manfaat memelihara bonsai

Memiliki Tanaman Bonsai? Inilah Berbagai Manfaat yang Akan Kamu Dapatkan

Selain terkenal dengan harganya yang lumayan mahal, ternyata tanaman bonsai juga memiliki beragam manfaat untuk kehidupan kita lho. Itu sebabnya, mengapa akhir-akhir ini banyak pecinta tanaman hias yang mulai tertarik untuk merawat tanaman bonsai di rumahnya.

Bonsai itu sendiri merupakan salah satu jenis tanaman hias indoor, yang mana penempatannya tentu dilakukan di dalam ruangan. Dengan menempatkan tanaman bonsai di ruang tertentu, secara otomatis tampilan rumahmu akan memiliki nilai estetika tinggi.

Untuk mempertahankan usianya, maka tanaman bonsai harus diberi perawatan yang cukup ekstra. Disamping manfaatnya yang dapat memperindah tampilan rumah, bonsai pun diklaim memiliki beragam manfaat yang luar biasa.   

Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi mengenai manfaat dari tanaman bonsai, mending kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

Manfaat Merawat Tanaman Bonsai

1. Dapat Meredakan Stress

foto@canva.com

Manfaat yang akan kamu rasakan dari merawat tanaman bonsai, yakni dapat meredakan stress. Menurut para psikologis ternama dunia, yang menyebutkan bahwa merawat tanaman bonsai bisa menjadi sebuah terapi yang efektif untuk membuat pikiran menjadi lebih rileks.

Baca Juga : 6 Jenis Tanaman Hias Termahal di Dunia

Nah, jika pikiranmu sudah mulai terasa jenuh dan tidak karuan, tidak ada salahnya untuk merawat tanaman yang satu ini. Dengan merawat tanaman bonsai, dijamin pikiranmu akan lebih santai dan rileks.

2. Mampu Membersihkan Udara di Dalam Rumah

foto@canva.com

Tak hanya dapat meredakan stress, ternyata tanaman bonsai juga memiliki kemampuan yang dapat menjernihkan udara dan mengurangi racun didalam rumah lho. Ya, udara yang sudah terkontaminasi oleh racun tentunya sangat tidak bagus untuk kesehatan, terlebih pada saluran pernafasan.

Tanaman bonsai pun berperan sebagai penjernih udara alami di dalam rumah, sehingga dapat memberikan sensasi kesegaran sepanjang hari. Bukan hanya itu, tampilan bonsai yang indah juga tentunya akan membuatmu seolah-olah sedang berada di alam terbuka.

3. Untuk Mempromosikan Gaya Hidup Sehat

foto@canva.com

Bukan hanya sekedar adu gengsi saja, merawat tanaman bonsai juga merupakan bentuk dari mempromosikan gaya hidup sehat. Hal itu terbukti, yang mana penempatan bonsai di dalam rumah dapat meminialisir berbagai masalah kesehatan seperti :

  • Sakit flu
  • Pilek
  • Batuk kering
  • Kulit kering dan kelelahan.

Hal itu bukan tanpa alasan, mengingat tanaman bonsai dapat menjaga tingkat kelembapan didalam rumah dengan baik. Terlebih pada jenis bonsai tertentu, yang mampu bekerja lebih baik lagi dalam menjaga tingkat kelembapan dariapa jenis bonsai lainnya.

Dengan menempatakan bonsai didalam ruangan rumah, maka kamu akan mendapatkan aura yang lebih positif lagi.

4. Memberikan Energi Kembali

foto@canva.com

Inilah salah satu keunggulan dari tanaman bonsai yang tidak dimiliki oleh jenis tanaman hias lainnya. Ya, tanaman bonsai diklaim memiliki kemampuan yang dapat menarik energi kehidupan ke dalam ruangan, sehingga orang-orang yang melewati ruangan tersebut akan tampak terasa lebih hidup.

Baca Juga : Mari Berkenalan Dengan Tanaman Puring

Misalkan saja kamu mengalami kejadian-kejadian yang tidak meng-enakan, maka dengan melihat tanaman bonsai akan membantu me-regenerasi tingkat energi.

5. Memiliki Nilai Ekonomis yang Menjanjikan

foto@canva.com

Seperti yang sudah disebutkan pada ulasan diatas tadi, bahwa bonsai merupakan salah satu jenis tanaman yang harganya mahal. Bahkan, ada beberapa jenis bonsai yang harganya dibanderol hingga milyaran rupiah lho!

Salah satu tipenya adalah Old Pine Bonsai yang harganya dibanderol 100 juta yen, atau yang setara dengan Rp 13,2 milyar. Itu sebabnya, mengapa tipe bonsai yang satu ini dijuluki dengan istilah “tanaman sultan”.

6. Bisa Mengasah Kemampuan Otak kanan

foto@canva.com

Selain bagus untuk kesehatan tubuh, ternyata otak kanan kita juga akan ikut terasah selama merawat tanaman bonsai. Ya, ketika kamu mulai menanam bonsai, maka akan ada banyak kemungknan yang dapat terjadi.

Dengan demikian, kamu bisa berimajinasi dalam penanganan yang dibutuhkan agar tanaman bonsai tersebut dapat tumbuh sesuai keinginan.

7. Dapat Mengasah Sisi Sensitif Pada Dirimu

foto@canva.com

Sebenarnya cara merawat tanaman bonsai ini bisa dikatakan gampang-gampang susah. Namun, proses perawatan bonsai secara keseluruhan memang cenderung tidak mudah. Sebab merawat tanaman bonsai sudah seperti merawat anak sendiri, sehingga membutuhkan kesadaran penuh dari diri sendiri.

Nah, selama proses tersebutlah yang akan mengasah sesnsifitasmu dalam merawat tanaman bonsai.

8. Memelihara Daya Ingat Agar Tetap Tajam

foto@canva.com

Memori seseorang ibarat bagian jiwa dari dirinya. Tanpa adanya ingatan, tentu saja kita ini hanyalah kulit dan daging yang diberi nyawa.

Seiring dengan bertambahnya usia, biasanya kemampuan daya ingat kita mulai menurun. Maka dari itu, kamu bisa melatih daya ingat agar tetap tajam dengan memelihara tanaman bonsai.

Nah, itulah beberapa manfaat yang akan kamu dapatkan dari memelihara tanaman bonsai. Setelah mengetahui manfaatnya, apakah kamu berminat untuk memelihara bonsai dirumah?

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top