7 jenis tanaman hias beracun

Hati-hati! Inilah 7 Jenis Tanaman Beracun yang Wajib Diwaspadai

Salah satu cara untuk menghadirkan nuansa yang asri dan alami pada sebuah hunian, yakni denan menempatkan beragam jenis tanaman hias. Ya, tanaman hias tersebut bisa kita tempatkan di dalam maupun luar ruangan rumah.

Dengan begitu, maka tampilan rumah kita akan lebih sedap dipandang. Disamping dapat mempercantik tampilan rumah, keberadaan tanaman hias juga berfungsi sebagai pengusir polutan berbahaya dari polusi.

Hasilnya, udara di sekitar rumah akan tampak lebih bersih dan menyehatkan. Namun tahukah kamu? ternyata ada beberapa jenis tanaman hias yang memiliki kandungan racun berbahaya lho.

Tanaman hias apa sajakah itu?

Nah, biar kalian gak penasaran, mending kita simak saja langsung pembahasannya di bawah ini.

Jenis-jenis Tanaman Hias yang Memiliki Kandungan Racun

1. Digitalis Purpurea (Foxglove)

Digitalis Purpurea

Jenis tanaman hias beracun pertama yang wajib kamu waspadai, yakni bernama Digitalis Purpurea atau Foxglove. Tanaman yang satu ini tampil dengan bentuk menyerupai lonceng, serta dibalut oleh warna ungu.

Dibalik tampilannya yang begitu cantik, ternyata Digitalis Purpurea memiliki kandungan glikosida yang bersifat racun. Apabila tanaman ini sampai tertelan, maka kamu bisa mengalami berbagai gejala, seperti mual, muntah, sakit kepala, diare, hingga delirium.

Baca Juga : 6 Jenis Tanaman Hias yang Harganya Bisa Bikin Kamu Terpesona

Bukan hanya itu, ciri lain dari orang yang keracunan Digitalis Purpurea ini juga bisa berupa denyut nadi lemah, tremor, kejang-kejang, dan bisa menyebabkan gangguan pada irama jantung yang mematikan!

2. Rhubarb

Rhubarb

Pada dasarnya, bagian batang Rhubarb bisa dikonsumsi atau di olah menjadi beragam jenis makanan lezat. Namun, hal tersebut tidak berlaku pada daunnya. Pasalnya, bagian daun Rhubarb memiliki kandungan racun yang cukup berbahaya lho!

Menurut informasi yang didapat, seseorang yang keracunan daun Rhubarb ini akan mengalami gangguan fungsi ginjal.

3. Dieffenbachia (Sri Rejeki)

Dieffenbachia

Dieffenbachia atau yang biasa kita sebut dengan nama sri rejeki, termasuk juga salah satu jenis tanaman hias yang mengandung racun berbahaya. Racun pada tanaman sri rejeki ini terdapat pada bagian daun, getah, dan batangnya.

Berdasarkan dari hasil penelitian, tanaman sri rejeki mengandung zat kalsium oksalat yang bisa menyebabkan gatal-gatal pada bibit dan lidah. Tak Cuma itu, orang yang terkena racun tersebut juga bisa mengalami kejang-kejang.

4. Bunga Lily

bunga lily

Para pecinta tanaman hias mana sih yang tidak kenal dengan Bunga Lily? Tentu saja kita semua sudah tidak asing lagi dengan bunga yang memiliki tampilan cantik ini. Bunga Lily pada umumnya tampil dengan warna putih polos tanpa corak, sehingga membuatnya terlihat anggun dan elegan.

Artikel Populer Lainnya : Jenis-jenis Tanaman Hias Terpopuler 2021

Namun, kamu jangan sampai terpedaya oleh tampilan cantiknya. Sebab, jika Bunga Lily ini sampai tertelan akan menimbulkan sensasi terbakar pada mulut dan tenggorokan. Adapun mengenai gejala lain yang diakibatkan oleh racun Bunga Lily, seperti muntah-muntah hingga sakit perut.

Jika Bunga Lily ini tertelan oleh hewan peliharaan seperti kucing, maka jangan harap kucing kesayanganmu itu akan berumur panjang. Pasalnya, ia akan mengalami gagal ginjal dan berujung pada kematian.

5. Daffodil

Daffodil

Indah, cantik, dan anggun, itulah kesan-kesan yang tergambar pada sebuah bunga bernama Daffodil. Bunga Daffodil kerap disebut dengan nama narcissus, yang juga termasuk salah satu jenis tanaman hias beracun.

Menurut kabar yang beredar, racun pada bunga yang berwarna kuning ini terdapat di bagian akarnya. Ketika akar bunga Daffodil termakan, maka kita akan mengalami masalah pencernaan seperti muntah-muntah dan diare.

Bukan hanya itu, adapun mengenai masalah lain yang akan kita alami akibat racun Daffodil, diantaranya seperti tekanan darah tinggi, tremor, hingga gangguan irama jantung.

6. Sanseviera (Lidah Mertua)

Sanseviera

Memang tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa Lidah Mertua merupakan salah satu jenis tanaman hias terpopuler saat ini. Biasanya Lidah Mertua akan ditanam didalam pot dan ditempatkan di dalam maupun luar ruangan.

Kadar kandungan racun pada Lidah Mertua ini memang tidak setinggi tanaman hias beracun diatas tadi. Namun, tetap saja kamu harus waspada terhadap efek samping dari racun Lidah Mertua. Pasalnya, kandungan racun Lidah Mertua bisa menyebabkan muntah-muntah dan diare.

Baca Juga : Manfaat Merawat Tanaman Lidah Mertua

7. ZZ Plant (Tanaman Dolar)

Jenis tanaman hias berikutnya yang wajib kamu waspadai, yakni bernama ZZ Plant alias Tanaman Dolar. Tanaman hias yang satu ini pada umumnya ditempatkan di sudut-sudut ruangan rumah. Berdasarkan dari hasil penelitian, Tanaman Dolar memiliki zat oksalat yang bisa menimbulkan iritasi dan gatal-gatal pada kulit.

Ketika kamu menyentuh Tanaman Dolar secara tidak sengaja maupun disengaja, maka segera cuci tanganmu dengan air dan sabun hingga bersih.

Demikianlah ulasan singkat mengenai 7 jenis tanaman hias yang memiliki racun, sehingga kamu bisa mempertimbangkan lagi sebelum membeli dan merawatnya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top