Referensi Desain Rumah Khas Bali

Referensi Desain Rumah Khas Bali

Sebagaimana yang sudah kita ketahui, bahwa memiliki sebuah hunian yang nyaman dan indah itu menjadi dambaan bagi setiap orang. Sehingga tak heran jika banyak orang yang rela melakukan berbagai cara untuk mendapatkan hunian yang nyaman dan indah.

Ngomong-ngomong soal referensi desain rumah, biasanya kebanyakan dari kita selalu terinspirasi pada hunian modern dan minimalis. Padahal, interior rumah khas daerah juga tidak kalah menariknya lho. Ya, salah satunya berupa desain rumah Bali yang memang kental dengan nuansa etnik.

Seiring dengan berjalannya waktu, kini banyak yang menggabungkan unsur tradisional Bali dengan gaya modern pada desain bangunan rumahnya.

Lantas, seperti apa sajakah bentuk dari desain rumah Bali tersebut..???

Nah, secara kebetulan juga pada ulasan kali ini akan memberikan referensi beberapa desain rumah khas Bali. Maka dari itu, simaklah baik-baik ulasannya di bawah ini.

7 Ide Desain Rumah Khas Bali

1. Rumah Bergaya Modern Dengan Halaman Khas Bali

Rumah Begaya Modern Dengan Halaman Khas Bali

Gaya rumah khas Bali yang satu ini merupakan gabungan antara arsitektur tradisional Bali dengan nuansa minimalis modern. Akan tetapi, desain pada bangunan rumahnya memang tampak seperti rumah tipe minimalis biasa.

Untuk menghadirkan nuansa khas Bali, maka bagian depan teras rumahnya harus dibuat sedemikian rupa. Dalam hal ini, kamu bisa memulainya dengan menata berbagai jenis tanaman hias. Selain itu, pastikan juga pada pinggiran tamannya sudah dilengkapi dengan wood deck atau decking kayu untuk menonjolkan kesan mewah, elegan, dan natural.

Masih belum habis, tambahkan juga sebuah pura berukuran kecil yang terbuat dari tumpukan batu untuk diletakkan di bagian pojok taman. Dengan begitu, area depan rumahmu akan kental dengan nuansa khas Bali lho.

Baca juga : Dekorasi Rumah Ala-ala Korea

2. Menggabungkan Unsur Tradisional dan Modern

Menggabungkan Unsur Tradisional dan Modern

Pada dasarnya, desain rumah yang menggabungkan unsur tradisional dengan modern ini tidaklah berbeda jauh dengan desain pertama tadi. Namun, pada desain ini mengusung pintu yang bermotif ukiran khas Bali.

Adapun mengenai fasad lantai satu rumah yang mengekspos batu bata. Agar dekorasinya tampak lebih serasi, maka tulang atau tiang kanopi di area carport (garasi) harus terbuat dari bahan kayu yang berwarna cokelat gelap.

3. Menghadirkan Desain Interior Bernuansa Bali

Menghadirkan Desain Interior Bernuansa Bali

Selain area luar, nuansa khas Bali juga harus diciptakan di dalam ruangan. Mengenai caranya, kamu dapat menghadirkan nuansa khas Bali dari desain interior rumah. Seperti memperbanyak dekorasi yang bernuansa tradisional berbahan kayu.

Agar tampilan desain interiornya tampak lebih indah, maka kamu harus memberi sentuhan akhir dengan menambahkan lampu gantung yang dihiasi oleh rangka bermotif. Selain itu, buatlah bukaan yang besar sehingga kondisi ruangannya tidak terasa gelap.

Jika sudah demikian, kamu pun tidak perlu pergi jauh-jauh ke Bali karena semua suasana khas Bali sudah ada di dalam rumah sendiri bukan?

Baca juga : Inspirasi Desain Bangunan Rumah Khas Eropa

4. Mempercantik Area Depan Rumah Dengan Ukiran Khas Bali

Mempercantik Area Depan Rumah Dengan Ukiran Khas Bali

Pada umumnya, rumah tradisional khas Bali itu selalu terdiri dari beragam balai dengan masing-masing fungsinya. Itu artinya, kamu juga bisa menerapkan desain bangunan balai tersebut pada hunian rumah.

Dalam hal ini, maka ukiran khas Bali menjadi elemen paling penting yang jangan sampai kamu lewatkan. Pasalnya, ukiran khas Bali tersebut akan ditempatkan pada empat sudut atap rumah. Tak hanya itu, bagian depan terasnya juga harus dilengkapi dengan pilar-pilar yang bahannya terbuat dari kayu sebagai penyangga atap.

5. Desain Teras Rumah Bali yang Sederhana Namun Berkesan

Desain Teras Rumah Bali yang Sederhana Namun Berkesan

Dalam membuat rumah bergaya Bali itu tidak harus selalu membeli dekorasi yang berupa ukiran Bali dengan harga mahal. Ya, disini kamu dapat memulainya dengan menggunakan material alami yang terlihat serasi, berkat kombinasi antara funiture dengan keberadaan beberapa jenis tanaman tropis.

Selain itu, kamu juga bisa membuat fasad rumah dengan batu bata ekspos yang digabungkan dengan pilar-pilar berbahan kayu di teras rumah. Jangan lupa untuk mempercantik tampilan teras rumah dengan menempatkan berbagai jenis tanaman hias.

Adapun mengenai berbagai jenis tanaman hias yang direkomendasikan seperti lidah buaya, sanseviera (lidah mertua), janda bolong, kaktus, dan lain sebagainya.

Artikel Menarik Lainnya : Jenis-jenis Tanaman Kaktus

6. Menempatkan Patung Khas Bali di Area Teras Rumah

menempatkan patung khas bali di teras rumah

Memang tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa hunian-hunian khas Bali itu selalu di hiasi oleh beragam ornamen patung. Pada umumnya, patung-patung tersebut akan ditempatkan di area taman atau teras yang dihiasi oleh rindangnya pepohonan.

Dengan menempatkan patung di area taman rumah, maka jangan heran jika suasana rumahmu itu akan terasa seperti sedang berada di Bali.

7. Menambahkan Gapura Khas Bali

Menambahkan Gapura Khas Bali

Selain patung, gapura juga menjadi salah satu ornamen yang akan menentukan dalam membuat desain rumah khas Bali. Umumnya gapura tersebut selalu dipalikasikan pada area depan rumah, sehingga terkesan seperti siap menyambut para tamu yang akan datang.

Menurut informasi yang di dapat, gapura Bali ini umumnya terdiri dari tumpukan batu bata yang dihiasi oleh ukiran khas Bali.

Nah, itulah beberapa referensi desain rumah ala Bali sehingga bisa kamu jadikan sebagai bahan referensi. Dari ketujuh desain tersebut, desain khas Bali nomor berapakah yang akan kamu coba…???

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top