10 cara alami untuk mengusir kelabang di langit-langit kamar

10 Cara Alami yang Ampuh Untuk Mengusir Kelabang di Langit-langit Kamar

Lipan atau yang sering kita sebut dengan nama kelabang, merupakan salah satu jenis hewan yang memang cukup ditakuti oleh orang-orang. Ya, disamping wujudnya yang menyeramkan, seekor kelabang juga kerap menggigit yang mana bekas gigitannya itu bisa menimbulkan berbagai masalah pada kulit.

Saat melihat seekor kelabang, tak jarang kita dibuat merinding karena wujudnya yang panjang berbulu dan berkaki banyak. Umumnya, seekor kelabang lebih suka tinggal di tempat-tempat yang kotor seperti gudang, sudut-sudut rumah, hingga di langit-langit rumah.

Apalagi jika kelabang tersebut sering muncul di area langit-langit kamar, yang tentu saja bisa menjadi ancaman bagi kita. Bagaimana tidak, sebab sewaktu-waktu kelabangnya bisa jatuh dari atas dan hinggap di wajah atau bahkan masuk ke mulut kita tanpa disadari lho!

Lantas, bagaimanakah cara mengusir kelabang dari area langit-langit kamar? Nah, berikut di bawah ini ada 9 cara alami yang ampuh untuk mengusir kelabang di langit-langit kamar :

Tips Mengusir Kelabang di Langit-langit Kamar Secara Alami

1. Menyiram Kelabang Dengan Air Panas

Menyiram Kelabang Dengan Air Panas

Tips alami pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengusir kelabang dari langit-langit kamar, yakni dengan menyiraminya menggunakan air panas. Cara pun sangatlah mudah, yang mana kamu hanya tinggal memasukan air panas secukupnya ke dalam botol spray.

Baca Juga : Jenis-jenis Plafon Rumah Terpopuler 2021

Jika sudah demikian, silahkan semprotkan air panas tersebut tepat ke arah kelabang tersebut. Tapi perlu diingat, posisi kamu tidak boleh sejajar dengan kelabangnya saat proses penyemprotan. Mengapa demikian?

Pasalnya, si kelabang akan langsung jatuh saat kamu semprot dengan air panas tadi. Jika posisimu sejajar dengannya, secara otomatis kelabang ini akan menimpa kepala atau wajahmu!

2. Gunakan Kapur Anti Serangga

Gunakan Kapur Anti Serangga

Tak sulit bagi kita untuk menjumpai produk yang satu ini dipasaran, entah itu di warung, minimarket, bahkan di toko online. Harga yang ditawarkannya pun relatif terjangkau, yang tentu saja dapat dijangkau oleh isi dompetmu. Setelah kamu membeli kapur anti serangga tersebut, silahkan coretkan pada area langit-langit yang memang sering dilalui oleh si kelabang.

Dengan begitu, maka si kelabang tidak akan langsung tepar saat melintasi area-area yang telah diberi garis-garis kapur tersebut. Alhasil, ia tidak akan berani lagi untuk hinggap di area langit-langit kamarmu. Setelah selesai menggunakan kapurnya, kamu jangan sampai lupa untuk mencuci tangan.

3. Gunakan Kapur Barus

Gunakan Kapur Barus

Selain kapur anti serangga, kamu juga bisa menggunakan kapur barus untuk mengusir kelabang di area langit-langit kamar. Bahkan, penggunaan kapur barus ini dinilai lebih aman ketimbang menggunakan kapur serangga tadi lho.

Mengingat posisi si kelabangnya berada di langit-langit, maka dalam hal ini kamu harus lebih kreatif lagi. Mengenai caranya, siapkan beberapa butir kapur barus, tumbuk sampai hancur, lalu masukkan kedalam botol spray. Setelah itu beri air secukupnya, kemudian semprotkan langsung pada si kelabang.

Nah, untuk mencegah kawanan kelabang lainnya, silahkan semprotkan cairan kapur barus tersebut pada sudut langit-langit kamarmu.

4. Menggunakan Daun Pandan

Menggunakan Daun Pandan

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa daun pandan kerap digunakan sebagai bahan pelengkap untuk berbagai jenis kuliner manis seperti bolu, cake, kolak, dan lain sebagainya. Ya, hal itu bukan tanpa alasan, mengingat daun pandan memiliki aroma harum yang begitu menggugah selera makan.

Namun, aroma harum daun pandan ini sangat tidak disukai oleh kelabang. Mengenai cara mengusirnya, siapkan beberapa helai daun pandan, tumbuk sampai halus, lalu oleskan pada area langit-langit kamarmu. Hasilnya, kamu tidak akan menemukan lagi satu ekor pun kelabang yang jalan-jalan di langit-langit kamar.

5. Menggunakan Air Cabai Rawit

Menggunakan Air Cabai Rawit

Untuk yang suka dengan kuliner-kuliner pedas, tentu saja kalian sudah tidak asing lagi dengan bahan bumbu makanan yang satu ini bukan? Cabai rawit memiliki aroma menyengat yang tidak disukai oleh kelabang. Bukan hanya itu, bahkan cabai rawit juga dapat menimbulkan sensasi panas yang dijamin akan membuat si kelabang menyerah.

Lalu, bagaimanakah cara megusir kelabang dengan menggunakan cabai rawit? Untuk caranya, siapkan beberapa buah cabai rawit kemudian tumbuk sampai hancur. Setelah itu masukan kedalam botol spray, beri air secukupnya, lalu semprotkan langsung pada si kelabang.

Saat proses penyemprotan, sebaiknya kamu juga menggunakan kaca mata agar percikan air cabai tersebut tidak terkena mata.

6. Gunakan Campuran Soda Api, Garam, dan Cuka

Gunakan Campuran Soda Api, Garam, dan Cuka

Tips alami selanjutnya yang bisa kamu coba untuk mengusir kelabang di angit-langit kamar, yaitu dengan menggunakan campuran garam, soda api dan cuka. Adapun mengenai takaran pada masing-masing bahan tersebut seperti berikut :

  • 5 sendok makan garam dapur
  • 5 sendok makan cuka putih (bisa juga cuka masak)
  • 1 sendok setengah makan soda api.

Setelah bahan-bahannya ada, masukan semua bahan tersebut ke dalam wadah plastik kemudian aduk sampai merata. Jika adonnanya sudah mengental seperti pasta, silahkan oleskan pada area langit-langit kamar yang sering dilalui oleh para kawanan kelabang.

Akan tetapi, racikan bahan-bahan ini bisa menimbulkan sensasi panas pada kulit. Maka dari itu, kamu harus menggunakan sarung tangan karet atau plastik agar tidak langsung menyentuh racikan tersebut.

7. Menggunakan Perangkap Lem

Menggunakan Perangkap Lem

Seperti halnya menjebak seekor tikus, yang mana kamu juga bisa menjebak seekor kelabang di langit-langit kamar dengan menggunakan perangkap lem. Terdapat berbagai jenis lem perangkap yang tersedia dipasaran, mulai dari bentuk lembaran kertas, pasta, gel, dan lain sebagainya.

Dalam hal ini, disarankan bagi kamu untuk memilih jenis lem yang berupa gel atau pasta. Mengenai caranya, siapkan beberapa lembar kertas yang telah diberi lem perangkap, lalu tempatkan pada area langit-langit kamar. Jika sudah ada beberapa ekor kelabang yang terjebak, segera buang dan buat lagi perangkap yang baru.

8. Menggunakan Merica Bubuk

Menggunakan Merica Bubuk

Tak berbeda jauh dengan cabai rawit, merica bubuk juga sangat ditakuti oleh kelabang dan jenis hama serangga lainnya karena bisa menimbulkan sensasi panas. Untuk caranya, siapkan merica bubuk secukupnya, masukan kedalam botol spray, lalu beri air.

Setelah itu, kamu hanya tinggal menyemprotkannya langsung ke arah si kelabang. Agar lebih efektif lagi, semprokan juga cairan merica bubuk tersebut pada area-area yang memang menjadi sarangnya kelabang. Jika si kelabang sering muncul di area lantai, kamu hanya tinggal menaburkan merica bubuk tersebut tanpa tambahan air.

Artikel Populer Lainnya : Alternatif Lantai Pengganti Keramik

9. Perhatikan Sirkulasi Udara di Dalam Kamarmu

Menurut informasi yang di dapat, kelabang itu sangat menyukai area-area yang lembap. Maka dari itu, penting bagi kamu untuk memperhatikan sirkulasi udara di dalam kamar. Dengan kata lain, pastikan bahwa kamarmu itu sering terkena paparan sinar matahari atau cahaya lampu.

10. Menjaga Kebersihan Area Langit-langit

Tips alami berikutnya yang sangat ampuh untuk mengusir kelabang di area langit-langit, yakni menjaga kebersihan langit-langit dikamar. Jika tidak ada tangga, kamu bisa mengakalinya dengan menggunakan sapu yang diikat pada sebatang bambu panjang.

Setelah itu, silahkan bersihkan area langit-langit dari berbagai kotoran seperti debu, noda, hingga jaring laba-laba.

Nah, itulah 10 cara alami yang bisa kamu lakukan untuk mengusir kelabang di langit-langit kamar.

Untuk kamu yang ingin tahu informasi tentang property-property berbahan kayu, silahkan kunjungi Bermutu.id

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top