pohon pisang

Cara Merawat dan Membudidayakan Pohon Pisang, Begini Trik dan Tipsnya!

Pisang atau tepatnya Pohon pisang merupakan salah satu jenis tanaman yang dapat tumbuh dengan mudah di iklim Tropis, seperti dinegara kita satu ini, yaitu Indonesia. Hal tersebut membuat Anda menemukan banyak sekali lahan yang dimanfaatkan untuk menanam pohon pisang.

Selain itu, pisang memiliki banyak manfaat, dimulai dari manfaat kesehatan dan daya jual yang tinggi, itulah mengapa pohon pisang banyak dibudidayakan atau ditanam. Berkat popularitas dan mudahnya tumbuh, pohon pisang banyak ditanam di beberapa area seperti lahan kosong dan area yang dikhususkan.

Tapi, sebelum Anda memutuskan menanam atau membudidayakan pohon pisang, hal pertama yang wajib kamu ketahui adalah cara menanam dan merawat pohon pisang.

Karena jika perawatan dan cara menanamnya asal-asalan makan rasa dari buah pisang tersebut akan sedikit berbeda. Untuk itu, jika anda ingin menanam atau membudidayakan pisang, yuk ikuti cara merawat dan menanam pohon pisang berikut :

Tips dan Trick membudiayakan Pohon Pisang

1. Mempersiapkan Lahan yang Tepat

Tentunya, hal pertama yang harus Anda siapkan adalah Area atau lahan yang akan Anda gunakan. Pada dasarnya, pohon pisang dapat ditanam dilahan yang kering dan juga Basah, karena kita tahu sendiri bahwa pohon pisang dapat menyimpan banyak cadangan air di batang pohonya yang besar.

Terbukti jika Anda mencoba menebang pohon pisang, lalu terasa seperti air jika di papas dibagian batangnya. Namun, yang harus Anda pastikan ialah untuk tidak menanam pohon pisang di area lahan yang sering erosi ( proses alami pengikisan tanah lapisan atas oleh air ) hal tersebut akan mempengaruhui hasil panen.

2. Memilih Bibit Pohon pisang yang Berkualitas

Tahap selanjutnya adalah memilih bibit pohon pisang yang akan digunakan. Terdapat dua jenis bibit pohon pisang yang bisa digunakan, yaitu bibit anakan muda atau bibit yang sudah dewasa.

Namun, kami rekomendasikan untuk menggunakan bibit anakan dewasa yang sudah tumbuh bunga, hal tersebut agar proses pertumbuhannya berjalan dengan cepat. Selain itu, anda bisa memilih bibit pohon pisang yang memiliki kondisi daun yang masih tergulung, karena hasil dari pohon tersebut akan lebih baik dibanding bibit yang daunnya sudah terbuka.

3. Memilih media Pohon Pisang

Selanjutnya, Anda perlu memilih media tanam. Perlu diketahui bhawa pohon pisang akan cepat tumbuh secara teratur jika ditanam di tanah yang memiliki banyak kandungan kapur ataupun humus.

Untuk melanjutkan proses pertumbuhan, Anda dapat membersihkan media tanama dari berbagai macam gangguan, seperti hama atau hal lainnya, agar pengelohan pohon pisang semakin optimal.

Baca juga : 5 Khasiat Kayu Secang untuk Kesehatan Badan Agar semakin Bugar!

Dalam proses pengolhana media tanaman, dilaukan penggemburan pada tanah agar memudahkan pertukaran udara serta membuat saluran irigasi sehingga pohon pisang tidak terlalu banyak mendapatkan banyak asupan air, karena jika terlalu berlebihanpun tidak akan baik.

4. Melakukan Proses penanaman Pohon Pisang

Jika ketiga tahap tersebut sudah dilakukan, tahap selanjutya ialah Anda bisa memulai proses penanaman pohon pisang. Sebelum memulainya, siapkan dan masukan terlebih dahulu pupuk organik pada media tanan, hal tersebut agar mempercepat proses pertumbuhannya.

Selan itu, Anda bisa memulai penanaman pohon pisang dengan pola tumpang sari diatas pohonnya, sehingga menyisakan jarak yang cukup lebar. Sebaiknya, proses satu ini dilakukan pada saat musim hujan, Agar dapat menghasilkan pohon dan buah dengan Kualitas yang cukup baik.

Ketika proses penanaman dilakukan sudah baik dan tepat, tentunya langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan ialah proses perawatannya, untuk itu kami disini akan memberikan beberapa cara merawat pohon pisang, agar ketika panen tiba buah pisang yang Anda tanam sangat berkualitas. Berikut uraianya :

Cara Merawat Pohon Pisang agar menghasilkan Buah yang berkualitas

Dalam proses perkembangan sebuah pohon, terutama pohon pisang. Pastinya akan dilakukan proses perawatan, dan hal yang perlu Anda lakukan saat proses perawatan pohon pisang ialah memotongan tanaman hingga menyisakan sekitar tiga batang saja didalam satu rumpu.

Lalu, jika pohon pisang sudah memiliki umur 5 tahun keatas, rumpun pada pohon pisang tersebut sebaiknya kamu ganti dengan yang baru, hal tersebut termasuk pengemburan ulang tanah agar tunah yang tumbuh memiliki jumlah yang cukup banyak.

Jangan Lupa untuk menyiram Bibit Pohon Pisang

Lalu, hal yang paling umum untuk menanam sebuah tanaman atau pohon ialah jangan lupa untuk menyiraminya secara rutin melalui saluran yang Anda sediakan, agar buah yang dihasilkan lebih subur dan berbuah lebat.

Baca juga : Berbagai Fakta Menarik Tentang Kayu Jati Belanda

Kemudian, singkirkan juga daun pohon pisang yang sudah mengering karena hal tersebut akan merusak pertumbuhan dari pohon pisang, dan gunakan juga insektisida malathion atau pestona agar lebih sehat dan bersih dari hama.

Demikianlah informasi yang bisa disampaikan, terimakasih telah membaca artikel ini hingga usai. Tentunya terus pantengin artikel – artikel yang akan dibahas oleh bermutu. Agar Anda tidak ketinggalan informasi yang bisa Anda ketahui.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top