Dekorasi Rumah Ala-ala Korea

Ingin Membuat Dekorasi Rumah Ala-ala Korea? Ikuti Tips Ini

Cara membuat dekorasi rumah ala Korea itu memang bisa dibilang gampang-gampang susah. Hal itu bukan tanpa alasan, karena ada banyak sekali hal-hal yang harus kita pertimbangkan dalam membuat dekorasi tersebut.

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa sebagian besar masyarakat Indonesia sangat menyukai pada hal-hal yang berbau korea. Ya, mulai dari budayanya, style, bahasa, kuliner, hingga desain interior rumah. Tentu saja hal tersebut juga tidak terlepas dari peran K-drama dan K-pop yang memang booming di berbagai belahan Negara, termasuk Negara Indonesia.

Nah, ngomong-ngomong soal Korea, secara kebetulan juga pada kesempatan kali ini akan membahas cara mendekorasi rumah ala-ala korea. Maka dari itu, simaklah baik-baik ulasannya di bawah ini.

Tips Membuat Dekorasi Rumah Ala Korea

1. Menggabungkan Warna yang Sederhana

Dekorasi Rumah Ala-ala Korea - mengabungkan warna sederhana

Tips pertama yang bisa kamu lakukan dalam membuat dekorasi rumah ala Korea, yakni dengan menggabungkan warna yang sederhana. Pada umumnya, rumah-rumah orang korea mengusung perpaduan warna interior yang terdiri dari dua warna saja.

Contohnya seperti perpaduan warna putih dan abu-abu, cokelat muda dan putih, dan lain sebagainya. Dengan penggabungan warna-warna tersebut, maka akan tercipta nuansa yang simple namun terkesan elegan dan modern lho.

2. Mengusung Tema Open Plan

Dekorasi Rumah Ala-ala Korea - mengusung tema open plan

Selain menggabungkan warna sederhana, rumah ala Korea juga kerap mengusung tema Open Plan. Lantas, apa yang dimaksud dengan open plan…???

Perlu kamu ketahui, tema open plan ini adalah konsep ruangan yang minim sekat. Selain terkesan lebih otentik, konsep ruangan yang satu ini juga merupakan pilihan paling tepat untuk rumah yang berukuran mungil.

Dalam hal ini, kamu dapat menggabungkan dua hingga tiga ruangan menjadi satu. Seperti contohnya, kamu menggabungkan ruang keluarga dengan ruang makan. Disamping itu, pastikan juga bahwa semua barang-barang yang ada di rumah harus ditata dengan baik agar terlihat lebih rapih dan tidak sumpek.

3. Memaksimalkan Pencahayaan Alami

Dekorasi Rumah Ala-ala Korea - memaksimalkan pencahayaan alami

Memang tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa sesuatu yang alami itu memiliki dampak yang sangat bagus untuk keberlangsungan hidup manusia. Ya, termasuk dalam pencahayaan alami, sehingga kamu harus memaksimalkannya pada interior rumah.

Maka dari itu, usahakan untuk menempatkan jendela-jendela yang berukuran besar pada arah matahari terbit. Atau, kamu juga bisa mengandalkan skylight dalam mengoptimalkan pencahayaan alami pada rumah.

Dengan adanya sistem pencahayaan alami yang baik, tentu saja dapat menunjang keindahan serta aktivitas di siang hari, sehingga kamu bisa lebih menghemat lagi dalam penggunaan lampu.

Baca juga : Dekorasi Ruang Billiard yang Menakjubkan

4. Pilih Sistem Pencahayaan yang Terang dan Lembut

Dekorasi Rumah Ala-ala Korea - menggunakan lampu yang terang namun lembut

Selain pencahayaan alami, pencahayaan buatan dari lampu juga tentunya memiliki peranan yang tidak kalah penting dalam sebuah hunian. Dalam menciptakan hunian ala Korea, sangat disarankan bagi kamu untuk menggunakan lampu yang terang namun bernuansa lembut.

Pada bagian tengah ruangan, kamu bisa menggunakan pencahayaan sentral melalui shade lamp (kap lampu) agar tidak terlalu silau. Bukan hanya itu, bahkan penggunaan kap lampu tersebut juga akan membantu penyebaran cahaya secara merata pada seluruh ruangan lho.

5. Menggunakan Lantai Kayu (Parket)

Ini dia salah satu interior yang menjadi ciri khas dari rumah-rumah ala Korea. Ya, hal itu bukan tanpa alasan, karena lantai kayu memiliki kemampuan yang dapat menjaga suhu di dalam ruangan agar tetap hangat, sehingga sangat cocok diterapkan pada hunian di negara yang beriklim salju seperti Korea.

Tak hanya itu, pastinya penggunaan lantai kayu ini dapat menciptakan nuansa yang lebih mewah, stylish, dan natural.

Dari segi material, produk lantai kayu parket tersebut akan dibedakan kedalam dua tipe berbeda, yakni lantai kayu solid (kayu utuh) dan lantai kayu sintetis. Adapun mengenai jenis-jenis yang terbaiknya seperti berikut :

Jenis Lantai Kayu Solid Terbaik

  • Lantai Kayu Solid Jati
Dekorasi Rumah Ala-ala Korea - menggunakan lantai kayu solid jati

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa kayu jati memiliki kualitas yang paling bagus diantara jenis kayu lainnya. Ya, kualitas kayu jati mencakup berbagai aspek, mulai dari tingkat kekuatan, tingkat kepadatan, tingkat keindahan pola serat dan warna.

Dengan menggunakan lantai kayu solid jati, pastinya interior di dalam rumahmu akan tampak seperti rumah para oppa-oppa.

Akan tetapi, tidak tidak semua tipe lantai kayu jati memiliki spesifikasi yang sama. Pasalnya, produk lantai kayu solid jati ini akan dibedakan lagi kedalam kelas yang berbeda, yakni grade A, grade B, dan grade C.

Tentunya masing-masing kualitas yang ditawarkan pada setiap kelas parket jati tersebut akan berbeda pula. 

  • Lantai Kayu Solid Merbau
Dekorasi Rumah Ala-ala Korea - menggunakan lantai kayu merbau

Selain lantai kayu jati, lantai kayu solid merbau juga tidak kalah berkualitasnya lho. Untuk tampilan fisiknya, lantai kayu merbau mengusung warna merah kecoklatan yang berpola serat lurus.

Tentu saja penggunaan lantai kayu solid merbau ini dapat menciptakan kesan yang lebih natural, elegan, hangat, dan nyaman pada sebuah hunian. Bukan hanya itu, bahkan parket solid merbau ini sudah terbukti tahan terhadap serangan rayap dan perubahan cuaca.

Untuk urusan harganya, parket solid merbau ini lebih murah dari parket solid jati. Meski murah, bukan berarti juga kualitas parket solid merbau ini murahan!

Artikel terkait : Daftar Harga Lantai Kayu Jati dan Merbau di Bandung 2021

Jenis Lantai Kayu Sintetis Terbaik

  • Lantai Vinyl
Dekorasi Rumah Ala-ala Korea - menggunakan lantai kayu vinyl

Material lantai vinyl terbuat dari bahan PVC (Polyvinyl Chloride) yang memiliki tekstur elastis serta mudah dipasang. Dari segi harga, lantai vinyl ini memang jauh lebih murah dari lantai kayu solid. Sehingga tak heran, jika lantai vinyl banyak dipilih sebagai alernatif pengganti parket solid.

Adapun berbagai varian motif vinyl yang tersedia di pasaran, sehingga bisa kamu pilih sesuai dengan tema rumah.

  • Lantai SPC
Dekorasi Rumah Ala-ala Korea - menggunakan lantai kayu spc

Istilah SPC merupakan singkatan dari Stone Plastic Composite, yang mana materialnya menggabungkan senyawa kalsium karbonat dengan serbuk PVC dan stabilizer. Dengan kata lain, lantai SPC adalah bentuk pengembangan dari lantai vinyl.

Mengingat akan hal itu, maka tak heran jika kualitas lantai SPC jauh lebih bagus dari lantai vinyl. Hal itu bisa diliat, yang mana lantai SPC memiliki sifat tidak mudah rusak dan tidak mudah penyok. Lebih hebatnya lagi, lantai SPC memiliki sifat 100% anti air.

  • Lantai Laminated
Dekorasi Rumah Ala-ala Korea - menggunakan lantai kayu laminated

Jenis lantai kayu sintetis terbaik berikutnya yang direkomendasikan untuk kamu, yakni berupa lantai laminated (lantai laminasi). Dari segi materialnya, lantai laminate ini terbuat dari bahan serbuk kayu dengan campuran resin.

Pada umumnya lantai laminate tampil dengan ketebalan sekitar 8 mm hingga 12 mm, sedangkan ukuran panjangnya mencapai 1,28 m – 1,3 m.  Dari segi kekuatan, lantai kayu laminated ini memang tidak sekuat lantai kayu solid.

Untuk keterangan lengkapnya silahkan klik -> Jenis-jenis Lantai Kayu Tempel Terbaik

Nah, seperti itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk membuat dekorasi rumah ala Korea. Bagaimana, tertarik untuk mencobanya…????

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top