berbagai fakta menarik tanaman keladi

Berbagai Fakta Menarik Tentang Tanaman Hias Keladi

Caladium atau yang biasa kita sebut dengan nama keladi biasanya tumbuh liar di area pekarangan yang lembap, seperti got dan saluran air lainnya. Berkat tampilannya yang sedap dipandang mata, keladi pun menjadi salah satu jenis tanaman hias terpopuler di Indonesia sepanjang tahun 2020 – 2021.

Baca Juga : Jenis-jenis Tanaman Kaktus

Harga tanaman hias yang satu ini cukup bervariasi, mulai dari Rp 50 ribu hingga Rp 1 jutaan. Semakin rimbun daunnya, maka akan semakin mahal pula harga jualnya. Nah, untuk mengenal lebih jauh lagi mengenai tanaman hias keladi, mending kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

5 Fakta Menarik Tanaman Hias Keladi

1. Bentuk Daun yang Menyerupai Hati

Fakta menarik pertama dari tanaman hias keladi, yakni terdapat pada daunnya yang berbentuk hati. Itu sebabnya, mengapa tanaman hias keladi kerap dijuluki dengan nama “Heart of Jesus“. Pada umumnya daun keladi memiliki tekstur yang agak licin, serta mengadung lapisan lilin.

Tak Cuma itu, tanaman keladi sejati jarang membentuk umbi yang membesar sehingga ukurannya tidak pernah lebih dari 1 meter. Namun, terdapat beberapa jenis dan hibridanya yang kerap digunakan sebagai tanaman hias  pekarangan.

2. Memiliki Beragam Jenis Dengan Tampilan yang Berbeda-beda

Menurut informasi yang didapat, tanaman hias keladi pertama kali ditemukan di negara Brazil yang kemudian menyebar ke seluruh dunia. Setidaknya ada sekitar 7 jenis tanaman keladi yang memiliki warna dan corak berbeda satu sama lainnya.

Artikel Populer Lainnya : 8 Jenis Tanaman yang Bentuknya Paling Aneh di Dunia

Akan tetapi, kultivar dari tanaman keladi ini ternyata mampu mencapai hingga 1000 jenis tanaman lho. Adapun mengenai beragam jenis yang terpopulernya, mulai dari keladi strawberry, keladi baret, keladi wayang, keladi tengkorak, keladi sexy pink, keladi infinity, keladi susu, dan masih banyak lagi.

3. Tampilan Daunnya yang Begitu Eksotis

Inilah yang menjadi alasan, mengapa keladi termasuk salah satu jenis tanaman hias terpopuler di dunia. Hal itu bisa kalian lihat pada warna daunnya yang mengusung corak khusus, dan tidak dimiliki oleh jenis tanaman hias lainnya.

Adapun mengenai varian warna yang dimilikinya, mulai dari campuran warna putih dan merah, menyerupai batik, strawberry, dan lain sebagainya. Mengingat akan hal itu, maka tak heran jika pada abad ke 18 tanaman hias keladi ini sangat populer di kawasan Eropa.

4. Cara Perawatannya yang Cukup Mudah  

Perlu kalian ketahui tanaman keladi ini mampu bertahan dengan baik dalam cuaca panas maupun di cuaca yang memiliki tingkat kelembapan tinggi. Ya, ketika musim penghujan tiba, tanaman keladi dapat berkembang dengan pesat, berbeda dengan jenis tanaman hias lainnya yang mudah mati.

Begitu juga dalam urusan media tanah yang tidak terlalu repot. Asalkan, keladi ini ditanam pada tanah gambut agar membuatnya bisa tumbuh dengan baik. Bukan hanya itu, bahkan tanaman keladi hanya membutuhkan sedikit pemupukan untuk membuatnya semakin subur.

5. Memiliki Kandungan Racun

Dibalik tampilannya yang cantik dan sedap dipandang, ternyata tanaman hias keladi ini memiliki kandungan racun lho! Menurut informasi yang didapat, tingkat racun pada tanaman hias keladi termasuk kedalam kategori 2 dan 3.

Artikel Terkait : 7 Jenis Tanaman Hias yang Memiliki Kandungan Racun

Itu artinya, kandungan racun pada tanaman keladi cukup berbahaya. Maka dari itu, usahakan bagi kamu untuk dijauhkan dari jangkauan anak-anak maupun hewan peliharaan seperti kucing. Pasalnya, jika daun keladi sampai tertelan baik disengaja atau tidak disengaja, maka akan menyebabkan rasa terbakar pada mulut.

Demikianlah ulasan singkat mengenai beberapa fakta menarik dari tanaman keladi, sehingga bisa kita jadikan sebagai bahan untuk penambah wawasan.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top