7 Langkah Simple Untuk Mendesain Apartemen Studio yang Nyaman dan Modern

7 Langkah Simple Untuk Mendesain Apartemen Studio yang Nyaman dan Modern

Untuk sebagian masyarakat urban yang mempunyai beragam aktivitas, tentu hal utama yang menjadi penentu tingkat kenyamanan hunian yakni jarak antara tempat tinggal dan tempat bekerja. Jika memang demikian alasannya, maka tinggal di sebuah apartemen menjadi sebuah pilihan paling tepat.

Disamping harga yang lebih terjangkau, apartemen pada umumnya juga unggul dari segi lokasi sehingga lebih mudah diakses oleh transportasi umum, dekat pusat kota, dekat pusat perbelanjaan, dan lain sebagainya.

Salah satu tren hunian yang saat ini banyak digandrungi oleh para milenial, yakni berupa apartemen studio berukuran minimalis. Dilihat dari sisi harga, apartemen tipe studio memang yang paling murah diantara tipe apartemen lainnya.

Mengingat akan hal itu, maka tak heran juga jika apartemen tipe studio selalu menjadi pilihan utama bagi kalangan pekerja, mahasiswa, maupun pasangan baru. Desain apartemen studio pun kerap dipilih karena bentuknya yang simple, serta mengedepankan kenyamanan dan fungsi.

Baca juga : Dekorasi Wallpaper Dinding Kamar Tidur yang Nyaman

Tak Cuma itu, luas apartemen studio juga cukup pas untuk mereka yang masih single atau bagi pasangan yang baru menikah lho. Dalam satu ruangan apartemen studio, kamu dapat melakukan beragam aktivitas.

Apartemen studio yang hanya terdiri dari satu ruangan saja bisa kau manfaatkan sebagai kamar tidur, ruang kerja, ruang santai, dapur, dan lain sebagainya.

Nah, secara kebetulan juga pada kesempatan kali ini akan memberikan 7 langkah simple dalam mendesain apartemen studio yang nyaman dan modern.

Tanpa banyak panjang lebar lagi, mending kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

Tips Mendesain Apartemen Studio

1. Desain Apartemen Studio Setengah Lantai

Desain Apartemen Studio Setengah Lantai

Dengan memanfaatkan ruang kosong secara vertikal, tentu saja bisa menjadi sebuah solusi desain apartemen studio yang efektif dan fungsional. Untuk mendapatkan desain tersebut, kamu harus menggunakan tangga, sedangkan bagian atas dari apartemen studionya disulap menjadi kamar tidur yang nyaman.

Bukan hanya itu, jangan lupa juga untuk melengkapinya dengan partisi kaca bening. Nah, untuk bagian bawahnya bisa kamu gunakan sebagai ruang tv, dapur, atau menempatkan meja makan. Dengan mengusung elemen mezanin, maka apartemen studiomu akan tampak terdiri dari dua lantai yang berbeda lho.

2. Sofa yang Sekaligus Menjadi Tempat Tidur

Sofa yang Sekaligus Menjadi Tempat Tidur

Memang tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa menggunakan furniture yang multifungsi pada apartemen studio merupakan pilihan paling bijak. Salah satunya, kamu dapat menggunakan tempat tidur lipat jenis sofa bed.

Pasalnya, sofa bed tersebut bisa kamu atur dengan mudah untuk dijadikan tempat tidur sekaligus juga sebagai tempat duduk. Misalkan pada siang hari kamu membutuhkan banyak space untuk saudara atau teman yang sedang tandang, maka kamu bisa langsung melipat kasur dan menjadikannya sebagai sofa.

Begitu pun sebaliknya saat malam tiba, yang mana sofa bed tersebut bisa kamu gunakan sebagai tempat tidur untuk beristirahat.

3. Aplikasikan Banyak Pencahayaan

Aplikasikan Banyak Pencahayaan

Berbeda saat tinggal di rumah pribadi, yang mana tinggal di apartemen studio memang memiliki pencahayaan minim akibat jendela yang terbatas. Nah, untuk mensiasati masalah tersebut, kamu bisa meggunakan direct lamp pada beberapa titik tertentu seperti kamar dan sebagian dapur.

Dengan demikian, maka cahaya yang dihasilkannya aan membuat apartemen studiomu tampak lebih luas dan lega.

4. Manfaatkan Area Jendela

Manfaatkan Area Jendela

Seperti yang sudah disebutkan pada poin diatas tadi, dimana ketersediaan jendela di apartemen studio itu sangat terbatas. Maka dari itu, kamu harus memanfaatkan area jendela dengan sebaik mungkin.

Dalam hal ini, bagian sudut jendela apartemen studio bisa kamu jadikan sebagai area santai. Sedangkan pada bagian depan, kamu dapat menempatkan sofa bed sebagai tempat duduknya. Agar tampilannya tampak indah dan nyaman saat diduduki, silahkan tambahkan beberapa cushion dengan warna yang serasi di atasnya.

Dengan kehadiran area duduk, pastinya ruang di apartemen studiomu bisa menampung lebih banyak lagi orang.

5. Menggunakan Furniture yang Berdesain Simple

Menggunakan Furniture yang Berdesain Simple

Keberadaan furniture pada sebuah apartemen studio tentunya akan mempersepit kapasitas ruang. Ya, terlebih jika desain furniture yang digunakan itu memiliki ukuran besar dan berat. Maka dari itu, sangat disarankan bagi kamu untuk menggunakan furniture yang simple, seperti furniture berkaki ramping.

Selain faktor desain, kamu juga harus memperhatikan warna pada furniture tersebut. Dengan kata lain, pilihlan furniture yang mengusung warna alami dan serasi dengan keseluruhan warna di apartemen studiomu. Mengapa demikian?

Pasalnya, perbedaan warna apartemen dan furniture  akan menimbulkan kontras yang menonjol sehingga dapat menghadirkan kesan terlalu ramai. Lain halnya ketika menggunakan furniture yang senada, maka apartemen studiomu akan tampak simple namun masih tetap elegan.

6. Sediakan Ruang Penyimpanan

Sediakan Ruang Penyimpanan

Ruang penyimpanan barang kerap kali menjadi masalah utama yang dialami oleh sebagian besar penghuni apartemen studio. Ya, alih-alih ingin bisa menyimpan barang agar apartemen studio terlihat rapi, namun saat hendak menyediakan ruang penyimpanan, sering kali mengambil banyak space sehingga membuat ruangan semakin sempit.

Dalam menyediakan ruang penyimpanan di apartemen studio, maka kamu haru mengkolaborasikan dua jenis penyimpanan, yakni penyimpanan yang terbuka dan tertutup. Sebaiknya kamu menyimpan barang-barang yang berukuran besar di penyimpanan tertutup, sedangkan barang-barang yang berukuran kecil bisa kamu simpan pada ruang penyimpanan terbuka.

7. Hadirkan Nuansa Natural

Hadirkan Nuansa Natural

Meski terkesan modern, namun bukan berarti juga bahwa kamu tidak bisa mendapakan kesan yang natural pada apartemen studio. Nah, untuk mendapatkan nuansa natural dalam apartemen studio, kamu bisa meggunakan lantai kayu parket solid.

Hal itu bukan tanpa alasan, mengingat lantai kayu parket solid memang menyuguhkan nuansa natural, mewah, hangat, dan elegan. Tak Cuma itu, bahkan lantai kayu parket solid juga sudah terbukti kokoh sehingga dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Akan tetapi, penggunaan lantai kayu parket dinilai kurang cocok untuk hunian apartemen. Pasalnya, apartemen itu merupakan sebuah hunian yang bersifat sementara. Ketika kamu hendak pindah, tentu saja lantai kayu tersebut harus dibongkar terlebih dahulu sehingga bisa memakan waktu dan biaya yang cukup besar.

Jika pun harus ditinggalkan begitu saja, maka kamu akan mengalami kerugian besar karena harga lantai kayu parket yang tidak murah. Sebagai pengganti lantai kayu parket solid, kamu pun bisa menggunakan lantai vinyl yang bermotif kayu.

Sebab lantai vinyl ini sangat mudah dibongkar pasang, sehingga kamu tidak akan mengalami kendala saat akan pindahan. Belum lagi harga lantai vinyl yang jauh lebih murah ketimbang parket solid, sehingga sangat cocok untuk kamu yang tinggal di apartemen studio.

Untuk mendapatkan kelengkapan informasi tentang lantai vinyl, silahkan klik Harga Lantai Vinyl Kendo

Demikianlah ulasan singkat mengenai beberapa tips dalam mendesain apartemen studio, sehingga bisa kamu jadikan sebagai bahan referensi.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top