tanaman paku ekor kuda

Mengintip Keunikan Tanaman Paku Ekor Kuda

Di zaman modern seperti sekarang ini, Tanaman Paku Ekor Kuda memang tidak terlalu populer dikalangan masyarakat luas. Tanaman Paku Ekor Kuda atau yang bahasa ilmiahnya adalah Divisi Arthrophyta, merupakan tumbuhan dengan cabang berkarang.

Bukan hanya itu, ia juga tampak terlihat jelas berbuku-buku dan beruas-ruas. Lapisan luar epidermisnya mengandung silika, sehingga teksturnya agak berpasir.

Menurut informasi yang didapat, pada zaman dulu kebanyakan orang menggunakan batang tanaman paku ekor kuda untuk menggosok pot atau kuali, sebelum adanya alat penggosok yang berbahan baja. Nah, karena hal tersebutlah yang membuat Tanaman Paku Ekor Kuda sering disebut tumbuhan penggosok.

Untuk mengenal lebih jauh lagi mengenai Tanaman Paku Ekor Kuda, mending kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

Profil Tanaman Paku Ekor Kuda

profil tanaman paku ekor kuda

Ciri khas dari Tanaman Paku Ekor Kuda ini, yaitu memiliki daun-daun berukuran kecil yang bentuknya seperti perisai dengan sejumlah sporangium pada sisi bawahnya. Terdapat pula sporofi l yang berbentuk gada atau mengerucut pada bagian ujung batangnya (strobilus).

Adapun mengenai akarnya yang berukuran sangat kecil dan bertekstur halus, yang disertai dengan adanya buku-buku dari rhizoma atau pangkal batangnya. Menariknya lagi, ada beberapa jenisnya yang memiliki bentuk seperti umbi-umbian lho.

Tanaman Paku Ekor Kuda itu sendiri merupakan tumbuhan dengan genus tunggal, yakni equisetum yang hanya memuat 25 spesies saja. Ya, sebagian spesiesnya ada yang hidup di darat, sedangkan sebagiannya lagi hidup di rawa-rawa.

Dibalik semuanya itu, ternyata Tanaman Paku Ekor Kuda memiliki segudang manfaat untuk manusia lho. Seperti apa sajakah manfaatnya…???

Manfaat Tanaman Paku Ekor Kuda Untuk Manusia

Tanaman Paku Ekor Kuda ini bisa dibilang sebagai tanaman abadi, karena khasiatnya yang begitu luar biasa untuk kesehatan manusia. Hal itu terbukti, yang mana Tanaman Paku Ekor Kuda kerap digunakan ramuan herbal sejak zaman Romawi Kuno dan Yunani Kuno.

Hal itu bukan tanpa alasan, karena Tanaman Paku Ekor Kuda memiliki beberapa senyawa positif seperti antioksidan, silika, dan fitokimia. Tak hanya bagian daunnya saja, bagian batang Tanaman Paku Ekor Kuda juga kerap dijadikan ramuan teh.

Adapun mengenai beberapa manfaat dari Tanaman Paku Ekor Kuda seperti berikut :

1. Dapat Melindungi Daya Ingat

Manfaat Tanaman Paku Ekor Kuda Untuk Manusia - melindungi daya ingat

Manfaat pertama dari Tanaman Paku Ekor Kuda yang harus kamu ketahui, yakni dapat melindungi daya ingat. Itu sebabnya, mengapa Tanaman Paku Ekor Kuda kerap dianjurkan untuk mencegah dan meringankan banyak gangguan kognitif seperti demensia dan alzheimer akibat bertambahnya usia.

Menurut para peneliti, yang menyebutkan bahwa kurangnya silika menjadi pemicu dari penurunan fungsi otak dan daya ingat manusia. Maka dari itu, dengan menggunakan Tanaman Paku Ekor Kuda dapat meningkatkan jumlah silika yang baik untuk mengurangi penurunan kognitif.

Artikel menarik lainnya : 6 Jenis Bunga-bungaan yang Bisa Dimakan

2. Mengilaukan Rambut

Manfaat Tanaman Paku Ekor Kuda Untuk Manusia - mengilaukan rambut

Orang mana sih di dunia ini yang tidak ingin memiliki rambut sehat dan mengkilau? Tentu saja kita semua sangat mengingingkan hal tersebut. Ya, terang saja demikian, sebab rambut merupakan mahkotanya bagi umat manusia yang berperan penting dalam urusan penampilan.

Terlebih untuk kaum wanita, dimana merekalah yang paling aktif dalam urusan merawat rambut. Bagi kamu yang sering mengalami berbagai permasalahan kesehatan rambut, maka penggunaan esensial Tanaman Paku Ekor Kuda kedalam sampo merupakan pilihan paling tepat.

Dengan begitu, maka rambutmu akan tampak lebih sehat dan mengkilap setelah selesai dikeramas. Selain itu, kamu juga dapat mengonsumsi teh Tanaman Paku Ekor Kuda untuk meningkatkan kualitas rambut.

3. Dapat Mengobati Infeksi Saluran Kemih

Manfaat Tanaman Paku Ekor Kuda Untuk Manusia - mengobati infeksi saluran kemih

Tak banyak orang yang tahu, bahwa ekstrak Tanaman Paku Ekor Kuda dapat mengobati infeksi saluran kemih. Pada umumnya, penyakit infeksi saluran kemih sering dialami oleh kaum wanita.

Tapi kamu tidak perlu khawatir, karena permasalahan tersebut bisa diselesaikan oleh Tanaman Paku Ekor Kuda. Caranya pun sangatlah mudah, yang mana kamu hanya perlu mengonsumsi satu kapsul ekstrak Tanaman Paku Ekor Kuda sebanyak dua kali sehari.

Bahkan yang lebih hebatnya lagi, kapsul Tanaman Paku Ekor Kuda ini sudah terbukti dalam mencegah penyakit batu ginjal. Masih belum habis, kapsul Tanaman Paku Ekor Kuda juga dapat membantu dalam mencegah pembentukan batu kantong empedu lho.

Baca Juga : Hati-hati! Inilah 7 Jenis Tanaman Beracun

4. Dapat Mengurangi Masalah Pernafasan

Manfaat Tanaman Paku Ekor Kuda Untuk Manusia - mengurangi masalah pernafasan

Ada berbagai penyakit yang kerap menyerang organ pernafasan, seperti pilek, flu, asma, dan lain sebagainya. Tentu saja kondisi tersebut akan membuat rasa tidak nyaman dalam bernafas.

Berdasarkan dari hasil penelitian, yang menyebutkan bahwa Tanaman Paku Ekor Kuda memiliki kandungan ekspektoran yang dapat membersihkan lendir serta dahak untuk meningkatkan fungsi pernafasan menjadi lebih baik.

Lebih hebatnya lagi, Tanaman Paku Ekor Kuda juga sudah terbukti efektif dalam meredakan peradangan dan menyembuhkan batuk menahun.

Baca juga : Manfaat Merawat Tanaman Lidah Mertua

5. Bagus Untuk Kesehatan Kuku

Manfaat Tanaman Paku Ekor Kuda Untuk Manusia - bagus untuk kesehatan kuku

Manfaat selanjutnya dari Tanaman Paku Ekor Kuda yang akan dibahas, yakni bagus untuk kesehatan kuku. Dengan menggunakan Tanaman Paku Ekor Kuda secara rutin dan teratur, maka kuku akan menjadi lebih kuat dan panjang. Lantas, bagaimana cara mengerjakannya…??

Dalam hal ini, kamu hanya perlu menambahkan 2 sendok teh Tanaman Paku Ekor Kuda kering ke dalam air mendidih. Setelah itu, biarkan airnya sampai dingin kemudian rendam kuku tangan maupun kakimu kedalamnya selama 30 menit.

Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, lakukan cara ini setidaknya 3 – 4 kali dalam seminggu.

6. Mampu Mencegah Penyakit Kanker

Manfaat Tanaman Paku Ekor Kuda Untuk Manusia - mencegah penyakit kanker

Selain penyakit jantung, kanker juga merupakan salah satu pembunuh paling menakutkan di dunia. Bagaimana tidak, sebab angka kematian akibat penyakit kanker selalu menempati urutan kedua setelah penyakit jantung.

Namun perlu diingat, bahwa Tanaman Paku Ekor Kuda ini bukan untuk mengobati, melainkan bertugas untuk mencegah terjadinya kanker.

Hal itu bukan tanpa alasan, karena Tanaman Paku Ekor Kuda memiliki senyawa antioksidan yang bertugas untuk membuang toksin (racun) dalam tubuh. Bukan hanya itu, antioksidan tersebut juga berfungsi untuk menangkal radikal bebas sehingga dapat menghambat pertumbuhan sel kanker.

Dengan mengonsumsi ekstrak Tanaman Paku Ekor Kuda, tentunya potensi terkena penyakit kanker akan menjadi lebih kecil.

7. Untuk Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat Tanaman Paku Ekor Kuda Untuk Manusia - meningkatkan kekebalan tubuh

Manfaat berikutnya dari Tanaman Paku Ekor Kuda yang harus kamu ketahui, yakni dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ya, seperti yang sudah disebutkan pada ulasan diatas tadi, bahwa Tanaman Paku Ekor Kuda memiliki kandungan senyawa antioksidan yang bertugas untuk menangkal radikal bebas.

Dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh, pastinya tubuh kita tidak akan mudah terserang oleh berbagai jenis penyakit. Bahkan, Tanaman Paku Ekor Kuda juga sudah terbukti efektif dalam mempercepat masa pemulihan lho.

Nah, seperti itulah beberapa manfaat yang luar biasa dari Tanaman Paku Ekor Kuda, sehingga bisa kita jadikan sebagai penambah wawasan.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top