dekorasi desain taman bermain anak

Lagi Nyari Ide Dekorasi Desain Taman Bermain Untuk Anak? Ini Dia Rekomendasinya

Orang tua mana sih di dunia ini yang tidak sayang terhadap buah hatinya? Tentu saja setiap orang pasti akan sangat menyayangi anaknya. Hal itu pun terbukti, dimana mereka rela melakukan apa saja demi memberikan yang terbaik untuk sang buah hatinya.

Mulai dari menafkahi, mengajarinya, memberikan mainan, dan masih banyak lagi. Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa dunia anak itu tidak bisa lepas dari permainan. Tak hanya sekedar untuk hiburan, sebuah permainan juga bisa meningkatkan kreativitas si kecil.

Nah, secara kebetulan juga pada kesempatan kali ini akan membahas seputar ide dekorasi desain taman bermain untuk anak. Tanpa banyak panjang lebar lagi, mending kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

Inspirasi Dekorasi Desain Taman Bermain Anak

1. Desain Taman Bermain Simple yang Menggunakan Bahan Daur Uang

Inspirasi Dekorasi Desain Taman Bermain Anak - manfaatkan barang bekas

Perlu kalian ketahui, dalam menciptakan sebuah taman bermain itu tidak harus selalu dengan biaya mahal. Pasalnya, kamu bisa memanfaatkan berbagai barang-barang bekas untuk di daur ulang dan dijadikan wahana permainan.

Misalnya saja ban bekas, yang dapat kamu manfaatkan untuk dijadikan wahana ayunan dan jungkat-jungkit. Atau, kamu juga bisa menggunakan box kayu bekas untuk dijadikan wahana outbond sederhana sehingga dapat melatih kemampuan motorik si kecil.

Baca juga : Tips Membuat Rumah yang Nyaman dan Ramah Untuk Anak

2. Desain Rumah Pohon Sederhana

Inspirasi Dekorasi Desain Taman Bermain Anak - membuat rumah kayu

Untuk kamu yang memang memiliki budget lebih, maka cobalah desain taman bermain yang satu ini. Meski membangun rumah pohon membutuhkan biaya cukup besar dan proses pengerjaan yang rumit, namun keberadaannya dapat mengembangkan imajinasi serta kreativitas si kecil lho.

Serupa dengan tenda, sehingga rumah kayu ini dapat menciptakan ruang privasi untuk bermain dan bereksplorasi melalui kreativitas anak. Untuk menjaga keamanan, sebaiknya rumah pohon ini jangan dibuat terlalu tinggi.

Agar kreativitasnya lebih berkembang lagi, sebaiknya lengkapi taman bermain anak dengan beragam permainan yang edukatif. Selain itu, jangan lupa juga untuk selalu mengawasinya agar si kecil terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

3. Desain Taman Bermain Anak di Lahan yang Sempit

Inspirasi Dekorasi Desain Taman Bermain Anak - dilahan sempit

Siapa bilang bahwa taman bermain tidak bisa dibangun di atas lahan yang sempit? Buktinya, taman bermain di lahan yang sempit juga tidak kalah serunya dengan taman bermain yang luas. Ya, seperti yang terlihat pada gambar diatas, dimana kamu juga bisa membuat ayunan di taman bermain dengan lahan sempit.

Untuk melindungi si kecil dari panasnya paparan sinar matahari, sebaiknya kamu membuat ayunan di bawah pergola. Dengan begitu, si kecil bisa bermain ayunan tanpa harus terkena sengatan sinar matahari.

4. Menggunakan Rumput yang Berkualitas

Inspirasi Dekorasi Desain Taman Bermain Anak - menggunakan rumput yang berkualitas

Tak hanya dapat memperindah tampilan taman, penggunaan rumput yang berkualitas juga tentunya dapat memberikan rasa aman dan nyaman bagi si kecil saat bermain-main. Hal itu bukan tanpa alasan, mengingat tekstur rerumputan yang begitu empuk.

Jadi ketika si kecil terjatuh, maka ia tidak akan merasa teralu sakit. Namun, kamu juga jangan sampai lupa untuk merawat rerumputan tersebut, mulai dari menyiram, memotongnya agar tidak terlalu panjang, dan lain sebagainya.

5. Manfaatkan Pohon yang Berukuran Besar

Inspirasi Dekorasi Desain Taman Bermain Anak - manfaatkan pohon besar

Apakah di halaman rumahmu terdapat pohon yang berukuran besar dan rindang? Jika iya, maka kamu bisa memanfaakan pohon besar tersebut untuk dijadikan sebagai pengikat ayunan. Bukan hanya itu, keberadaan pohon besar ini juga tentunya akan membuat area taman bermain menjadi lebih teduh.

6. Berkeasi Dengan Perosotan

Inspirasi Dekorasi Desain Taman Bermain Anak - berkreasi dengan perosotan

Pada dasarnya, area taman yang berkontur itu bukanlah sebuah masalah untuk menjadikannya sebagai taman bermain. Sebaliknya, justru lahan berkontur tersebut sangat membantu dalam melatih motorik si kecil lho.

Dalam hal ini, bahkan kamu juga bisa berkreasi dengan memanfaatkan lahan kontur ini sebagai perosotan. Dan yang pastinya, dengan adanya perosotan ini tentu akan semakin menambah keseruan dalam bermain-main di taman anak.

7. Hadirkan Nuansa Natural Dengan Menggunakan Lantai Kayu Outdoor (Decking)

Inspirasi Dekorasi Desain Taman Bermain Anak - menggunakan lantai kayu outdoor

Jika ingin menghadirkan nuansa natural pada taman bermain anak, maka penggunaan lantai kayu outdoor alias decking ini merupakan pilihan paling tepat. Selain menghadirkan nuansa natural, penggunaan decking kayu ini juga akan menonjolkan sisi kemewahan dan elegan.

Bukan hanya itu, decking kayu pun sudah terbukti tahan terhadap serangan rayap dan perubahan cuaca ekstrim lho. Belum lagi dengan tekstur permukaannya yang kesat, sehingga ia tidak akan licin meski terkena air.

Namun, tidak semua jenis decking kayu yang ada di pasaran itu memiliki kualitas bagus. Lalu, jenis decking kayu apa sajakah yang memiliki kualitas bagus?

Adapun mengenai jenis-jenis decking terbaik yang direkomendasikan seperti berikut :

  • Decking Kayu Merbau

Jenis decking kayu terbaik pertama yang direkomendasikan untuk taman bermain anak, yakni decking kayu merbau. Dalam industri perkayuan, kayu merbau memiliki tingkat kekerasan dan keawetan kayu merbau ini termasuk kedalam kelas I dan II.

Bahkan yang lebih hebatnya lagi, decking kayu merbau juga sudah terbukti tahan terhadap serangan rayap dan perubahan cuaca lho.

Decking kayu merbau tampil dengan warna cenderung merah kecoklatan, serta pola seratnya yang lurus.

Untuk kelengkapan informasinya, silahkan klik -> Jual Lantai Kayu Merbau Terlengkap di Indonesia

  • Decking Kayu Ulin

Selain kayu merbau, kayu ulin juga kerap menjadi pilihan utama untuk dijadikan bahan baku pembuatan decking. Kayu ulin ini berasal dari daerah Kalimantan yang biasa disebut dengan istilah “Kayu Besi”. Hal itu bukan tanpa alasan, dikarenakan tekstur kayu ulin yang memang sekeras besi.

Mengingat teksturnya yang keras, tentu saja decking kayu ulin ini tahan terhadap serangan rayap maupun serangga pemakan kayu lainnya.

Bukan hanya itu saja, bahkan decking kayu ulin sudah terbukti tahan terhadap perubahan cuaca ekstrim. 

Baca selengkapnya -> Spesifikasi Decking Kayu Ulin

  • Decking Kayu Bengkirai

Tak berbeda jauh dengan kayu ulin, yang mana kayu bengkirai juga terkenal dengan tingkat kekerasan dan tingkat kekuatannya yang begitu baik. Dengan demikian, maka tak heran jika kayu bengkirai cocok dijadikan bahan baku untuk decking.

Keunggulan decking kayu bengkirai mulai dari tahan air, anti rayap, tahan terhadap perubahan cuaca, serta tingkat pemuaian dan penyusutannya yang cukup rendah. Masih belum habis, penggunaan decking bengkirai ini juga tentunya dapat mempercantik tampilan taman bermain si kecil. 

Artikel terkait : Spesifikasi Decking Kayu Bengkirai

  • Decking Kayu Keruing (Kruing)

Dilihat dari spesifikasi dan tampilan warnanya, decking keruing ini memang cukup berbeda dengan jenis-jenis decking kayu diatas tadi.

Selain cocok ditempatkan di area taman bermain, decking keruing juga cocok dipasang di area outdoor lainnya seperti samping kolam renang, balkon, rooftop, dan lain sebagainya.

Baca selengkapnya -> Spesifikasi Decking Kayu Keruing

Nah, seperti itulah cara mendesain dekorasi taman bermain untuk anak, sehingga bisa kamu jadikan sebagai bahan referensi saat hendak membuatnya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top