7 cara mudah membuat rumah yang sehat untuk keluarga

Beberapa Hal yang Harus Diperhatikan Dalam Menciptakan Rumah Sehat

Menciptakan Rumah Sehat – Sebagaimana yang sudah kita ketahui bahwa kesehatan menjadi harta yang paling berharga dalam kehidupan manusia. Ya jelas demikian, sebab semua aktivitas kita akan sangat bergantung pada kesehatan tubuh.

Sebenarnya ada banyak sekali cara yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan tubuh, mulai dari berolahraga secara rutin, mengonsumsi makanan-makanan bergizi, mencukupi waktu istirahat, dan lain sebagainya.

Padahal, kondisi dalam rumah juga dapat mempengaruhi tingkat kesehatan tubuh kita lho. Apabila rumah kita selalu dalam kondisi kotor dan berantakkan, tentu saja hal tersebut dapat memicu bakteri serta kuman untuk berkembang biak lebih cepat. Alhasil, tubuh kita menjadi rentan terhadap berbagai jenis penyakit.

Lantas, bagaimanakah cara membuat rumah yang sehat..???

Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi mengenai cara membuat rumah sehat, mari kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

7 Cara Mudah Membuat Rumah yang Sehat Untuk Keluarga

1. Sediakan Pengaturan Limbah Dalam Rumah

7 cara mudah membuat rumah yang sehat untuk keluarga - sediakan pengaturan limbah

Berbicara soal sarang kuman dan bakteri, tentu saja limbah sampah merupakan salah satu sumber yang bisa menciptakan berbagai penyakit. Oleh karena itu, pastikan dirumahmu sudah tersedia pengolahan sampah dan limbah yang baik.

Dalam hal ini, disarankan bagi kamu untuk menggunakan septic tank yang sesuai standar dan kebutuhan. Pasalnya, hal itu bertujuan agar tidak akan mencemari tanah maupun air yang terkandung di dalamnya.

Selain itu, pastikan juga dirumahmu sudah ada pemisah antara sampah organik dan sampah anorganik yang dihasilkan dari rumah. Bila perlu, tempat sampahnya harus selalu dalam keadaan tertutup dan dikosongkan secara berkala.

Adapun perihal jenis sampah organic yang bisa kamu olah kembali untuk dijadikan pupuk kompos, sedangkan jenis sampah anorganik dapat didaur ulang menjadi sebuah barang seperti kerajinan tangan.

2. Sediakan Ventilasi Untuk Melancarkan Sirkulasi Udara

7 cara mudah membuat rumah yang sehat untuk keluarga - sediakan ventilasi udara

Saat kamu bernafas, tentu tidak hanya oksigen saja yang akan terhirup namun juga berbagai partikel kecil dan zat yang mungkin mengkontaminasi udara. Dengan demikian, maka keberadaan ventilasi merupakan hal yang wajib untuk menciptakan sirkulasi udara yang sehat di dalam rumah.

Pastikan kamu merancang dengan jumlah bukaan dan ventilasi yang sesuai kebutuhan. Tak hanya itu, pastikan juga ventilasi di rumah harus bersifat cross ventilatian agar udara di dalam ruangan bisa ber-regenerasi dengan udara yang ada diluar.

Meski di rumahmu itu sudah terpasang AC, namun sirkulasi udara yang alami jauh lebih bagus untuk kesehatan tubuh.

3. Pencahayaan Alami Menjadi Hal Penting

7 cara mudah membuat rumah yang sehat untuk keluarga - sediakan pencahayaan alami

Selain menyediakan pengolahan limbah dan ventilasi, tentu saja pencahayaan alami juga memiliki peranan yang tak kalah penting dalam menciptakan sebuah rumah yang sehat.

Hal itu bukan tanpa alasan, karena pencahayaan alami mampu mengurangi tingkat kelembapan berlebihan serta membunuh bakteri di dalam ruangan. Bahkan, kehadiran pencahayaan alami juga tentunya sangat membantu dalam menunjang berbagai aktivitas di dalam rumah.

Akan tetapi, kamar tidur yang terlalu banyak terpapar sinar matahari dianggap tidak bagus karena dapat mengganggu istirahat. Maka dari itu, kamu harus mengatur pencahayaan alami secukup yang sesuai dengan kebutuhan kamar.

Untuk faktor pencahayaan buatan seperti lampu, sebaiknya kamu menggunakan jenis lampu yang terang tapi lembut.

4. Sediakan Sistem Air Bersih

7 cara mudah membuat rumah yang sehat untuk keluarga - sediakan sistem air bersih

Pada dasarnya, kebanyakan air ledeng yang ada dirumah kita sudah mengandung krolin. Lantas, apa yang dimaksud dengan klorin..??

Menurut informasi yang didapat, klorin merupakan sebuah kandungan atau zat yang bertugas untuk membunuh jamur dan parasite lainnya di dalam air. Namun, penggunaan klorin yang berlebihan bisa memicu pertumbuhan sel kanker pada tubuh!

Oleh karena itu, usahakan setiap saluran air bersih di rumah sudah dilengkapi dengan sistem penyaringan yang baik. Adapun mengenai saluran air bersih untuk dikonsumsi, sebaiknya kamu menambahkan penyaring air dengan karbon aktif untuk membunuh semua zat-zat yang bersifat racun.

5. Usahakan Untuk Tidak Menggunakan Material yang Mempunyai Zat Kimia

7 cara mudah membuat rumah yang sehat untuk keluarga - jangan gunakan material yang mengandung kimia

Hal berikutnya yang harus kamu perhatikan dalam menciptakan rumah sehat, yakni tidak menggunakan material yang mengandung bahan kimia. Ada beberapa jenis material yang dianggap berbahaya untuk kesehatan, dimana salah satunya seperti penggunaan asbes untuk atap.

Jangan pula menggunakan jenis cat sintetik dan thinner, karena kandungan kimia didalamnya yang cukup tinggi sehingga tidak bagus untuk kesehatan tubuh, terutama untuk saluran penafasan.

Beralih ke area langit-langit, yang mana penggunaan plafon yang berbahan PVC juga dinilai kurang bagus untuk kesehatan pernafasan. Untuk mendapatkan hunian yang sehat, sebaiknya kamu menggunakan plafon lambersering yang berbahan kayu.

Artikel Terkait : Daftar Harga Plafon Kayu Untuk Pemasangan Interior dan Exterior

6. Ganti Material Lantaimu Dengan Parket Kayu

7 cara mudah membuat rumah yang sehat untuk keluarga - menggunakan lantai kayu

Apakah penggunaan lantai kayu berpengaruh terhadap kesehatan..??? Berdasarkan dari hasil penelitian, yang menyebutkan bahwa lantai kayu atau parket memiliki kemampuan untuk mengeluarkan ion negatif dalam ruangan.

Bukan hanya itu, bahkan lantai kayu juga memiliki kemampuan yang dapat menyerap energy panas, dan kemudian akan dialirkan ke dalam ruangan. Hasilnya, suhu di dalam ruangan akan tetap terasa hangat meski berada di tengah musim dingin.

Secara otomatis hal tersebut sangat bagus untuk kesehatan tubuh, terutama bagi mereka yang memiliki riwayat penyakit rematik.

Dari segi materialnya produk lantai kayu tersebut akan dibedakan lagi kedalam dua jenis, yaitu lantai kayu solid dan lantai kayu sintetis. Lantai kayu solid terbuat dari bahan kayu asli tanpa campuran bahan apapun, sedangkan lantai kayu sintetis terbuat dari serbuk kayu yang dicampur dengan berbagai bahan kimia lainnya.

Guna memaksimalkan tingkat kesehatan dalam rumah, tentu saja lantai kayu solid ini sangat direkomendasikan karena bahannya yang terbuat dari kayu asli.

Untuk informasi lengkap seputar lantai kayu parket silahkan klik tautan di bawah ini :

Harga Lantai Parket Kayu Jati & Merbau Grade Termurah

7. Jangan Lupa Untuk Menata Area Taman

7 cara mudah membuat rumah yang sehat untuk keluarga - menata area taman

Selain area indoor, tentu saja rumah yang sehat juga harus diciptakan di area luar ruangan. Kamu bisa memulainya dengan cara menempatkan berbagai jenis tanaman hias. Pasalnya, kehadiran tanaman hias tersebut dapat membantu dalam mengontrol sirkulasi udara, temperatur, hingga tingkat kelembapan udara.

Bahkan tanaman hias ini dapat memberikan efek relaksasi, sehingga akan berdampak bagus untuk kesehatan mental dan psikologis. Adapun mengenai beberapa jenis tanaman hias yang dinilai bagus untuk kesehatan tubuh, seperti lavender, lidah mertua, lemon balm, bonsai, dan lain sebagainya.

Terutama untuk jenis tanaman sanseviera (lidah mertua), dimana ia memiliki kemampuan yang dapat menyerap radiasi dari perangkat eletronik lho.

Atau, kamu juga dapat menggunakan tanaman bambu yang berfungsi untuk menyerap karbon dioksida 4 x lebih banyak ketimbang tanaman umumnya. Agar desain tamannya tampak lebih indah dan elegan, maka kamu bisa menggunakan deck wood (decking kayu) sebagai material pinggiran lantai.

Baca Juga : Harga Decking Kayu Kualitas Bermutu Harga Bersahabat

Nah, itulah 7 cara simple yang dapat kamu lakukan untuk menciptakan rumah sehat.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top