5 Jenis Lantai Kayu Outdoor, Yang Tidak Banyak Di Ketahui Keindahannya

lantai kayu outdoor

jenis lantai kayu outdoor – Sebenarnya penggunaan lantai tak hanya berlaku untuk area indoor saja, melainkan juga untuk area outdoor. Walaupun begitu, area luar ruangan menjadi opsi untuk membuat tampilan hunian semakin indah. Makanya tampilan outdoor menjadi paling disoroti untuk menambah nilai estetika dan memerikan kenyamanan.

Ada berbagai jenis material yang tidak banyak di ketahui, padahal penggunaan lantai outdoor bisa memberikan pengaruh besar terhadap nilai – nilai desain eksterior sebuah hunian. Ketika sebuah hunian menampilkan keindahannya dan kenyamanan pada hunia.

Ada bahan lantai outdoor yang berasal dari kayu keras yang tidak banyak orang tidak tau. Contohnya kayu solid seperti kayu jati, bengkirai, merbau, keruing dan rengas. Tidak hanya bahan kayu saja, ada bahan sitensis seperti lantai kayu sintesis outdoor atau lantai motif kayu outdoor. jenis kayu yang digunakan sebagai lantai outdoor tentunya harus memiliki spesifikasi yang mumpuni.

Dengan kata lain, hanya jenis-jenis kayu tertentu saja yang dinilai cocok untuk dijadikan sebagai bahan lantai outdoor.

Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi mengenai jenis lantai kayu outdoor yang  terbaiknya, yuk kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

Apa Itu Decking Kayu ?

Decking kayu salah satu produk yang terbuat dari kayu solid untuk lantai yang berada di area terbuak yaitu luar ruangan (outdoor), Biasanya decking kayu disebut sebagai lantai kayu outdoor oleh masyarakat indonesia. dimana material ini digunakan untuk bahan penutup lantai. Hampir dengan parket tapi decking kayu dibuat khusus untuk area terbuka.

Ada lantai kayu outdoor unggulan yang bisa menjadi pilihan yang bisa menjadi gambaran. simak sekarang

5 Lantai Kayu Outdoor Terbaik

1. Decking Kayu Ulin

Decking Kayu Ulin

Berbicara soal jenis kayu yang mempunyai tekstur keras, maka decking kayu ulin ini adalah jawabannya. Hal itu bukan tanpa alasan, karena kayu khas Kalimantan yang satu ini memiliki tekstur sekeras besi. Itu sebabnya, mengapa kayu ulin juga kerap dijuluki dengan nama Kayu Besi.

Dikarenakan teksturnya yang sekeras besi, tentu saja kayu ulin sangat tidak disukai oleh hama rayap sehingga cocok dijadikan bahan baku untuk produk decking (lantai kayu outdoor).

Tak hanya tahan terhadap serangan rayap, decking kayu ulin juga sudah terbukti tahan terhadap perubahan cuaca ekstrim. Mengingat akan hal itu, maka tak heran jika deck kayu ulin sangat ideal diaplikasikan untuk area outdoor, seperti halaman, rooftop, balkon, hingga pinggiran kolam.

Baca juga :

2. Decking Kayu Merbau

Kabarnya, Kayu merbau banyak dijumpai di daerah Kalimantan dan Papua. Namun, kualitas kayu merbau Papua dinilai lebih bagus ketimbang kayu merbau Kalimantan.

Decking Kayu Merbau

Decking Kayu Merbau tampil dengan warna merah kecokelatan yang memiliki pola serat berbentuk lurus. Tentu saja penggunaan Decking Kayu Merbau dapat menghadirkan kesan yang lebih mewah, elegan, namun masih tetap natural.

Selain menampilkan kesan indah, Decking Kayu Merbau juga sudah terbukti tahan terhadap serangan rayap maupun perubahan cuaca ekstrim.

Akan tetapi, terdapat satu kekurangan dari Decking Kayu Merbau yang harus diketahui. Decking Kayu Merbau ini biasanya akan mengeluarkan getah saat terkena air, sehingga tekstur permukaannya akan terasa lengket saat dipijak dengan kaki telanjang.

Namun kamu tidak perlu khawatir, karena getah tersebut akan hilang dengan sendirinya paling cepat dalam waktu 2 minggu, dan paling lambatnya sekitar 1 – 2 bulan.

Baca Selengkapnya :  Perbandingan Kayu Bengkirai dan Ulin yang Harus Kamu Ketahui

3. Decking Kayu Bengkirai

Decking Kayu Bengkirai

Decking kayu bengkirai memiliki ciri khas yang bisa terlihat dari tampilannya yang berwarna kuning cerah. Itu sebabnya, mengapa kayu bengkirai lebih dikenal dengan istilah Yellow Balau.

Dinilai dari tingkat kekerasannya, decking kayu bengkirai imemiliki tekstur yang begitu padat dan keras sehingga membuatnya tidak mudah ditembus oleh rayap.

Seperti halnya decking kayu ulin, yang mana decking kayu bengkirai juga sering diaplikasikan di area luar ruangan, seperti pinggiran kolam renang, taman, halaman, rooftop, dan lain sebagainya.

Baca lengkapnya : Lantai Vinyl Informasi Harga dan Berbagai Motif kayu Menarik

4. Decking Kayu Keruing

Decking Kayu Keruing

Untuk tampilan fisiknya, deck kayu keruing (kruing) ini memang cukup berbeda dengan jenis decking kayu merbau. Pasalnya, decking keruing memiliki ciri khas dari tampilan warnanya yang cenderung agak gelap dari jenis decking kayu lainnya.

Tak hanya cocok dipasang pada pinggiran kolam renang, decking keruing juga bisa kamu apikasikan di area outdoor lainnya seperti taman, halaman, balkon, dan rooftop.

Baca juga lengkapnya : Berbagai Produk Lantai Kayu Murah yang Paling Recommended!

5. Decking Kayu Rengas

Decking Kayu Rengas

Jenis lantai kayu outdoor terbaik berikutnya yang akan dibahas, yakni berupa decking kayu rengas. Ya, kayu ini mempunyai ciri khas dari tampilannya yang mengusung warna merah darah, serta memiliki tekstur kasar dan berpola serat lurus.

Mengenai spesifikasinya, tingkat kekerasan, keawetan, dan kekuatan kayu rengas ini termasuk kedalam kategori kelas 2.

Itu artinya, kualitas decking kayu rengas berada di bawah jenis decking kayu yang sudah disebutkan pada poin diatas tadi. Secara otomatis, harga decking kayu rengas pun lebih murah ketimbang jenis decking kayu lainnya.

Lantai Kayu Sintetis Outdoor

Lantai Kayu Sintetis Outdoor

Jenis bahan ini sebagai alternatif dari kayu solid. Biasanya mengenal sebagai WPC atau Decking WPC (wood Plastic Composite). Sebuah decking composite terbuat dari lantai kayu sintetis meniru tampilan kayu alami namu lebih tahan lama dan mudah di rawat.

Kelebihan dari lantai outdoor sitentis tidak kalah kuatnya dengan kayu solid. Karena WPC juga bisa memberikan kesan yang alami dan estetika. Keunggulan paling utama yaitu memiliki banyak jenis varian dan pilihan yang bisa Anda piih sesuai temanya.

Desain lantai kayu sintesis outdoor

Pertanyaan Yang Sering ditanyakan Oleh Orang – Orang Tentang Lantai Kayu Outdoor

Apa Decking Kayu Cocok Untuk Outdoor ?

Decking kayu sering dirancang khusus untuk area luar ruangan, biasanya material ini digunakan untuk tereas, taman, gazebo dan pinggiran kolam renang. Terkadang juga sebagai pelapis lantai untuk kitchen set outdoor.

Material ini tahan terhadap cuaca, perubahan suhu dan kelembaban. Sehingga tampilan terkesan cocok untuk desain rumah apapun.

Keunggulan Lantai Outdoor Untuk Hunian ?

Desain eksterior memberikan kesan nuasan hangat dan nyaman. Deck berbahan kayu mempunyai ketahanan terhadap cuaca, bisa di coating ulang bila, jika warna sudah pudar dan banyak lagi keuntungan yang bisa didapatkan.

Jenis Yang sering Digunakan untuk Lantai outdoor ?

Ada beberapa jenis kayu yang sering digunakan yaitu kayu jati, ulin, merbau dan bengkirai. Jensi kayu ini mempunyai ketahanan terbaik terhadap cuaca eksterem dan serangan serangga. Contohnya kayu jati mengandung minyak alami terhadap terhadap air dan rayap. Ulin mempunyai ketahan keras dan kuat terhadap kelembapan tinggi.

Bagaimana merawat lantai outdoor ?

Merawat lantai outdoor tidaklah sulit, tetapi membutuhkan kerutinan. Contohnya membersihkan kotoran, debu  setipa hari. Hindari genangan air yang berada di permukaan lantai. Lakukan pelapisan ulang dnegan minyak kayu setiap 6-12 bulan.

Apakah lantai berbahan kayu bisa tahan cuaca ekstrem ?

Tergantung dari jenis kayu yang digunakan, Jika kayu jati, ulin dan bengkirai sangat bertahan terhadap cuaca ekstrem seperti panas, hujan, suhu drastic. Tetapi anda perlu menambah pelapisan tambahan seperti anti air atau perlindungan UV.

Berapa biaya pemasangan lantai di outdoor ?

Biaya pemasangan deck kayu di outdoor cukup variasi muali dari jenis kayu jati atau ulin. Harganya bisa sekitar :

  • pasang Decking Pagar = Rp 270.000 per meter
  • pasang  Decking Kayu diatas Lantai = Rp 180.000 per meter
  • pasang Decking di Tembok atau Dinding = Rp 210.000 per meter

Apakah Deck kayu aman dari rayap dan hama ?

Ya, lantai kayu outdoor aman terhadap seranggan rayap dan hama. Dengna anda memilih penyedia decking kayu yang tepat bisa mendapatkan kualitas premium. Kayu memiliki kandungan minyak alami tapi anda bisa memberikan pengoles anti rayap yang bisa memperpanjang umur

Apakah kayu merbau atua bengkirai cocok untuk area luar ruangan ?

Kayu merbau dan bengkirai adalah pilihan yang bagus untuk area outdoor. Keduanya memiliki kekerasan dan ketahanan yang baik terhadap cuaca. Merbau memiliki warna merah dan memiliki serat yang kuat sementara bengkirai dikenal karena ketahanan terhadap kelembapan dan eprubahan suhu. Keduannya cukup tahan untuk area luar ruangan.

Kontak Konsultasi Lantai Kayu

bermutu6

Kontak: 0812-1001-419

WhatApp: 0812-1001-419

Lokasi: Jual lantai kayu,  Rajawali Parquet Fatmawati, Jl. RS. Fatmawati Raya â„–39, Cilandak Bar., Kec. Cilandak, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12430

Scroll to Top