mengenal lantai SPC

Ingin Gunakan Lantai SPC? Ketahui Dulu Kelebihan dan Kekurangannya

Membahas soal kebutuhan lantai memang tidak pernah bisa dipisahkan dari dunia konstruksi. Pada umumnya, lantai menjadi material yang akan dikerjakan di akhir setelah semuanya selesai.

Penggunaan lantai tidak hanya memberikan rasa nyaman untuk pijakan kaki, melainkan juga dapat meningkatkan nilai estetika pada hunian itu sendiri.

Akan tetapi, nilai estetika tersebut tergantung lagi pada jenis material lantai yang digunakan. Hal itu bukan tanpa alasan, karena pada setiap jenis material lantai tampil dengan karakteristik tersendiri, mulai dari tingkat kekuatan, motif, warna, bentuk, hingga harganya.

Nah, secara kebetulan juga pada kesempatan kali ini akan membahas salah satu material lantai yang bernama lantai SPC.

Apa yang Dimaksud Dengan Lantai SPC…???

mengenal lantai SPC

Istilah SPC itu merupakan singkatan dari Stone Plastic Composite, dimana ia merupakan produk lantai sintetis yang terbuat dari bahan limestone (batu kapur) untuk membuat dasar lantai yang kokoh dan kuat. Adapun materialnya yang terdiri dari berbagai campuran bahan, seperti batu kapur, serbuk PVC, dan stabilizer.

Dinilai dari strukturnya, lantai SPC terbagi menjadi 4 bagian lapisan. Untuk lapisan pertama adalah wear layer yang berfungsi sebagai pelindung dari goresan dan noda pada permukaan lantai SPC, sedangkan lapisan kedua berupa printing film yang berperan sebagai warna atau pola dari lantainya.

Pada lapisan ketiga adalah SPC Core yang berupa papan terbuat dari bahan limestone, dan berguna untuk menjaga stabilitas dari keseluruhan lantai SPC. Adapun mengenai lapisan keempat bernama underlayment yang berupa busa, dimana ia memiliki sifat optional.

Itu artinya, ada tipe produk lantai SPC yang menggunakan underlayment dan ada juga yang tidak menggunakan underlayment.

Lantai SPC pun menjadi salah satu alternatif terbaik untuk menggantikan peran lantai kayu solid, karena harga yang ditawarkannya memang lebih murah. Meski harganya lebih murah, namun lantai SPC memiliki segudang keunggulan lho.

Keunggulan Lantai SPC

1. Tidak Mudah Memuai

kelebihan lantai SPC - tidak mudah memuai

Keunggulan pertama dari lantai SPC yang akan dibahas, yakni tidak mudah mengalami pemuaian. Ya, terang saja demikian, sebab material lantai SPC mengandung bahan PVC yang membuatnya tahan terhadap perubahan cuaca ekstrim.

Hasilnya, lantai SPC ini tidak akan mudah mengalami pemuaian meski sering terkena paparan sinar matahari. Itu sebabnya, mengapa lantai SPC dapat diaplikasikan pada hampir semua ruangan rumah.

2. Tidak Membutuhkan Perawatan Khusus

kelebihan lantai SPC - tidak membutuhkan perawatan khusus

Selain tingkat pemuaiannya yang tergolong rendah, cara perawatan terhadap lantai SPC ini juga tergolong mudah lho. Bagaimana tidak, sebab kita hanya perlu menyapu dan mengepelnya saja seperti biasa.

Lain halnya dengan jenis lantai kayu solid, yang mana ia membutuhkan perawatan khusus guna menjaga kekuatannya agar tetap stabil. Kendati demikian, ternyata ada beberapa trik tertentu yang membuat cara merawat lantai kayu solid menjadi lebih mudah lho.

Artikel Terkait : Tips Mudah Merawat Lantai Kayu

3. Tahan Terhadap Air

kelebihan lantai SPC - tahan terhadap air

Memang tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa hampir sebagian besar produk-produk lantai kayu sintetis sudah dibekali dengan fitur anti air. Begitu juga dengan lantai SPC yang memiliki sifat anti air, sehingga ia sangat cocok diaplikasikan pada area yang memiliki tingkat kelembapan tinggi seperti dapur.

4. Bisa Dipasang Pada Permukaan yang Kurang Rata

kelebihan lantai SPC - bisa dipasang pada permukaan yang tidak rata

Inilah salah satu keunggulan lantai SPC yang tidak dimiliki oleh produk lantai kayu sintetis lainnya, termasuk lantai vinyl. Sehingga tak heran, jika lantai SPC bisa dipasang pada permukaan yang kurang rata.

Tentu saja hal tersebut juga akan sangat membantu dalam proses pemasangan yang menjadi lebih mudah dan simple.

Artikel Menarik Lainnya : Ide Dekorasi Ruang Billiard yang Menakjubkan

5. Mengusung Tampilan yang Realistis

kelebihan lantai SPC - tampilan yang realistis

Selain menyediakan motif kayu, lantai SPC juga menyediakan berbagai varian motif lainnya sehingga dapat kita pilih yang sesuai dengan konsep rumah. Adapun varian motif lainnya dari lantai SPC, mulai dari bebatuan, keramik, pecahan kaca, dan masih banyak lagi.

6. Proses Pemasangan yang Lebih Mudah

kelebihan lantai SPC - proses pemasangan yang lebih mudah

Seperti yang sudah disebutkan pada ulasan diatas tadi, bahwa lantai SPC dapat dipasang pada permukaan yang tidak rata.Proses pemasangan lantai SPC memang cukup mudah dan tidak akan memakan banyak waktu, sehingga sangat direkomendasikan bagi kamu yang ingin mendapatkan tampilan lantai baru dengan proses pengerjaan cepat.

7. Menawarkan Harga yang Lebih Murah Dari Lantai Kayu Solid

kelebihan lantai SPC - menawarkan harga yang lebih murah

Keunggulan berikutnya dari lantai SPC yang harus kamu ketahui, yakni menawarkan harga yang jauh lebih murah dari lantai kayu solid. Itu sebabnya, mengapa lantai SPC selalu menjadi pilihan utama sebagai alternatif pengganti lanti kayu solid.

Kekurangan Lantai SPC

Dibalik berbagai keunggulan yang dimilikinya, ternyata ada beberapa kekurangan dari lantai SPC yang tentunya harus kamu pertimbangkan. Lantas, seperti apa sajakah kekurangan dari lantai SPC…???

1. Tidak Sepenuhnya Tahan Terhadap Air

Walaupun produk lantai SPC diklaim memiliki 100% tahan terhadap air, namun ia tidak bisa direndam pada air dalam waktu yang cukup lama. Misalkan saat terjadi banjir, yang mana genangan airnya dapat membuat lantai SPC menjadi mudah rusak.

Untuk kamu yang tinggal dikawasan rawan banjir, maka lantai SPC ini tidak direkomendasikan sehingga penggunaan lantai kayu solid merupakan pilihan yang paling tepat.

Baca juga : Harga Lantai Kayu Terbaru 2021

2. Memiliki Kandungan Logam Berat

Kekurangan dari lantai SPC yang akan dibahas, yakni memiliki kandungan logam berat dan tentu saja kurang bagus untuk kesehatan tubuh manusia. Namun, masalah ini hanya berlaku bagi produk lantai SPC yang harganya murah saja.

Berbeda dengan lantai SPC yang harganya mahal, dimana ia memiliki kualitas yang lebih bagus serta kandungan logam beratnya tidak terlalu banyak.

3. Tidak Boleh Terpapar Sinar Matahari Dalam Waktu yang Lama

Selain tidak boleh terendam air dalam waktu yang lama, ternyata lantai SPC tidak boleh terpapar sinar matahari dalam waktu yang lama juga lho. Itu sebabnya, mengapa lantai SPC tidak cocok diaplikasikan di area outdoor alias luar ruangan.

Untuk penggunaan pada area-area indoor tertentu seperti jendela atau balkon, sebaiknya kamu menggunakan tirai untu melindungi lantai SPC dari paparan sinar matahari secara langsung.

Tips Memilih Lantai SPC

  • Tentukan Motif yang Sesuai Konsep Hunian

Seperti yang sudah disebutkan pada ulasan diatas tadi, bahwa produk lantai SPC menyediakan berbagai motif. Apabila kamu ingin mengusung konsep natural dan alami, sebaiknya pilih lantai SPC yang bermotif kayu atau bebatuan.

  • Perhatikan Kualitasnya

Kualitas lantai SPC yang bagus itu dinilai dari tingkat fleksibilitas, dimana ia tidak akan mengalami keretakan saat dibengkokan.

  • Pilihlah Lantai SPC Dengan Merk-merk Ternama

Kualitas lantai SPC yang bagus itu tentunya hanya ada pada merk-merk ternama saja.

Untuk kamu yang ingin mendapatkan produk lantai SPC yang berkualitas dan bermerk, silahkan hubungi marketing kami di nomor 0812 1001 419 (Tisna).

Demikianlah ulasan singkat seputar lantai SPC, sehingga bisa kamu jadikan sebagai bahan pertimbangan sebelum membelinya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top