7 jenis tanaman aglonema

Jenis-jenis Tanaman Aglonema Paling Laris di Indonesia

Untuk para pecinta tanaman hias sejati, tentu saja kalian sudah tidak asing lagi dengan aglonema bukan? Ya, terang saja demikian, sebab tanaman yang sering disebut Sri Rejeki ini memiliki tampilan yang begitu cantik dan sedap dipandang.

Mengingat akan hal itu, maka tak heran juga jika aglonema dijuluki dengan nama “Ratu Daun” karena tampilannya yang sangat eksotik. Disamping tampilannya yang cantik, keberadaan tanaman aglonema juga berfungsi untuk mensterilkan udara di sekitar lho.

Nah, untuk mempersingkat waktu, mending kita langsung saja ke pembahasan intinya mengenai jenis-jenis tanaman aglonema. Maka dari itu, simaklah baik-baik ulasan dibawah ini.

7 Jenis Tanaman Aglonema Terpopuler di Indonesia

1. Aglonema Bidadari

Di urutan pertama ada Aglonema Bidadari, yang juga termasuk kedalam jenis tanaman hias termahal. Hal itu bukan tanpa alasan, mengingat Aglonema Bidadari mengusung perpaduan warna yang begitu cantik. Adapun perpaduan warnanya mulai dari kuning, jingga, pink, dan hijau yang disertai dengan tangkai penopang berwarna merah muda.

Artikel Menarik Lainnya : 6 Jenis Tanaman Hias Termahal di Dunia

Sedangkan pada ujungnya terdapat bercak-bercak yang berwarna hijau. Berkat tampilannya yang sangat cantik, maka tak heran juga jika ia dijuluki dengan nama Aglonema Bidadari. Mengenai harganya, tanaman Aglonema Bidadari ini dibanderol mulai dari Rp 100 ribuan.

2. Aglonema Pride of Sumatera

Dari namanya saja sudah sangat jelas, yang mana jenis aglonema kedua ini berasal dari daerah Sumatera. Ciri khas dari Aglonema Pride of Sumatera ini terdapat tampilan warna merah keunguan, yang disertai dengan motif-motif garis berwarna kuning.

Bukan hanya itu, terdapat pula bercak-bercak yang berwana hijau gelap, merah, pink, dan tulang daunnya berwarna merah menyala. Dilihat dari keseluruhan, bentuk daun pada Aglonema Pride of Sumatera ini adalah elips memanjang.  

Pada tahun 1993 silam lalu, Aglonema Pride of Sumatera ini sempat di nobatkan sebagai tanaman hias termahal di dunia lho. Seiring dengan berjalannya waktu, kini Aglonema Pride of Sumatera bisa kamu dapatkan dengan kisaran harga Rp 95 ribuan saja.

3. Aglonema Moonlight

Cantik, unik, dan menarik, itulah kesan-kesan yang tergambar pada jenis Aglonema Moonlight. Bentuk daunnya tampak seperti sebuah mangkuk yang cekung, serta terdapat corak tegas dengan tulan daun berwarna merah.

Sehingga tak heran, jika tingkat keindahan Aglonema Moonlight ini berada diatas jenis aglonema lainnya. Lalu, bagaimana dengan harganya? Menurut informasi yang didapat, harga Aglonema Moonlight dipasaran dibanderol dengan kisaran Rp 100 ribu.

4. Aglonema Adelia

Berdasarkan catatan sejarah, nama Aglonema Adelia ini berasal dari sang penemunya asal Manila Filipina yakni Adelia Angeles. Bentuk dari tanaman ini memiliki daun yang ujungnya runcing dan berukuran besar.

Baca Juga : Mengenal Lebih Jauh Lagi Tanaman Puring

Satu hal yang paling menarik dari daunnya, yakni tampilan mengkilapnya sehingga dapat menonjolkan kesan elegan dan glamour. Belum lagi dengan perpaduan warna merah dan hijau yang intens, sehingga tingkat keindahan pada Aglonema Adelia ini tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata.

Pada umumnya Aglonema Adelia mampu tumbuh hingga 30 cm, terlebih jika ditanam pada tanah yang gembur. Adapun cara perawatan pada jenis Aglonema Adelia, yakni dengan menempatkannya pada area-area semi penas dan tidak boleh terpapar sinar matahari secara langsung.

Tak hanya itu, penyiraman Aglonema Adelia harus dilakukan seara berkala dengan jumlah air sedang. Untuk urusan harganya, tanaman Aglonema Adelia tersebut bisa kamu dapatkan dengan kisaran harga Rp 60 ribuan.

5. Aglonema Claudia

Ciri khas dari Aglonema Claudia ini, yaitu terdapat pada permukaan daunnya yang berwarna hijau pucat dan hijau kekuningan. Bahkan struktur daunnya pun tampak terlihat rapid an tersebar rata, sehingga membuatnya begitu sedap dipandang.

Aglonema Claudia itu sendiri berasal dari Negara Thailand, yang pada umumnya dijadikan tanaman hias indoor. Cara perawatannya pun tidak berbeda jauh dengan jenis tanaman hias lain, cukup dimbangi dengan penyiraman rutin setiap hari dan pemupukan sebulan sekali.

6. Aglonema Legacy

Daun Aglonema Legacy tampil dengan warna hijau kekuningan, serta terdapat bercak berwarna hijau gelap yang tersebar merata di area permukaan daunnya. Bentuk daunnya agak bulat dengan ujung yang meruncing, sedangkan tulang daunnya berwarna merah lembut.

7. Aglonema Widuri

Jenis tanaman aglonema berikutnya yang akan dibahas, yakni bernama Aglonema Widuri. Tanaman terebut memiliki tulang daun utama yang berwarna merah menyala, dan setiap helaian daunnya mengusung warna kuning dengan bercak sedikit hijau.

Adapun bentuk daunnya yang cenderung oval, sedangkan bagian permukaannya agak mencekung. Untuk urusan harganya, Aglonema Widuri ini dibanderol dengan kisaran Rp 75 ribuan.

Nah, itulah jenis-jenis tanaman aglonema terpopuler di Indonesia, yang mungkin saja kamu tertarik pada salah satunya?

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top