan dalam merawat tanaman kuping gajah, yakni memberikan nutrisi yang cukup melalui pupuk. Dalam hal ini, disarankan bagi kamu untuk menggunakan pupuk NPK dengan komposisi zat N yang lebih banyak.

Demikianlah ulasan singkat mengenai seluk beluk dari tanaman kuping gajah beserta cara perawatannya, sehingga bisa kamu jadikan sebagai bahan referensi.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top