mengenal tanaman catnip

Mengenal Lebih Jauh Lagi Tanaman Catnip

Apakah diantara kamu ada yang pernah mendengar nama catnip..??? Ya, tanaman yang satu ini memang belum terlalu familiar di kalangan masyarakat. Namun, tanaman catnip sudah tidak asing lagi bagi para pecinta kucing.

Hal itu bukan tanpa alasan, mengingat catnip merupakan salah satu jenis tanaman yang sangat disukai oleh kucing lho. Sehingga tak heran, jika tanaman tersebut diberi nama catnip.

Ketika kamu mendekatkan tanaman catnip pada kucing, maka ia akan langsung mengendus dan menggigitnya. Setelah menggigit tanaman catnip, biasanya si kucing akan berguling-guling dan bergembira sambil memainkan tanaman tersebut.

Nah, biar kamu gak penasaran dengan tanaman catnip, mending kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

Seputar Tanaman Catnip

seputar tanaman catnip

Menurut informasi yang didapat, tanaman catnip pertama kali di temukan di kawasan Amerika Utara dan Eropa. Tanaman catnip juga kerap disebut dengan istilah catmint atau catswort.

Di negara Indonesia, tanaman catnip memiliki nama berbeda yang berdasarkan daerah asalnya. Misalkan saja di daerah Jawa Barat, yang mana tanaman catnip sering disebut dengan nama tutuwuhan. Sedangkan di daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur, catnip dinamai dengan anting-antingan.

Catnip itu sendiri merupakan spesies Nepeta Cataria yang masih termasuk kedalam keluarga Lamiaceae.

Ciri Khas Tanaman Catnip

Umumnya tanaman catnip tumbuh dengan ketinggian sekitar 50 – 100 cm, serta memiliki batang bercabang lebat, tegak, dan ditutupi oleh bulu halus berwarna kecoklatan. Adapun dari bentuk daunnya yang menyerupai hati dengan pinggiran berlekuk halus, serta permukaan daunnya yang ditutupi bulu halus.

Catnip termasuk tumbuhan berusia pendek, yang mana bunganya muncul di ujung batang membentuk kelompok. Biasanya pada satu kelompok tersebut terdiri dari 7 – belasan kuntum yang berwarna ungu muda dan putih.

Menariknya lagi, bagian kuntum bunga catnip memiliki aroma harum lho. Catnip tumbuh subur di kawasan subtropis berbunga pada bulan Juli – September.

Baca juga : 6 Jenis Bunga-bungaan yang Bisa Dimakan

Kandungan Kimia Pada Tanaman Catnip

kandungan kimia catnip

Ada salah satu faktor, mengapa tanaman catnip sangat disukai oleh para kucing. Berdasarkan dari hasil penetilian, yang menyebutkan bahwa tanaman catnip mengandung berbagai zat kimia seperti minyak astiri, citronellal, geraniol, citral, carvarcol, pulegone, thmol, dan nepatalactone.

Terlebih untuk nepalactone, dimana kandungan tersebutlah yang membuat para kucing tertarik. Pasalnya, kandungan senyawa kimia ini dapat memberikan efek rileks dan bersemangat lho.

Kandungan senyawa tadi tidak hanya terdapat pada daunnya saja, melainkan juga terdapat pada bagian batang dan biji catnip.

Adapun mengenai beberapa reaksi setelah kucing yang diberi tanaman catnip seperti berikut :

  • Menggosok-gosokan dirinya pada tanaman catnip
  • Berguling-guling di tanah / lantai
  • Mengais-ngais
  • Berlarian kesana kemari
  • Berputar-putar
  • Menjilati dan mengunyah tanaman catnip

Dengan kata lain, tanaman catnip akan membuat sikap si kucing menjadi hiperaktif. Bahkan, efek sampingnya dapat membuat kucing terdiam dan tertidur pulas layaknya manusia yang sesudah mengonsumsi obat tidur.

Akan tetapi, kucing yang mengonsumsi tanaman catnip secara berlebihan akan merasakan gejala seperti berliur, ngantuk berat, kecemasan, menggigit pergelangan tangan, hingga diare. Namun untungnya, dampak tersebut hanya akan berlangsung selama 5 – 15 menit saja.

Efek dari tanaman catnip pun tidak hanya berlaku untuk kucing saja, tapi berlaku juga bagi kerabatnya seperti macan tutul, cheetah, jaguar, dan sebagainya. Namun, tidak semua jenis kucing dapat dipengaruhi oleh efek samping catnip.

Artikel menarik lainnya : Mengenal Tanaman Puring

Menurut kabar yang beredar, setidaknya 33% jenis kucing tidak akan terpengaruh oleh efek samping dari tanaman catnip. Semakin sering mengendusnya, maka kucing tersebut akan kebal terhadap reaksi zat kimia tanaman catnip.

Dibalik semuanya itu, ternyata tanaman catnip memiliki segudang manfaat untuk kesehatan manusia lho. Lantas, seperti apa sajakah manfaatnya…?

Manfaat Tanaman Catnip Untuk Kesehatan Manusia

1. Dapat Mengurangi Masalah Pernafasan

Manfaat Tanaman Catnip Untuk Kesehatan Manusia - mengurangi masalah pernafasan

Manfaat pertama dari tanaman catnip untuk kesehatan manusia, yakni dapat mengurangi masalah pernafasan. Ya, orang yang menderita flu atau pilek biasanya cukup sulit bernafas. Bagi kamu yang mengalami flu dan pilek, kamu bisa mengurangi gejalanya dengan mengonsumsi daun catnip.

Hal itu bukan tanpa alasan, karena daun catnip memiliki peranan sebagai dekongestan alami yang bekerja untuk mengurangi rasa sesak pada dada. Tak hanya berlaku untuk flu dan pilek, daun catnip juga sudah terbukti cukup efektif untuk meredakan sesak nafas pada penderita asma dan bronchitis.

Mengenai cara mengonsumsinya, kamu hanya perlu menjadikan daun catnip tersebut segelas teh. Agar hasilnya maksimal, minumlah teh daun catnip sampai habis secara rutin dan teratur.

Baca juga : Manfaat Tanaman Lidah Buaya Untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit

2. Dapat Mengobati Sakit Gigi

Manfaat Tanaman Catnip Untuk Kesehatan Manusia - mengobati sakit gigi

Meski bukan termasuk jenis penyakit yang membahayakan jiwa, namun masalah yang satu ini dapat melumpuhkan aktifitas bagi si penderitanya. Terlebih jika intensitas sakit giginya tinggi dan berlangsung dengan durasi lama, yang dijamin hal itu akan cukup menyiksa.

Daun catnip pun menjadi salah satu bahan alami yang dapat kamu gunakan untuk mengobati sakit gigi. Lalu, bagaimana cara kerjanya..???

Siapkan beberapa lembar daun catnip, cuci bersih, kemudian tumbuk sampai hancur. Oleskan daun catnip yang sudah ditumbuk tadi pada bagian gusi atau gigi yang terasa sakit, kunyah secara perlahan dalam beberapa waktu hingga rasa sakitnya mereda.

Setelah sakit giginya mereda, kamu bisa langsung menelan atau memuntahkan kembali daun catnip tersebut.

3. Dapat Meredakan Sakit Perut

Manfaat Tanaman Catnip Untuk Kesehatan Manusia - mengobati sakit perut

Rasa tidak nyaman di area perut merupakan indikasi bahwa ada masalah perut, seperti diare dan kembung. Jika kamu sering mengalami masalah perut lainnya, maka penggunaan daun catnip ini merupakan salah satu obat herbal terbaiknya.

Daun catnip sudah terbukti dapat membantu untuk melepaskan gas yang terperangkap dalam usus, sehingga saluran pencernaan akan kembali normal. Caranya pun sangatlah mudah, yang mana kamu hanya perlu mengonsumsi teh daun catnip secara rutin dan teratur.

4. Dapat Meredakan Rasa Cemas

Manfaat Tanaman Catnip Untuk Kesehatan Manusia - meredakan rasa cemas

Seperti yang sudah disebutkan pada ulasan diatas tadi, bahwa daun catnip memiliki efek yang dapat membuat kucing menjadi lebih rileks dan santai. Nah, efek tersebut juga bisa berlaku bagi manusia yang tengah dilanda rasa cemas.

Tanaman yang satu ini mempunyai kandungan zat nepetalactone yang berperan sebagai relaksan, sehingga akan membuat siapa saja menjadi lebih rileks setelah mengonsumsinya. Itu sebabnya, mengapa kapsul dan teh catnip sering ditujukan bagi penderita gangguan kegelisahan, stress, dan depresi.

5. Mengatasi Masalah Insomnia

Manfaat Tanaman Catnip Untuk Kesehatan Manusia - mengatasi insomnia

Manfaat berikutnya dari tanaman catnip yang harus kamu ketahui, yakni dapat mengatasi masalah insomnia alias susah tidur malam. Biasanya masalah insomnia terjadi karena beberapa faktor, seperti gangguan mental, beban pekerjaan, atau karena memang sudah menjadi kebiasaan.

Untuk kamu yang ingin mendapatkan waktu tidur normal, maka konsumsilah teh catnip setiap malam sebelum tidur.

Demikianlah ulasan singkat seputar tanaman catnip, sehingga bisa kita jadikan sebagai bahan penambah wawasan.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top