dekorasi ruang billiard

Dekorasi Ruang Billiard yang Menakjubkan

Memang tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa peluang usaha billiard merupakan salah satu jenis bisnis yang bisa dijalankan di rumah maupun sebagai usaha sampingan. Pada mulanya, olahraga yang satu ini memang tidak terlalu populer di Indonesia.

Seiring dengan berjalannya waktu, kini olahraga billiard mulai banyak diminati oleh berbagai kalangan masyarakat. Ya, terlebih untuk kalangan anak muda, dimana merekalah yang paling banyak menggandrungi olahraga billiard.

Akan tetapi, sarana olahraga biliard di Indonesia ini memang terbilang sedikit. Hal itu terbukti, yang mana sarana olaraga biliyard hanya bisa kita jumpai di daerah perkotaan saja. Itu pun jumlahnya tidaklah terlalu banyak.

Maka dari itu, kamu bisa memanfaatkan peluang tersebut untuk membuka bisnis sarana billiard. Nah, secara kebetulan juga pada kesempatan kali ini akan membahas seputar cara mendekorasi ruang billiard.

Tanpa banyak panjang lebar lagi, mending kita simak baik-baik ulasan dibawah ini.

Tips Mendekorasi Ruang Billiard

1. Perhatikan Pencahayaan

Tips Mendekorasi Ruang Billiard -pencahayaan

Pencahayaan menjadi elemen yang paling penting dalam menunjang kegiatan billiard. Biasanya, ruang biliyard kerap menggunakan jenis lampu gantung agar lebih banyak memberikan cahaya ke area mejanya.

Adapun bagian lain dari ruangan yang dapat diterangi dengan menggunakan lampu dinding, atau lampu langit-langit built-in dengan menerapkan system indirect lighting.

2. Sediakan Area Duduk

Tips Mendekorasi Ruang Billiard - sediakan area duduk

Selain pencahayaan, jangan lupa untuk melengkapi ruang billiard dengan area duduk. Ya, area duduk ini biasanya ditujukan untuk para penonton yang hendak menonton pertandingan. Jika kamu memiliki budget lebih, sebaiknya gunakan kursi yang materialnya berkualitas tinggi guna meningkatkan rasa nyaman bagi para pengunjung.

3. Siapkan Rak

Tips Mendekorasi Ruang Billiard - sediakan rak

Guna memberikan rasa nyaman bagi para pemain maupun pengunjung, sebaiknya kamu sediakan rak sebagai tempat untuk menyimpan berbagai barang-barang, seperti tas, sepatu, makanan, minuman, dan lain sebagainya.

4. Jangan Lupakan Sirkulasi Udara

Tips Mendekorasi Ruang Billiard - harus ada sirkulasi udara

Tingkat kenyamanan dalam ruang billiard itu bukan hanya terletak pada kelengkapan fasilitas dan penggunaan interiornya saja, melainkan juga didukung oleh adanya sirkulasi udara. Nah, agar ruang billiard tidak terlalu pengap, maka harus ada sirkulasi udara yang baik sehingga membuatnya lebih nyaman.

5. Gunakan Lantai Kayu (Parket)

Tips Mendekorasi Ruang Billiard - menggunakan lantai kayu

Untuk meningkatkan nilai estetika pada ruang billiard, maka penggunaan lantai kayu alias parket ini merupakan pilihan paling tepat. Pasalnya penggunaan lantai kayu dapat menghadirkan nuansa mewah, elegan, dan natural.

Dan yang pasti, kehadiran lantai kayu ini dapat memberikan rasa nyaman untuk pijakan kaki. Dari segi material, maka produk lantai kayu ini akan dibedakan lagi kedalam dua tipe berbeda, yakni lantai kayu solid dan lantai kayu sintetis.

Jenis Lantai Kayu Solid (kayu Utuh)

Lantai Kayu Solid Jati

lantai kayu solid jati

Kualitas kayu jati ini memang yang terbaik diantara jenis kayu lainnya. Kualitas kayu jati mencakup berbagai aspek, mulai dari tingkat kekuatan, tingkat kepadatan, tingkat keindahan pola serat dan warna.

Namun, tidak tidak semua tipe lantai kayu jati memiliki spesifikasi yang sama lho. Sebab produk lantai kayu solid jati ini akan dibedakan lagi kedalam kelas yang berbeda, yakni grade A, grade B, dan grade C.

Tentunya masing-masing kualitas dan harga yang ditawarkan pada setiap kelas parket jati tersebut akan berbeda pula. 

Untuk informasi harganya, silahkan klik -> Daftar Harga Parket Jati Terbaru

Lantai Kayu Solid Merbau

lantai kayu solid merbau

Dilihat dari fisiknya, kayu merbau tampil dengan warna merah kecoklatan yang berpola serat lurus. Hasilnya, penggunaan lantai kayu solid merbau ini akan menonjolkan kesan yang lebih natural, elegan, hangat, dan nyaman pada sebuah hunian.

Dari segi harga, parket solid merbau ini lebih murah ketimbang parket solid jati. Meski murah, bukan berarti juga kualitas parket solid merbau ini murahan. Hal itu terbukti, yang mana tingkat kekerasan dan keawetan kayu merbau ini termasuk kedalam kelas I dan II.

Bahkan yang lebih hebatnya lagi, parket solid merbau juga sudah terbukti tahan terhadap serangan rayap dan perubahan cuaca lho.

Baca selengkapnya -> Jual Lantai Kayu Merbau Terlengkap di Indonesia

Keunggulan Lantai kayu Solid

  • Menyuguhkan motif dan warna yang indah
  • Teksturnya yang cukup empuk
  • Dapat menciptakan suhu hangat dan mengeluarkan Ion negatif
  • Bisa dijadikan investasi jangka panjang, karena memiliki nilai ekonomis yang tinggi

Kekurangan lantai Kayu Solid

  • Menawarkan harga mahal
  • Rentan terhadap kerusakan (apabila tidak dirawat dengan baik)
  • Membutuhkan perawatan khusus

Jenis Lantai Kayu Sintetis

Dari segi tampilannya, lantai kayu sintetis ini bisa dibilang hampir atau bahkan mirip dengan lantai kayu solid. Namun jia dinilai dari segi material, maka perbedaannya akan sangat terasa jelas. Terdapat tiga jenis lantai kayu sintetis yang paling banyak diminati seperti berikut :

Lantai SPC

lantai kayu sintetis SPC

Dikarenakan harga lantai kayu solid yang cenderung mahal, maka tak heran jika penggunaan lantai kayu sintetis menjadi alternatif terbaiknya. Ya, salah satunya adalah lantai SPC, berkat keunggulan yang tidak oleh produk lantai kayu sintetis lainnya.

Istilah SPC merupakan singkatan dari Stone Plastic Composite, dimana ia adalah produk lantai yang menggabungkan senyawa kalsium karbonat dengan serbuk PVC dan stabilizer. Dengan kata lain, lantai SPC adalah bentuk pengembangan dari lantai vinyl.

Itu sebabnya, mengapa kualitas lantai SPC jauh lebih bagus dari lantai vinyl. Hal itu bisa diliat, yang mana lantai SPC memiliki sifat tidak mudah rusak dan tidak mudah penyok. Lebih hebatnya lagi, lantai SPC memiliki sifat 100% anti air.

Lantai Vinyl

lantai kayu sintetis laminated

Berbeda dengan material lantai vinyl terbuat dari bahan PVC (Polyvinyl Chloride), sehingga ia memiliki tekstur elastis serta mudah dipasang.

Dari segi harga, lantai vinyl ini memang jauh lebih murah ketimbang parket solid. Nah, karena hal terebutlah yang membuat lantai vinyl banyak dipilih sebagai alernatif pengganti parket solid. Adapun berbagai varian motif vinyl yang tersedia di pasaran, sehingga bisa kamu pilih sesuai selera.

Produk Terkait -> Spesifikasi Lantai Vinyl Kendo

Lantai Laminate

Jenis lantai kayu sintetis terbaik berikutnya yang cocok untuk lantai billiard, yakni berupa lantai laminate. Material lantai laminate yang terbuat dari bahan serbuk kayu dengan campuran resin.

Pada umumnya lantai laminate tampil dengan ketebalan sekitar 8 mm hingga 12 mm, sedangkan ukuran panjangnya mencapai 1,28 m – 1,3 m.  

Baca Selengkapnya : Spesifikasi Lantai Laminated

6. Sediakan Fasilitas Tambahan

Selain meja dan cue (tongkat), tentunya harus ada fasilitas tambahan guna mendukung kegiatan serta kenyamanan bagi semua pengunjung. Ya, fasilitas tambahan tersebut berupa tv, radio, mp3, lemari pendingin minuman, kedai, café, dan lain sebagainya.

Menurut informasi yang didapat, ukuran meja biliyard yang sering digunakan di Indonesia itu memiliki lebar 106,68 cm, panjang 213,36 cm, lebar 96,52 cm, dan panjang area bermain 193,04 cm. Sedangkan ukuran cue atau tongkatnya adalah 24 – 52 inch (1 inch = 2,54 cm).

Nah, itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mendekorasi ruang biliyard agar tampak lebih memukau.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top