Inspirasi Desain Rumah Khas Eropa

Inspirasi Desain Bangunan Rumah Khas Eropa

Memang tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa desain bangunan rumah khas Eropa itu sangat kental dengan nuansa keindahan, kehangatan, hingga seni kehidupan yang dimaksimalkan oleh gaya hidup masyarakatnya.

Terlebih untuk negara Perancis, yang memang selalu menjadi inspirasi bagi banyak negara Eropa selama berabad-abad. Pada dasarnya, dekorasi tersebut condong ke nuansa feminim dan tradisional ketimbang gaya rumah modern.

kendati demikian, dekorasi rumah khas Eropa modern juga masih tetap mempertahankan keindahan pedesaan dari bahan alami, serta pesona benda-benda yang tidak pernah terpengaruh oleh perkembangan zaman.

Nah, untuk mempersingkat waktu, mending kita langsung saja ke pembahasan intinya mengenai inspirasi desain rumah khas Eropa. Maka dari itu, simaklah baik-baik ulasnnya di bawah ini.

6 Inspirasi Desain Rumah Khas Eropa

1. Dekorasi Rumah Bergaya Modern Kontemporer

Dekorasi Rumah  Khas Eropa - desain modern kontemporer

Perlu diketahui, bahwa rumah dengan gaya modern kontemporer ini tidak terdapat pilar maupun detail ornamen yang mencolok. Meski demikian, dekorasi rumah yang satu ini menonjolkan pintu dan jendela berukuran lebar sehingga menjadi ciri khasnya tersendiri.

Hal itu bukan tanpa alasan, karena penggunaan desain pintu dan jendela yang lebar sangat kental dengan nuansa kemegahan. Pada umumnya, rumah Eropa bergaya modern kontemporer ini terdiri dari dua daun pintu dengan bukaan ke samping.

Sedangkan untuk jendelanya, biasanya mereka menggunakan jendela tinggi yang menjulang dari lantai satu hingga ke lantai atasnya. Selain tampil dalam bentuk persegi, pintu dan jendela tersebut juga memiliki bentuk melingkar atau busur di bagian atasnya.

Seiring dengan berjalannya waktu, bangunan khas Eropa ini pun sudah mulai banyak digunakan pada klaster perumahan-perumahan modern di Indonesia lho.

Baca juga : Inspirasi Dekorasi Kamar Tidur Sederhana

2. Rumah Khas Eropa Dengan Cerobong Asap

Dekorasi Rumah  Khas Eropa - desain rumah dengan cerobong asap

Rumah khas Eropa itu tak melulu seputar nuansa modern dan mewah, namun juga bernuansa simple serta sederhana. Ya, salah satunya rumah bergaya Eropa yang sudah dilengkapi dengan cerobong asap.

Mengapa harus menggunakan cerobong asap..???

Penggunaan cerobong asap tersebut bukan hanya sekedar ornamen saja. Pasalnya, kawasan Eropa mempunyai 4 musim sehingga cerobong asap ini berfungsi untuk menghangatkan suhu di dalam ruangan rumah saat musim salju tiba.

Lantas, apakah rumah dengan cerobong asap cocok di Indonesia…???

Meskipun Indonesia hanya memiliki dua musim saja, namun rumah khas Eropa dengan cerobong asap juga cocok diaplikasikan pada daerah-daerah yang berada di dataran tinggi seperti Dieng. Hal itu pun terbukti, dimana sebagian besar rumah-rumah di daerah Dieng sudah dilengkapi dengan cerobong asap lho.

Tak hanya Dieng, rumah-rumah bergaya Eropa dengan cerobong asap juga bisa kita jumpai di daerah-daerah Jawa Barat yang berada didataran tinggi.

3. Rumah Khas Eropa yang Kaya Akan Ornamen

Dekorasi Rumah  Khas Eropa - desain kaya akan ornamen

Seperti yang sudah disebutkan pada ulasan diatas tadi, bahwa bangunan-bangunan khas Eropa selalu mengedepankan nuansa mewah dan megah. Sehingga tak heran, jika sebagian besar bangunan di Eropa memiliki detail ornamen pada setiap eksterior maupun interiornya.

Namun, ada juga beberapa rumah khas Eropa yang lazimnya menggunakan batu bata dan dilapisi cat, kemudian dipercantik oleh ukiran-ukiran indah di area jendela dengan mengusung warna emas.

Masih belum habis, sebagian rumah khas Eropa juga ada yang menggunakan lampu dinding antik yang ditempatkan di dekat jendela. Bahkan yang lebih menariknya lagi, ada pula rumah bergaya Eropa yang menggunakan material batu alam dan diperindah oleh kehadiran berbagai jenis-jenis tanaman hias.

Artikel Menarik Lainnya : Jenis-jenis Tanaman Hias Outdoor Terbaik

Adapun mengenai interior rumah khas Eropa yang mengusung berbagai macam dekorasi, serta menggunakan bermacam-macam perabotan mewah yang bernilai tinggi, seperti patung, barang antik, lukisan, pajangan marmer, hingga vas bunga.

Mengingat akan hal itu, maka tak heran juga jika rumah-rumah khas Eropa selalu identik dengan nuanasa kemewahan dan kemegahan.

4. Rumah Khas Eropa Modern Dengan Pilar

Dekorasi Rumah  Khas Eropa - desain modern dengan pillar

Ini dia salah satu ciri khas dari rumah bergaya Eropa yang masih bertahan hingga sampai sekarang. Dikarenakan kebanyakan ukuran bangunannya yang besar-besar, maka tak heran jika rumah khas Eropa kerap dihiasi dengan menara atau pilar pada bagian depan terasnya.

Umumnya pilar rumah khas Eropa terdiri dari 2 buah, yakni di sebalah kanan dan kiri akses pintu masuk. Pilar tersebut benar-benar menjulang tinggi mulai dari permukaan tanah sampai lantai, atau bahkan hingga mencapai atapnya lho.

Adapun mengenai bentuk pilarnya yang menyerupai silinder atau hexa. Namun, bentuk tersebut akan disesuaikan dengan desain rumah khas Eropa itu sendiri. Selain terpampang di area luar, bahkan tak sedikit pula rumah khas Eropa yang menggunakan pilar di dalam rumah sebagai pembatas antar ruangan.

Di negara Indonesia, rumah-rumah dengan desain pilar yang menjulang tinggi ini bisa kita jumpai pada komplek perumahan-perumahan elit.

5. Rumah Khas Eropa Bergaya Victorian

Dekorasi Rumah  Khas Eropa - bergaya victorian

Apakah diantara kamu ada yang pernah mendengar tentang sosok Ratu Victorian? Ya, sesuai dengan namanya, yang mana bangunan Eropa bergaya Victorian ini sangat kental dengan nuansa kemewahan dan kemegahan. Rumah bergaya Victorian itu sendiri sudah ada sejak abad 19 lalu, yang masih bertahan hingga sampai saat ini.

Umumnya Rumah Khas Eropa Bergaya Victorian ini didominasi oleh material batu. Seiring dengan perkembangan zaman, dekorasi rumah tersebut pun sudah mulai menggunakan material kayu sebagai eksteriornya.

Baca juga : Dekorasi Rumah Ala-ala Korea

Eksterior yang berbahan kayu ini selalu mengusung dekorasi rumit yang asimetris, sehingga tampak memenuhi area depan rumah. Tak hanya pada dekorasi depan rumahnya saja, bahkan bagian atapnya juga dibuat rumit yang menggabungkan bentuk kerucut sampai limas.

6. Rumah Khas Eropa Klasik Dengan Balkon

Dekorasi Rumah  Khas Eropa - desain klasik dengan balkon

Selain keberadaan pilar, keberadan balkon juga menjadi salah satu ciri khas dari rumah-rumah bergaya Eropa. Balkon tersebut biasanya menjorok ke luar yang terdapat pada lantai atas rumah, serta mengusung berbagai macam bentuk dan ukuran.

Pada umumnya, balkon yang berukuran besar tampil dengan bentuk teras dan kerap digunakan untuk bersantai. Berbeda dengan balkon yang berukuran kecil seluas pintu atau jendela, dan pada umumnya digunakan untuk sekedar menghirup udara segara dari luar saja.

Mengingat penempatannya ada di bagian atas, tentu saja area balkon tersebut harus dilengkapi dengan pagar untuk meningkatkan keamanan. Adapun mengenai material balkonnya yang terdiri dari kayu, besi, kawat besi, batu bata, dan lain sebagainya.

Baca juga : Isnpirasi Desain Pagar Balkon

Disamping itu, balkon rumah khas Eropa selalu diperkaya dengan dekorasi, mulai dari ornamen, ukiran khas, furniture, tanaman hias, dan masih banyak lagi. Bagaimana, tertarik untuk mencoba desain rumah khas Eropa yang satu ini…??

Demikianlah ulasan singkat mengenai beberapa inspirasi dekorasi rumah khas Eropa, sehingga bisa kita jadikan sebagai bahan referensi saat hendak membuat rumah.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top