6 Rekomendasi Tanaman Hias Indoor yang Mudah Dirawat

6 Rekomendasi Tanaman Hias Indoor yang Mudah Dirawat

Selain kehadiran sebuah furniture dan property, tanaman hias indoor juga memiliki peranan yang penting untuk mempercantik tampilan ruangan rumah kita. Tak hanya mempercantik, bahkan keberadan tanaman hias tersebut juga dapat membersihkan udara di dalam rumah lho.

Mengingat akan hal itu, maka tak heran jika sekarang ini banyak masyarakat yang tertarik untuk merawat tanaman hias di dalam rumahnya.

Nah, secara kebetulan juga pada kesempatan kali ini akan merekomendasikan 6 jenis tanaman hias indoor yang mudah di rawat.

Tanpa banyak panjang lebar lagi, mending kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

Jenis-jenis Tanaman Hias Indoor yang Mudah Dirawat

1. Peace Lilly

Peace Lilly

Jenis tanaman hias indoor pertama yang mudah di rawat, yakni bernama Peace Lilly. Tanaman hias yang satu ini memiliki daun berwarna hijau, sedangkan bagian bunganya tampil dengan warna putih. Alhasil, perpaduan warna tersebut dapat menghadirkan nuansa kesegaran dan natural.

Baca Juga : 8 Jenis Tanaman yang Bentuknya Paling Aneh di Dunia

Peace Lilly itu sendiri merupakan jenis tanaman tropis, sehingga ia lebih suka berada di kondisi yang hangat dan lembap. Mengenai perawatan Peace Lilly, kamu hanya tinggal menyiramnya dengan air agar kondisi tanah tetap lembap.

Akan tetapi, kamu jangan menyiram Peace Lilly terlalu banyak karena bisa membuat akarnya menjadi busuk. Dengan kata lain, biarkan si tanahnya mengering sebelum disiram kembali. Mengapa demikian? Pasalnya, Peace Lilly hanya membutuhkan sedikit air.

Disamping itu, Peace Lilly juga tidak boleh terkena paparan sinar matahari secara langsung.

2. Spider Plant

Spider Plant

Memang tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa Spider Plant merupakan salah satu jenis tanaman hias indoor yang dapat tumbuh di berbagai lingkungan. Tak Cuma itu, bahkan cara perawatan tanaman Spider Plant ini sangatlah mudah.

Dengan demikian, maka tak heran jika Spider Plant mulai banyak diminati oleh para pecinta tanaman hias indoor. Seperti halnya Peace Lily, yang mana Spider Plant juga tidak boleh terkena paparan sinar matahari secara langsung.

Untuk proses penyiramannya, biarkan kondisi tanah agak sedikit kering untuk dilakukan penyiraman kembali. Nah, ketika malam hari tiba, sebaiknya Spider Plant diletakan di luar ruangan agar mendapatkan oksigen yang cukup.

3. Lidah Mertua

 Lidah Mertua

Ini dia salah satu jenis tanaman hias indoor yang tangguh dan juga mudah dirawat. Bahkan yang lebih hebatnya lagi, Lidah Mertua mampu tumbuh di hampir semua kondisi. Hal itu bukan tanpa alasan, mengingat Lidah Mertua hanya membutuhkan sedikit cahaya dan air.

Artikel Terkait : Manfaat Merawat Tanaman Lidah Mertua

Dalam kondisi kekurangan air, tanaman Lidah Mertua ini masih bisa bertahan dengan baik lho. Namun, pada umumnya Lidah Mertua lebih suka berada di tempat-tempat yang terang.

Ciri khas dari Lidah Mertua, yang memiliki warna hijau dengan garis pinggir kuning, tegak lurus dan ujungnya yang meruncing. Satu poin penting lagi dalam merawat Lidah Mertua, jangan terlalu sering menyiramnya.

Tak hanya itu, pastikan juga sesekali untuk menyeka daunnya dengan kain lembap agar terbebas dari debu. Namun, tanaman Lidah Mertua ini memiliki kandungan racun sehingga harus dijauhkan dari jangkauan anak-anak maupun hewan peliharaan.

4. Lavender

Lavender

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa bunga lavender selalu dijadikan bahan baku untuk pembuatan produk lotion anti nyamuk. Hal itu bukan tanpa alasan, mengingat aroma bunga lavender ini memang tidak disukai oleh nyamuk.

Namun, aroma bunga lavender begitu bersahabat dengan manusia karena bisa menciptakan sensasi kesegaran. Dibalik aromanya yang menyegarkan, bunga lavender juga tampil dengan warna ungu yang membuatnya terlihat sangat cantik.

Cara perawatannya pun tidak berebda jauh dengan tanaman hias diatas tadi, yakni tidak boleh sering menyiramnya dan jangan sampai kondisi tanahnya terlalu kering.   

5. Kaktus

kaktus

Untuk kamu yang ingin memiliki tanaman hias unik dan juga mudah dirawat, maka kaktus ini merupakan pilihan paling tepat. Bahkan, tanaman kaktus masih bisa tumbuh dengan baik meski tidak diberi perawatan secara rutin.

Baca Juga : Jenis-jenis Tanaman Kaktus yang Wajib Kalian Ketahui

Mengingat habitatnya berasal dari daerah gurun, tentu saja kaktus sangat menyukai kondisi yang kering dan tidak lembap. Ketika musim kemarau tiba, kamu harus menyiram kaktus sebanyak 3 kali dalam sehari. Sedangkan saat musim penghujan tiba, maka kaktus hanya boleh disiram sebanyak 1 kali dalam seminggu.   

6. Aglonema

aglonema

Jenis tanaman hias indoor berikutnya yang mudah dirawat, yakni bernama Aglonema atau yang biasa disebut dengan nama “Sri Rejeki“. Biasanya Aglonema tampil dengan warna merah menyala, sehingga membuatnya sedap dipandang.

Selain merah, Aglonema juga kerap tampil dengan mengusung perpaduan warna kuning putih hijau, pink hijau, dan masih banyak lagi.

Nah, itulah 6 jenis tanaman hias indoor yang mudah dirawat, dan mungkin saja kamu tertarik untuk merawat salah satunya?   

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top