6 jenis bunga yang bisa dimakan

Berikut 6 Jenis Bunga-bungaan yang Bisa Dimakan

Memang tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa merawat berbagai jenis bunga-bungaan merupakan salah satu cara tepat untuk mempercantik tampilan rumah. Hal itu bukan tanpa alasan, mengingat bunga-bungaan tersebut tampil dengan bentuk dan warna yang begitu sedap dipandang.

Selain indah dilihat, ternyata keberadaan bunga-bungaan juga dapat membersihkan udara di sekitar rumah. Bahkan yang lebih menariknya lagi, ternyata ada beberapa jenis bunga-bungaan yang dapat dikonsumsi lho. Jenis bunga apa sajakah itu?

Nah, biar kalian gak penasaran, mending kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

Jenis Bunga-bungaan yang Aman Dikonsumsi

1. Bunga Calendula (Marigold)

Jenis bunga-bungaan pertama yang dapat kamu konsumsi, yakni bernama Bunga Calendula. Bunga yang tampil dengan warna kuning dan orange ini sering dimakan dengan cara dibuat salad sayuran. Adapun mengenai cita rasa dari Bunga Calendula, mulai dari pedas, tajam, dan agak pahit.

Dikarenakan warna kuning dan orange yang dimilikinya, kehadiran Bunga Calendula pada sebuah hidangan juga cukup menggugah selera lho. Umumnya Bunga Calendula akan ditaburkan di atas sup, pasta, salad, bahkan ada juga yang ditaburkan ke sepiring nasi.

Baca Juga : 7 Jenis Tanaman Hias yang Beracun!

Berdasarkan dari hasil penelitian, yang menyebutkan bahwa Bunga Calendula memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan, terlebih untuk kesehatan kulit. Nah, karena hal tersebutlah yang membuat Bunga Calendula sering dijadikan bahan baku dalam pembuatan produk-produk kecantikkan kulit.

2. Bunga Carnation (Anyelir)

Di urutan kedua ada Bunga Carnation atau yang juga biasa disebut dengan nama bunga anyelir. Di Indonesia, biasanya Bunga Carnation ini sering dijadikan sebagai hiasan pada kue ulang tahun, bahan pembuatan wine, hingga pembuatan permen.

Hal itu bukan tanpa alasan, mengingat Bunga Carnation memiliki aroma harum dengan cita rasa cukup manis. Bunga yang tampil dengan warna pink muda ini dipercaya berkhasiat untuk kesehatan, yang diantaranya dapat melancarkan masalah pencernaan, mengatasi sakit kepala, hingga meredakan peradangan.

3. Bunga Krisan (Chrysanthemum)

Dari bentuk tampilannya saja, Bunga Krisan ini memang tampak seperti sebuah arumanis yang enak untuk dimakan. Dan ternyata benar saja, yang mana Bunga Krisan sangat aman dikonsumsi. Pada umumnya Bunga Krisan memiliki kelopak yang berwarna ungu, kuning, putih, merah, dan orange.

Dinilai dari segi rasanya, konon Bunga Krisan ini mirip dengan kol namun agak sedikit pahit. Bunga Krisan sering dicampurkan pada berbagai jenis makanan, mulai dari kentang tumis oriental, salad tumis, dan lain sebagainya.

Adapun megenai beragam manfaat yang akan kamu dapatkan dari mengonsumsi Bunga Krisan, seperti mencegah flu, memelihara kesehatan mata, memelihara kesehatan tulang, hingga dapat mengobati masalah sinusitis.

4. Bunga Mawar (Rose)

Saat mendenar nama Bunga Mawar, pastinya pikiran kita akan langsung tertuju pada hal-hal yang berbau percintaan bukan? Ya, terang saja demikian, sebab bunga yang berwarna merah pekat ini sering digunakan oleh para pria-pria di sebuah sinetron untuk meluluhkan hati wanita pujaannya.

Artikel Menarik Lainnya : 7 Jenis Tanaman Hias yang Dipercaya Bisa Membawa Keberuntungan

Bunga Mawar mempunyai aroma yang cukup kuat, dengan tekstur lembut saat dikunyah di dalam mulut. Untuk segi rasanya, bunga yang satu ini tampak seperti rasa buah apel hijau dan buah strawberi lho. Biasanya Bunga Mawar sering dicampurkan dalam sup, salad, hingga dijadikan teh.

Tak hanya aman untuk dikonsumsi, Bunga Mawar pun memiliki beragam manfaat untuk kesehatan, seperti memelihara kesehatan jantung, mengatasi masalah buang air kecil, meredakan stress, mengatasi gangguan pencernaan, mencegah diabetes dan kanker.

5. Bunga Elderflower (Elderberry)

Berikutnya ada Bunga Elderflower yang biasanya dikonsumsi dengan cara di campurkan kedalam sebuah minuman. Hal itu bukan tanpa alasan, mengingat Bunga Elderflower memiliki aroma harum seperti madu.

Di kawasan Eropa, Bunga Elderflower biasa dijadikan sebagai perasa softdrink dan sirup. Bahkan, dikawasan Eropa lainnya Bunga Elderflower ini sering digoreng atau dijadikan jeli. Namun, Bunga Elderflower ini hanya boleh dimakan ketika bunganya sudah mekar.

Apabila terlalu lama dibiarkan, maka rasanya akan cenderung pahit. Bukan hanya itu, bagian tangkai Bunga Elderflower ini juga memiliki kandungan racun! Oleh karenanya, kamu harus lebih berhati-hati lagi saat hendak mengolah Bunga Elderflower untuk dijadikan makanan.

6. Bunga Lilac

Jenis bunga selanjutnya yang bisa dikonsumsi, yakni bernama Bunga Lilac. Pada dasarnya, Bunga Lilac ini memang tidak terlalu populer di Indonesia sebab keberadaannya pun masih langka. Bunga Lilac sudah terbukti aman untuk dikonsumsi, sehingga kerap dijadikan bahan campuran pada berbagai jenis makanan maupun minuman.

Nah, itulah 6 jenis bunga-bungaan yang dapat di konsumsi dan memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan.

Bagaimana, apakah diantara kamu ada yang pernah memakan salah satu bunga-bungaan tersebut?

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top