manfaat tanaman lidah mertua

Yuk, Kita Intip Manfaat Dari Merawat Tanaman Lidah Mertua

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa merawat tanaman hias merupakan salah cara yang dapat memperindah tampilan rumah. Ya, ada banyak sekali jenis-jenis tanaman hias yang tersedia dipasaran, yang mana setiap jenisnya memiliki wujud dan karakteristik berbeda.

Begitu pun dengan harga tanaman hias yang sangat bervariasi, mulai dari yang ratusan ribu hingga miliyaran rupiah.

Dari sekian banyaknya jenis tanaman hias yang ada, pada kesempatan kali ini hanya akan membahas satu jenis saja, yakni bernama lidah mertua. Maka dari itu, simaklah baik-baik ulasannya di bawah ini.

Sekilas Tentang Tanaman Lidah Mertua

lidah mertua panjang & pendek
lidah mertua panjang & pendek

Lidah mertua atau yang bahasa ilmiahnya adalah “Sanseviera” merupakan jenis tanaman keluarga sukulen, dimana ia dapat tumbuh dalam kondisi yang minim air maupun cahaya. Tanaman lidah mertua memiliki daun bertekstur keras, tegak lurus dengan ujungnya yang meruncing.

Tanaman lidah mertua terbagi lagi kedalam dua jenis berbeda, yakni jenis yang tumbuh memanjang keatas dengan ukuran 50 – 75 cm, dan jenis yang berdaun pendek melingkar berbentuk roset dengan panjang mencapai 8 cm & lebar 3-6 cm.

Selain dapat memperindah tampilan rumah, ternyata tanaman hias yang satu ini juga memiliki berbagai manfaat luar biasa lho. Lantas, seperti apa sajakah manfaatnya?

Manfaat Merawat Tanaman Lidah Mertua di Dalam Ruangan Rumah

1. Sebagai Penghasil Oksigen

Berdasarkan dari hasil penelitian, yang menyebutkan bahwa tanaman lidah mertua memiliki kemampuan yang dapat menghasilkan banyak oksigen. Dengan merawat jenis tanaman yang satu ini, pastinya cadangan oksigen di dalam rumahmu akan bertambah sehingga sangat bagus untuk kesehatan.

2. Mampu Membersihkan Polusi Udara

Ini dia salah satu alasan, mengapa banyak masyarakat yang mulai tertarik untuk merawat tanaman lidah mertua di dalam rumahnya. Ya, tanaman lidah mertua diyakini memiliki kemampuan yang dapat menyingkirkan polutan udara beracun di area sekitarnya.

Tak hanya karbon dioksida (CO2), bahkan lidah mertua juga sanggup menyerap berbagai zat polutan (penyebab penyakit kanker), seperti xilena, benzena, dan toluenga. Hal itu telah dibuktikan oleh berbagai penelitian, dimana tanaman lidah mertua mampu mensterilkan udara menjadi lebih baik.

3. Menyerap Karbon Dioksida Secara Efektif

Menurut kabar yang beredar, apabila kita terlalu banyak menghirup karbon dioksida di dalam rumah, maka hal tersebut akan berpengaruh terhadap penurunan keterampilan kognitif dan produktivitas. Bukan hanya itu, karbon dioksida juga bisa memicu gejala lainnya seperti pusing-pusing dan mual lho!

Baca Juga : Manfaat Merawat Tanaman Bonsai

Nah, untuk mengurangi kadar karbon dioksida didalam rumah, maka kamu harus menempatkan tanaman lidah mertua setinggi 60 – 80 cm pada ruangan-ruangan tertentu. Mengapa demikian? Pasalnya, ia mampu mengurangi kadar CO2 secara maksimal.

4. Dapat Mengusir Gas Buang yang Berbahaya

Formaldehida aladah sejenis zat racun berbentuk gas yang berasal dari hasil gas buangan aktivitas, seperti memasak, merokok, kosmetik, cat, furniture, dan lain sebagainya. Ya, gas tersebutlah yang akan memberikan dampak buruk untuk kesehatan, terlebih pada saluran pernafasan.

Tanaman lidah mertua pun diyakini memiliki kemampuan yang dapat mengusir zat hasil gas buangan, bahkan fungsinya lebih baik ketimbang jenis tanaman hias lainnya lho. Berdasarkan dari hasil penelitian, satu tanaman lidah mertua akan menghilangkan sekitar 31.000 mikrogram zat formaldehida selama seharian penuh.

5. Mampu Menangkal Alergi

Apakah kamu atau salah satu anggota keluargamu ada yang alergi terhadap udara tertentu? Jika iya, maka kamu wajib memelihara tanaman yang satu ini.

Hal itu bukan tanpa alasan, mengingat lidah mertua yang memiliki kemampuan untuk mengurangi kadar CO2 dan menyerap senyawa organik berbahaya. Dengan kata lain, tanaman lidah mertua berfungsi sebagai penangkal alergi.

6. Dapat Mengusir Bau Tak Sedap

Tak hanya ampuh untuk menangkal polusi, ternyata tanaman lidah mertua juga sudah terbukti ampuh untuk mengusir bau tak sedap didalam ruangan lho. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, coba kamu potong daun lidah mertua lalu simpan di area yang menjadi sumber baunya.

Artikel Populer Lainnya : Cara Merawat Tanaman Hias Indoor Agar Tidak Mudah Layu

7. Bisa Meminimalisir Radiasi Peralatan Elektronik

Hampir setiap bangunan rumah pasti memiliki peralatan elektronik, yang mana peralatan elektronik tersebut akan memancarkan radiasi dalam jangka panjang. Tentu saja hal itu dapat mempengaruhi kesehatan tubuh kita.

Walaupun dampaknya tidak terasa secara langsung, namun akan lebih baik lagi jika meminimalisir paparan radiasi dari peralatan elektronik tersebut. Maka dari itu, penempatan tanaman lidah mertua menjadi pilihan paling tepat untuk meminimalisir radiasi.

8. Sebagai Energi Pelindung

Manfaat berikutnya dari tanaman lidah mertua yang harus kamu ketahui, yakni sebagai energi pelindung. Namun, manfaat ini hanya berlaku bagi mereka yang mempercayainya saja. Pasalnya, tak sedikit juga yang menganggap bahwa hal itu hanyalah mitos belaka.

Nah, itulah beberapa manfaat yang akan kamu dapatkan dari merawat tanaman lidah mertua.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top