keistimewaan kayu kempas

Ingin Tahu Keistimewaan Kayu Kempas? Yuk, Kita Kepoin

Memang tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa kayu merupakan salah satu jenis material yang memiliki sifat multifungsi. Hal itu pun terbukti, yang mana material kayu kerap diandalakan untuk berbagai kebutuhan, mulai dari konstruksi, interior, eksterior, furniture, kerajinan tangan, dan masih banyak lagi.

Dengan sifatnya yang multifungsi, maka tak heran juga jika material yang satu ini sangat mudah kita jumpai dipasaran. Harga dan kualitas yang ditawarkannya pun berbeda-beda, karena tergatung dari jenis kayunya.

Pada umumnya, semakin mahal harga yang ditawarkan, maka akan semakin bagus pula kualitas dari kayu tersebut. Dari sekian banyaknya jenis kayu yang ada di Indonesia, pada kesempatan kali ini akan membahas salah satunya yakni kayu kempas.

Nah, untuk mengenal lebih jauh lagi mengenai kayu kempas, mending kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

Penyebaran Pohon Kempas

penyebaran pohon kempas

Pohon kayu kempas tumbuh subur di beberapa kawasan Asia Tenggara, seperti Indonesia, Malaysia, Brunei Darussalam, dan sekitarnya. Untuk keberadaannya di Indonesia, pohon kempas ini bisa kita jumpai di daerah Sumatera, Kalimantan, dan Bangka Belitung.

Dengan kata lain, pohon kayu kempas jarang ada di kawasan Pulau Jawa dan Sulawesi. Itu sebabnya, mengapa kayu kempas kerap disebut dengan istilah kayu Kalimantan dan Sumatera.

Pohon kempas pada umumnya tumbuh dengan ketinggian mencapai sekitar 30 – 40 meter, sementara ukuran panjang batangnya bisa mencapai 25 meter dengan diameter sekitar 120 cm.

Karakteristik Kayu Kempas

karakteristik kayu kempas

Kulit bagian luar kayu kempas tampil dengan warna kelabu atau putih kekuningan, namun ada sebagian lagi yang tampil dengan warna merah kecoklatan. Menurut informasi yang didapat, tingkat kekerasan pada kayu kempas ini tergolong sangat tinggi dan memiliki struktur terpadu.

Nah, karena hal itulah yang membuat proses pengolahan kayu kempas tergolong sulit, sehingga membutuhkan bantuan alat khusus seperti gergaji pita. Meski demikian, kayu kempas ini sangat baik saat di serut menggunakan mesin.

Namun, hasil serutannya memang tidak sehalus kayu pada umumnya. Setelah melalui proses penyerutan, biasanya permukaan kayu kempas akan di dempul terlebih dulu sebelum di plitur dan di hamplas.

Artikel Menarik Lainnya : Ketahui Keunggulan dan Kekurangan Kayu Rengas

Tingkat Kekerasan dan keawetan Kayu Kempas

Dalam industri perkayuan, kayu kempas ini memiliki tingkat kekerasan yang termasuk kedalam kelas I dan kelas II. Adapun tingkat keawetannya yang termasuk kedalam kelas III. Meski tergolong rendah, namun bukan berarti juga bahwa kayu kempas tidak cocok untuk kebutuhan konstruksi.

Lantas, seperti apa sajakah manfaat dari kayu kempas…???

Berbagai Pemanfaatan kayu Kempas

1. Lantai Kayu

manfaat kayu kempas - lantai kayu parket

Pemanfaatan pertama dari kayu kempas yang akan dibahas, yakni dijadikan sebagai bahan baku untuk pembuatan lantai kayu. Hal itu bukan tanpa alasan, karena penggunaan lantai kayu kempas ini dapat menghadirkan nuansa yang lebih mewah, elegan, dan natural.

Baca Juga : Info Harga Lantai Kayu Parket Terbaru 2021

Selain dapat memperindah tampilan rumah, ternyata penggunaan lantai kayu kempas juga sudah terbukti memiliki dampak yang bagus untuk kesehatan tubuh lho.

Hal itu bukan tanpa alasan, karena lantai kayu mempunyai kemampuan yang dapat menyerap energy panas untuk kemudian dialirkan ke dalam ruangan. Hasilnya, ruangan di dalam rumah akan tetap terasa hangat meski ditengah-tengah musim dingin.

Pastinya hal tersebut sangat bagus bagi mereka yang memiliki riwayat penyakit tertentu, seperti penyakit rematik. Itu sebabnya, mengapa lantai kayu banyak di aplikasikan pada hunian-hunian yang berada di dataran tinggi seperti puncak.

2. Rangka Atap Rumah

manfaat kayu kempas - rangka atap rumah

Seperti yang sudah disinggung pada ulasan diatas tadi, bahwa tingkat keawetan pada kayu kempas ini tidaklah terlalu diandalkan. Kendati demikian, kayu kempas ini lebih unggul dari tingkat kekerasan dan kekuatannya lho.

Selain tampil dengan teksturnya yang keras dan padat, kayu kempas juga tahan terhadap serangan rayap dan perubahan cuaca. Bahkan yang lebih hebatnya lagi, ternyata tingkat penyusutan dan pemuaian pada kayu kempas ini tergolong minim.

Mengingat akan hal itu, maka tak heran juga jika kayu kempas sangat cocok dijadikan bahan untuk pembuatan rangka atap rumah.

3. Pembuatan Kusen Jendela & Pintu

manfaat kayu kempas - kusen jendela & pintu

Semua kusen jendela dan pintu yang terbuat dari bahan kayu kempas memang menyuguhkan tampilan yang lebih mewah, elegan, dan natural. Itu seabnya, mengapa harga kusen jendela dan pintu kayu kempas selalu dibanderol dengan harga yang lumayan mahal.

Tak hanya sedap dipandang, kusen jendela dan pintu dari kayu kempas ini juga sudah terbukti tahan terhadap perubahan cuaca dan serangan rayap.

Sehingga tak heran, jika jenis kayu yang satu ini sangat ideal dijadikan bahan baku untuk pembuatan kusen jendela dan pintu.

Artikel Terkait : Review Daftar Harga Kusen di Bandung

4. Pembuatan Bantalan Rel Kereta

manfaat kayu kempas - bantalan rel kereta

Selain dijadikan bahan baku untuk pembuatan kusen jendela dan pintu, kayu kempas juga kerap dilibatkan untuk pembuatan bantalan rel kereta api. Ya, terang saja demikian, sebab tingkat penyusutan dan pemuaian pada kayu kempas ini tergolong cukup rendah.

Sehingga tak heran, jika kayu kempas pun kerap dipilih sebagai salah satu jenis kayu untuk dijadikan bantalan rel kereta. Disamping tingkat pemuaian dan penyusutannya yang rendah, kayu kempas juga sudah terbukti tahan terhadap perubahan cuaca maupun serangan rayap.

5. Untuk Pembuatan Produk Furniture

manfaat kayu kempas - produk furniture

Memang tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa Industri futniture tidak bisa lepas dari peranan material kayu. Hal itu bukan tanpa alasan, karena material kayu memiliki banyak keunggulan yang tidak dimiliki oleh jenis material lainnya.

Kayu kempas tak hanya terkenal dengan tingkat kekerasan dan kekuatannya yang begitu baik, namun juga memiliki pola serat dan warna yang benar-benar indah. Itu sebabnya, mengapa kayu kempas selalu menjadi primadona di kalangan para produsen furniture.

Adapun mengenai berbagai produk furniture yang berbahan kayu kempas seperti :

  • kursi
  • rak
  • meja
  • lemari dan lain sebagainya.

Baca juga : Kesalahan Dalam Membeli Furniture yang Harus Dihindari

6. Pembuatan Jembatan

manfaat kayu kempas - pembuatan jembatan

Pemanfaatan berikutnya dari kayu kempas yang akan dibahas, yakni untuk pembuatan jembatan. Menurut kabar yang beredar, konon daya tahan kayu kempas ini bisa mencapai puluhan tahun lamanya lho.

Terlebih jika diberi perawatan yang tepat dan intens, yang mana daya tahan kayu kempas mampu mencapai ratusan tahun. Tak hanya kokoh dan kuat, jembatan yang berbahan kayu kempas juga memiliki tampilan yang begitu memanjakan mata.

Nah, seperti itulah berbagai pemanfaatan kayu kempas untuk berbagai kebutuhan manusia.

Untuk kamu yang tidak ingin ketinggalan informasi seputar dunia property dan lain sebagainya, jangan lupa untuk selalu nongkrong di website Bermutu.id ya…!!!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top