tips memilih cat tembok

Begini Cara Memilih Cat yang Sesuai Dengan Hunian

Untuk menciptakan sebuah hunian yang nyaman dan indah dilihat, tentu saja warna cat dinding yang menjadi pemeran utamanya. Ya, terang saja demikian, sebab warna cat dinding dapat menciptakan berbagai nuansa, mulai dari nuansa alami, sejuk, kehangatan, ceria, formal, dan lain sebagainya.

Akan tetapi, dalam memilih warna cat dinding yang sesuah dengan hunian itu tidak semudah yang dibayangkan lho. Tapi kalian tidak perlu khawatir, karena pada kesempatan kali ini akan memberikan beberapa cara memilih cat yang sesuai dengan hunian.

Maka dari itu, simaklah baik-baik ulasannya di bawah ini.

Tips Memilih Cat Dinding yang Sesuai Dengan Hunian

1. Menentukan Konsep Rumah

Menentukan Konsep Rumah

Untuk tahap pertama yang harus dilakukan, yakni menentukan warna cat rumah dengan memahami konsep yang diinginkan. Sebagai contohnya, untuk tipe rumah minimalis biasnya menggunakan warna cat yang netral dan monokrom.

Lain halnya dengan gaya rumah klasik, dimana cat yang umumnya digunakan adalah warna rustic atau kombinasi brown dan gold. Disamping itu, kamu juga harus memahami warna cat dinding yang sesuai dengan konsep maupun desain interior yang diinginkan.

Artikel Menarik Lainnya : Tips Mendesain Apartemen Studio yang Nyaman dan Modern

2. Pahami Jenis Warna yang Dapat Digunakan Sebagai Cat Rumah

Pahami Jenis Warna yang Dapat Digunakan Sebagai Cat Rumah

Perlu kalian ketahui, memahami berbagai dan mood warna cat bisa membantu dalam menentukan cat warna terbaik bagi hunian rumah lho. Ya, terlebih karena setiap ruangan mempunyai kesan atau mood yang dibangun.

Sebagai contohnya, untuk ruangan dengan kesan yang ceria, maka kamu bisa menggunakan warna-warna terang seperti kuning, merah muda, hijau, atau biru. Jika ingin mendapatkan nuansa elegan, kamu pun dapat menggunaan cat dinding berwarna monokrom seperti abu-abu, hitam, dan putih.

3. Pertimbangkan Perbedaan Warna Cat Rumah Antar Ruangan

Sebagai satu kesatuan, tentu saja faktor keselarasan warna antar ruangan dalam sebuah hunian menjadi hal yang wajib diperhatikan. Mengapa demikian? pasalnya, dengan komposisi yang seimbang maka akan membuat tampilan rumahmu tampak terlihat lebih serasi dan menakjubkan.

Baca Juga : Inilah Warna Keramik yang Cocok Untuk Ruang Tamu

4. Coba Aplikasikan Warna Cat Rumah Mulai Dari Daerah yang Kecil

Apabila kamu belum merasa yakin dengan warna cat rumah, maka kamu bisa mencoba warna yang diinginkan pada bagian dinding yang tidak terlalu luas. Dalam pengujian warna tersebut juga bisa menjadi bahan pertimbangan, apakah warna cat yang diinginkan sudah sesuai dengan harapan.

5. Menyelaraskan Skema Monokrom

Salah satu trik guna menyelaraskan warna secara maksimal, yakni dengan mengetahui warna monokromatik. Lantas, apa yang dimaksud dengan monokromatik? Perlu kalian ketahui, skema warna monokromatik ini adalah dasar warna tunggal untuk dijadikan landasan desain warna ruangan.

6. Perhatikan Pencahayaan Dalam Memilih Cat Warna yang Sesuai

Tips berikutnya dalam memilih warna cat yang sesuai dengan hunian, yakni memperhatikan pencahayaan, entah itu pencahayaan natural maupun dri lampu. Lampu bohlam yang berwarna kuning biasanya akan membuat tampilan warna kuning, jingga, hingga merah menyala. Sedangkan yang berwarna biru dan hijau cendeung lebih pudar.

Sementara untuk pencahayaan alami, maka intensitas pencahayaan alami dari sinar matahari pagi sampai malam akan dipengaruhi oleh perubahan warna dinding. Mengingat akan hal itu, penting bagi kamu untuk memperhatikan jenis-jenis pencahayaan.

Begitu juga dengan letak jendela, yang memiliki peranan penting dalam menghadirkan warna cat dinding terbaik.

Nah, setelah mengetahui tips memilih warna cat dinding yang sesuai hunian, berikut di bawah ini ada beberapa merk cat dinding terbaik yang direkomendasikan untuk kamu :

Merk-merk Cat Dinding Terbaik

1. Dulux Catylac

Dulux Catylac

Di urutan pertama ada merk Dulux Catylac yang memang sudah tidak perlu dipertanyakan lagi soal kualitas dan kepopulerannya di dunia cat. Produk cat yang satu ini sudah dibekali dengan teknologi chroma-brite, serta tidak mengandung bahan merkuri berbahaya, sehingga sangat aman digunakan.

Bukan hanya itu, bahkan aromanya pun tidak terlalu menyengat setelah digunakan untuk mengecat dinding. Untuk urusan harganya, cat tembok Dulux Catylac dibanderol dengan kisaran harga Rp 110.000 – Rp 1.020.000.

2. Nippon Paint

Nippon Paint

Merk cat tembok asal Jepang ini memiliki formula yang dapat mengurangi kadar VOC (Volatile Organic Compound) hingga nyaris nol. Itu artinya, kamu bisa mendapatkan kinerja yang maksimal meski tanpa polutan atau VOC yang di pancarkan ke udara.

Tak Cuma itu, bahkan penggunaan Nippon Paint ini nyaris tidak tercium baunya, entah itu saat proses pengecatan maupun sesudahnya. Untuk urusan kualitasnya, tentu saja kualitas cat Nippon Paint sudah pasti akan bertahan lama.

Lantas, bagaimana dengan harganya? Menurut informasi yang di dapat, cat Nippon Paint ini dibanderol dengan kisaran harga Rp 55.000 – Rp 769 ribu. 

Baca Juga : Merk Cat Kayu Terbaik

3. Avitex

Avitex

Untuk kamu yang ingin tampilan rumahnya tampak lebih hidup dan berestetika, maka cat Avitex ini merupakan pilihan yang palng tepat. Merk cat yang satu ini menyuguhkan formula baru, sehingga membuanya lebih tahan lama dalam mewarnai dinding rumahmu.

Disamping itu, cat Avitex ini juga begitu mudah diaplikasikan bahkan untuk orang awam sekalipun lho. Menariknya lagi, cat Avitex sudah terbukti mudah dicuci saat kotor, cepat kering, hingga tidak akan mudah memudar.

Jika berminat, cat Avitex ini bisa kamu dapatkan dengan harga sekitar Rp 29 ribu – Rp 499 ribuan.

4. Jotun

jotun

Meski namanya tidak sepopuler merk-merk cat diatas tadi, namun kualitas cat Jotun ini juga tidak bisa dianggap enteng. Apabila kamu mempunyai anak yang hobi mencorat-coret tembok, maka cat Jotun ini menjadi jawabannya.

Pasalnya, cat Jotun tersebut sangat mudah dibersihkan dari berbagai kotoran serta memiliki sifat yang anti jamur. Bahkan cat Jotun juga mudah diaplikasikan dan kadar VOC-nya cukup rendah. Untuk urusan harganya, cat Jotun ini dibanderol dengan kisaran Rp 55.900 – Rp 1.198.500.

5. No Drop

No Drop

Apakah dinding di rumahmu sering rembes atau mengalami kebocoran? Jika iya, maka masalah tersebut bisa kamu atasi dengan menggunakan cat No Drop. Hal itu bukan tanpa alasan, mengingat cat No Drop merupakan cat pelapis anti bocor yang mempunyai sifat elastis, kedap air, dan tahan terhadap perubahan cuaca ekstrim.

Mengingat akan hal itu, tentu saja cat No Drop sangat cocok diaplikasikan pada semua jenis permukaan, seperti dinding, asbes, beton, galvanis, bahkan pada permukaan terakota. Soal harga, cat No Drop ini dibanderol dengan kisaran Rp 40.000 – Rp 785.000.

6. Decolith

Merk cat tembok terbaik berikutnya yang direkomendasikan untuk kamu, yakni Decolith. Produk cat yang satu ini benar-benar berkualitas dan ramah lingkungan, karena bahan dasarnya adalah air serta bebas timbal dan merkuri. Mengenai harganya, cat Decolith dibanderol Rp 107.000 – Rp 521.000.

Nah, itulah beberapa merk cat tembok terbaik yang paling recommended, sehingga bisa kamu jadikan sebagai bahan referensi.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top