kayu secang

5 Khasiat Kayu Secang untuk Kesehatan Badan Agar semakin Bugar!

Banyaknya minuman herbal yang ada di Indonesia, tentunya minuman herbal berasal dari beberapa tanaman atau tumbuhan yang alami. Salah satu minuman herbal yang populer yaitu Kayu Secang, mungkin sudah tidak asing lagi jika kita mendengar jenis tumbuhan satu ini.

Kayu Secang merupakan minuman herbal yang emiliki manfaat kesehatan yang tinggi, apalagi kayu secang dapat digunakan untuk beberapa manfaat, tidak hanya manfaat untuk manusia saja, melainkan kayu secang kerap digunakan untuk kebutuhan kesehatan mahluk hidup lainnya.

Ada yang sudah tahu apa itu Kayu secang? untuk Anda yang belum mengetahui jenis tanaman atau kayu dari secang satu ini, yuk simak berikut, karena kami akan memberikan informasi mengenai apa itu kayu secang, dan 8 khasiat kayu secang untuk kebutuhan kesehatan badan. Simak berikut ini :

Mengenal Kayu Secang

Secang atau Sepang yang bahasa latinnya bernama ( Caesalinia Sappan L.) merupakan perdu atau anggota suku polong-polingan (Fabaceae) yang biasa dimanfaatkan pada kulit kayunya sebagai komoditas Perdagan rempah-rempah yang memiliki sejuta manfaat.

Pohon Secang memiliki duri Kecil

Tanaman Secang termasuk kepada pohon yang memiliki duri dengan ukuran yang kecil, Buah dari pohon secang sekilas mirip dengan petai cina, yang memiliki warna kehijauan,, tapi buah secang akan berubah warna menjadi kecoklatan ketika matang

kayu Secang biasanya tumbuh di beberapa daerah tropis di tempat terbuka dengan ketinggian tanah mencapai 100m diatas permukaan laut seperti di pegunungan namun tidak bersuhu dingin.

Baca juga : Mengintip Keunikan Tanaman Paku Ekor Kuda

Seperti yang sudah disebutkan diatas, bahwasaannya pohon secang digunakan untuk beberapa manfaat, terlebih manfaat pada kesehatan badan. Area kulit kayu secang yang biasa digunakan untuk dijadikan minuman herbal, layaknya teh. Namun memiliki rasa yang agak pait, namun menyehatkan.

Beberapa Manfaat kesehatan dari kayu secang telah kami rangkum, agar Anda semakin yakin bahwa kayu secang dapat anda jadikan alternatif minuman herbal untuk beberapa kesehatan, berikut manfaat kesehatan dari kayu secang. Berikut informasinya :

8 Manfaat Kesehatan dari Kayu Secang yang Mujarab

1. Manfaat Kacang Secang untuk Antialergi

Salah satu manfaat yang pertama, akan sangat menguntungkan untuk Anda yang memiliki alergi yang berlebihan. Karena Kayu secang dipercaya dapat meringkatkan bahkan menghilangkan efek alergi.

Kelebihan ini merupakan hasil dari senyawa kayu secang yang mempunyai kandungan senyawa kalkon. Menurut beberapa sumber dan studi, air rebusan secang secara rutin terbukti menjadi antilaergi untuk tubuh.

2. Meningkatkan Imunitas dalam Tubuh

Satu manfaat lagi yang sangat penting untuk kita yaitu untuk menginkatkan imunitas tubuh, apalagi jaman wabah corona satu ini sangat penting memiliki imunitas tubuh yang cukup dan meningkat.

Karena imunitas dalam tubuh berfungsi untuk melindungi tubuh dari berbagai bakteri dan penyakit. Salah satu cara dari kayu secang dengan mengonsumsi air rebusan kayu secang.

Karena kayu secang diketahui memiliki kandungan senyawa fenolik dan flavonoid yang memiliki sifar antioksidan yang tinggi, kandungan tersebutlah yang dapat meningkatkan imun tubuh, dan menghidari dari kerusakan sel-sel yang tubuh secara oksidatif.

3. Kayu secang dapat mengobati Diabates

Kayu Secang merupakan kayu yang memiliki kandungan senyawa brazilin yang merupakan senyawa yang bermanfaat utnuk menurunkan kadar gula darah, selain itu kayu secang memiliki kandungan penting seperti brazilin, kaesalpin P, sappankalkon dan protosappanin A.

Kandungan senyawa berikut merupakan senyawa penting yang berguna untuk mengahambat produk enzim alfosa redutase, enzim tersebut penyebab terjadinya kompilkasi diabates, maka dari itu kenapa kami merekomdasikan untuk mengkonsumsi wajib para penderita diabetes.

4. Kayu Secang dapat mengobati Diare, Mual dan muntah

Salah satu manfaat yang bisa Anda dapatkan dari kayu secang ialah, kayu secang dapat digunakan sebagai obat untuk mual, diare dan juga muntah. Bahkan Menurut sejumlah penilitian bahwa kayu secang dapat membasmi bakeri eschericia coli, yaitu bakteri penyebab diare dan pencernaan lainnya.

Hal ini dapat diatasi dengan cara mengonsumi kayu secang, secara rutin. Setelah itu bakteri-bakteri penyebab gangguan pencernaan bisa langsung mereda dan bahkan hilang.

5. Kayu secang Kaya Antioksidan

Selama ini, tanaman yang hanya memiliki kandungan tinggui dari antioksidan hanya teh saja bukan? sayangnya, jika Anda mengkonsumsi teh secara berlebihan akan menyebabkan kecanduan kafein.

Baca juga : Begini Cara Bercocok Tanam Hidroponik yang Mudah Bagi Pemula

Untuk itu, Anda dapat mengganti teh dengan rebusan Kayu secang, karena rasa dari kayu secang tidak terlalu beda dari teh, bahkan kayu secang memiliki kadar antioksidan yang cukup tinggi.

Bagaimana? akankah Anda beralih keminuman herbal kayu secang? atau Anda masih bingung bagaimana atau apa saja olahan dari kayu secang untuk kesehatan? berikut akan kami informasikan. Simak berikut ini :

Cara Mengolah Kayu secang agar bisa dikonsumsi untuk Kesehatan

Setelah Anda mengenal beberapa manfaat kesehatan bagi tubuh, pastinya anda bingung untuk diapakan kayu secangnya bukan? Tenang, karena cara pengolahan dari kayu secang sangatlah mudah dan tidak ribet.

Bahkan, bagi sebagian orang mengolah kayu pohon secang seperti mengolah daun teh untuk minuman. maka dari itu kami akan menginformasikan beberapa tips cara mengolah untuk Anda, berikut 2 tips mengolah kayu secang :

1. Dijadikan sebagai campuran Minuman

Cara Mengolah kayu secang yang mudah ialah dengan cara dijadikan sebagai campuran minuman, selain jahe dan kayu manis, kayu secang juga sering dijadikan sebagai campuran untuk beebrapa jenis minuman tradisional.

Cara ini dinilai sebagai cara mengolah kayu secang yang mudah dan tidak merepotkan apalagi tanpa membutuhkan alat-alat yang ribet. Anda cukup mencampurkan potongan kecil kedalam minuman ringan, seperti wedang secang, wedang uwuh dan lainnya. Bagaimana mudah bukan?

2. Diolah untuk dijadikan minuman herbal

Cara pengolahan kayu secang yang mudah ialah dengan cara diolah dengan cara direbus dan dipendem beberapa jam lalu di minum layaknya air olahan herbal lainya, cara satu ini sangat lah mudah karena anda hanya perlu menyiapkan wajan atau wadah untuk merebus secang lalu meminumanya secara teratur. Bagaimana cara satu ini sanagtlah mudah bukan?

Demikianlah informasi yang bisa disampaikan mengenai Kayu secang berserta manfaat yang bisa Anda dapatkan. Terimakasih telah membaca artikel ini hingga tuntas.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top