jenis-jenis sirih gading

Kenali Jenis-jenis Tanaman Sirih Gading

Sirih gading atau yang bahasa inggrisnya adalah “ivory betel“, merupakan salah satu jenis tanaman hias yang saat ini banyak digandrungi oleh masyarakat. Hal itu bukan tanpa alasan, mengingat tanaman sirih gading memiliki tampilan yang benar-benar sedap dipandang mata.

Dengan merawat tanaman hias yang satu ini, tentu saja akan memperindah tampilan rumah kita. Apalagi tanaman sirih gading menyediakan beragam jenis dengan corak dan warna berbeda, sehingga bisa kita pilih sesuai keinginan.

Nah, secara kebetulan juga pada kesempatan kali ini akan membahas tentang jenis-jenis tanaman sirih gading. Maka dari itu, simaklah baik-baik ulasannya di bawah ini.

Berbagai Macam Jenis Tanaman Sirih Gading

1. Sirih Gading Kuning

Sesuai dengan namanya, yang mana jenis sirih gading ini tampil dengan warna kuning cerah sehingga dapat menyuguhkan nuansa keceriaan dan kesegaran. Sirih Gading Kuning memang tumbuh subur di kawasan hutan tropis dan sub-tropis, seperti Australia dan Asia Tenggara, termasuk di Indonesia.

Baca Juga : Manfaat Merawat Tanaman Lidah Mertua

Ukuran daunnya terbilang kecil, namun bisa tumbuh dalam jumlah yang cukup banyak pada satu tangkainya. Bukan hanya itu, cara perawatan Sirih Gading Kuning di dalam rumah juga cukup mudah. Bahkan, orang awam sekalipun tidak akan terlalu mengalami kesulitan saat merawatnya.

2. Sirih Gading Silver

Menurut informasi yang didapat, Sirih Gading Silver ini merupakan adalah yang paling langka dan sulit ditemui dipasaran ketimbang jenis sirih gading lainnya. Mengingat akan hal itu, maka tak heran juga jika harga Sirih Gading Silver lebih mahal diantara yang lainnya.

Jenis gading sirih yang satu ini didominasi oleh warna silver, sehingga membuatnya dijuluki dengan nama Sirih Gading Silver. Menariknya lagi, warna silver tersebut begitu serasi dengan perpaduan warna hijau tua yang membuat tampilannya semakin sedap untuk dipandang.

3. Sirih Gading Ungu

Selanjutnya ada Sirih Gading Ungu yang juga tidak kalah menariknya dengan kedua jenis sirih gading diatas tadi. Ya, seperti namanya, sirih gading tersebut tampil dengan corak warna ungu yang hanya mampu tumbuh secara baik di kondisi lembap dan dingin seperti dataran tinggi.

Nah, karena hal tersebutlah yang membuat pembudidayaan Sirih Gading Ungu banyak dilakukan di dataran tinggi. Secara otomatis, pemasaran Sirih Gading Ungu ini hanya berlaku pada beberapa daerah tertentu saja. Sehingga tak  heran, jika Sirih Gading Ungu cukup sulit kita temui dipasaran.

4. Sirih Gading Hijau

Sirih Gading Hijau tampil dengan ukuran daunnya yang lebih kecil dibanding jenis sirih gading lainnya Kendati demikian, Sirih Gading Hijau memiliki daun yang paling lebat lho. Ia mengusung warna hijau tua polos tanpa corak, sehingga membuatnya cocok ditempatkan di semua ruangan rumah.

Artikel Populer Lainnya : Tips Merawat Tanaman Hias Indoor Agar Tidak Mudah Layu

Kamu pun bisa menempatkan Sirih Gading Hijau ini, mulai dari meja ruang kerja, sudut ruangan, atau dengan cara digantung. Dengan demikian, maka tampilan rumahmu akan terkesan lebih indah dan alami.

5. Sirih Gading Marble Queen

Sirih Gading Marble Queen masih bagian dari keluarga “Araceae”, yang mana daunnya tampil dengan warna hijau muda bercorak putih. Ketika usianya telah matang, biasanya Sirih Gading Marble Queen ini bisa tumbuh hingga 3 kali lipat.

Tak Cuma itu, bahkan Sirih Gading Marble Queen ini sangat suka terhadap cahaya matahari lho. Dengan demikian, maka tak heran jika jenis sirih gading yang satu ini lebih cocok ditempatkan di area-area luar ruangan seperti taman, halaman, rooftop, dan lain sebagainya.

Kamu pun tidak akan terlalu kesulitan untuk menjumpai Sirih Gading Marble Queen dipasaran.

6. Sirih Gading Philo Brazil

Tentunya kamu sudah sering melihat bendera Negara Brazil bukan? Ya, hal serupa juga akan kamu temui pada jenis Sirih Gading Philo Brazil ini. Pasalnya, daunnya tampil dengan perpaduan warna hijau dan kuning yang membuatnya mirip dengan bendera Brazil.

Untuk keberlangsungan hidupnya, Sirih Gading Philo Brazil memang membutuhkan banyak air ketimbang jenis sirih gading lainnya. Itu artinya, Sirih Gading Philo Brazil harus ditempatkan di area-area yang teduh dan jangan terlalu sering terkena sinar matahari.

7. Sirih Gading Jade Pothos

Jenis tanaman sirih gading berikutnya yang akan dibahas, yakni bernama Sirih Gading Jade Pothos. Menurut kabar yang beredar, cara perawatan pada Sirih Gading Jade Pothos ini adalah yang paling mudah diantara jenis sirih gading lainnya lho.

Meski asal-usulnya dari kawasan Polynesia, namun Sirih Gading Jade Pothos juga banyak kita jumpai di kawasan tropis. Daun sirih Gading Jade Pothos tampil dengan bentuk menyerupai hati yang berwarna hijau gelap.

Pada umumnya, cara penanaman Sirih Gading Jade Pothos akan dilakukan di dalam pot yang kemudian digantung di area pekarangan rumah.

Demikianlah ulasan singkat beberapa jenis tanaman sirih gading. Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk merawat salah satu jenis tanaman sirih gading tersebut?

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top