8 jenis tanaman yang berbentuk aneh

Ini Dia 8 Jenis Tanaman yang Bentuknya Paling Unik di Dunia

Selain fungsinya yang dapat memperindah tampilan rumah, keberadaan tanaman hias juga memiliki beragam manfaat yang positif untuk kehidupan kita. Ya, salah satu fungsinya, yakni dapat mengusir polutan berbahaya dari polusi sehingga udara di sekitar rumah tampak lebih segar dan menyehatkan.

Masing-masing jenis tanaman hias mempunyai ciri khas tersendiri, mulai dari bentuk, warna, hingga perawatannya. Nah, ngomong-ngomong soal hias, secara kebetulan juga pada kesempatan kali ini akan membahas tentang 8 jenis tanaman yang bentuknya paling unik di dunia.

Maka dari itu, simaklah baik-baik ulasannya di bawah ini.

Jenis-jenis Tanaman Paling Aneh di Dunia

1. Coral Jade (Crassula Ovata)

Crassula Ovata

Jenis tanaman hias pertama yang bentuknya paling aneh di dunia, yakni bernama Coral Jade. Tanaman yang satu ini merupakan keluarga “Sukulen” yang wujudnya mirip cacing parasite.

Baca Juga : 7 Jenis Tanaman Hias yang Harganya Murah, Tapi Gak Murahan

Hal itu bukan tanpa alasan, mengingat Coral Jade tampil dengan bentuknya yang kecil bulat memanjang dengan ujung sedikit membesar, sehingga tampak seperti sebuah cacing. Coral Jade termasuk jenis tanaman hias outdoor, karena membutuhkan banyak paparan sinar matahari dan air.

2. Lithops Julli

Lithops Julli

Jika dilihat mata telanjang, sekilas tanaman Lithops Julli ini tampak seperti sebuah batu koral yang ada di lautan. Namun jika diamati lebih dekat lagi, bahkan bentuknya ini menyerupai organ otak manusia lho.

Keunikan dari tanaman Lithops Julli, yakni akan merubah bentuknya menyerupai batu agar terhindar dari pemangsa herbivore. Tak hanya itu, cara pengembang-biakan Lithos Julli ini juga tergolong cukup unik.

Pada tahap pertama, Lithops Julli akan membelah diri lalu tumbuhlah tunas diantara keduanya. Biasanya Lithops Julli tampil dengan berbagai varian warna, mulai dari abu-abu, putih keabuan, hingga cokelat.

3. Hydnellum Peckil

Hydnellum Peckil

Hydnellum Peckil masih bagian dari keluarga jamur. Namun, bentuk dari tanaman yang satu ini terkesan lebih geli dan menjijikan. Hal itu terbukti, yang mana bagian permukaan Hydnellum Peckil tampil dengan warna pink pucat seperti bercak-bercak darah.

Artikel Populer Lainnya : 6 Jenis Tanaman Hias Termahal di Dunia

Meski tampilannya yang cukup menjijikan, ternyata tanaman Hydnellum Peckil ini memiliki khasiat yang dapat mencegah terbentuknya penggumpalan darah dalam tubuh lho. Adapun mengenai istilah lain dari Hydnellum Peckil, seperti devil’s tooth, red juice tooth, strawberry & cream, dan bleeding tooth fungus.

4. Actaea Pacypoda

Actaea Pacypoda

Banyak yang beranggapan bahwa bentuk dari Actaea Pacypoda ini mirip dengan “Siluman Bola Mata”. Pasalnya, tanaman Actaea Pacypoda tampil dengan bentuk bulat berwarna putih yang bagian tengahnya terdapat benjolan kecil berwarna hitam seperti mata.

Pada satu tangkainya bisa ditumbuhi puluhan bola mata, sehingga tampilannya terkesan agak aneh. Dibalik penampilannya yang aneh, ternyata tanaman Actaea Pacypoda memiliki zat racun yang bisa membahayakan keselamatan kita!

5. Aseroe Rubra (Jamur Anemon Laut)

Aseroe Rubra

Aseroe Rubra masih bagian dari keluarga jamur, yang mana ia kerap  disebut dengan nama jamur anemon laut. Bentuk tanaman yang satu ini seperti lingkaran dengan cabang di beberapa sudut, sedangkan bagian intinya tampil dengan warna merah tua.

Adapun bagian cabangnya yang mengusung warna pink pucat, dimana masing-masing cabang tersebut terdapat dua lengan yang ukurannya sama besar.

6. Chlatrus Columnatus

Chlatrus Columnatus

Apakah kamu pernah melihat tentakel seekor gurita? Jika iya, maka hal serupa juga akan kamu dapatkan saat melihat tanaman Chlatrus Columnatus (octopus stinkhorn). Chlatrus Columnatus ini memiliki karakteristik yang sama dengan bunga bangkai (raflesia arnoldi), yakni dapat mengeluarkan aroma busuk.

Aroma busuk tersebut untuk memancing para lalat agar hinggap ditubuhnya. Chlatrus Columnatus memang memiliki hubungan baik dengan lalat. Pasalnya, antara Chlatrus Columnatus dengan si lalat akan sama-sama diuntungkan.

Seekor lalat bisa mengambil makanan pada Chlatrus Columnatus, sedangkan Chlatrus Columnatus sangat terbantu oleh hal itu karena bisa menyebarkan spora.

7. Chinese Black Batflowers (Tacca Chantrien)

Chinese Black Batflowers

Selanjutnya ada Chinese Black Batflowers atau yang biasa kita sebut dengan nama bunga kelelawar hitam Cina. Ya, hal itu bukan tanpa alasan, mengingat wujud buah pada Chinese Black Batflowers ini memang menyerupai seekor kelelawar hitam yang sedang bergelantunga di sebuah pohon.  

Apalagi ketika melihat bunganya, yang mana wujudnya seperti monster hitam mengerikan lho! Umumnya Chinese Black Batflowers tampil dengan diameter sekitar 30 cm, serta di sekililingnya terdapat kumis-kumis yang menjuntai ke bawah berwarna hitam dengan panjang 1 meter.

8. Malden’s Vell Stinkhorn Fungus (Phallus Insudiatus)

Malden’s Vell Stinkhorn Fungus

Jenis tanaman aneh berikutnya yang harus kalian ketahui, yakni bernama Malden’s Vell Stinkhorn Fungus. Tanaman ini juga masih termasuk keluarga jamur hutan, yang memiliki tangkai tegak dengan ujung membesar berwarna abu gelap.

Tak hanya itu, terdapat pula lekukan antara tudung dan batangnya yang menghasilkan jaring-jaring heksagon mengembang.

Nah, itulah 8 jenis tanaman yang bentuknya paling aneh di dunia. Bagaimana, tertarik untuk merawat salah satu tanaman aneh tersebut?

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top