Kesalahan yang Harus Dihindari Saat Memilih Furniture Rumah

Inilah Kesalahan yang Harus Dihindari Saat Memilih Furniture Rumah

Sejatinya tingkat kenyamanan pada sebuah hunian itu tidak selalu seputar desain interior, melainkan juga didukung oleh pemilihan furniture yang tepat. Namun, dalam pemilihan furniture bukanlah perkara yang mudah. Ya, terang saja demikian, sebab ada banyak sekali jenis-jenis furniture yang tersedia dipasaran.

Tentu saja setiap jenis furniture tersebut memiliki fungsi yang berbeda-beda. Bukan hanya itu, masih banyak juga diantara kita yang sering tidak memperhatikan hal-hal penting dalam memilih furniture rumah. Salah memilih furniture, tentu saja kita sendiri yang akan dirugikan, terlebih jika furniture tersebut dibanderol dengan harga mahal.

Lantas, kesalahan apa sajakah yang harus dihindari saat memilih furniture? Nah, biar kalian gak penasaran, mending kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

8 Kesalahan Dalam Memilih Furniture Rumah

1. Menentukan Ukuran Furniture Dengan Keliru

Menentukan Ukuran Furniture Dengan Keliru

Kesalahan pertama yang harus kalian hindari, yakni menentukan ukuran furniture dengan keliru. Maka dari itu, sangat penting bagi kamu untuk mengukur terlebih dulu kapasitas rumahnya. Dalam hal ini, kamu jangan sampai memilih furniture yang ukurannya terlalu besar ataupun terlalu kecil dari interior rumah.

Sebab furniture yang ukurannya terlau besar atau terlalu kecil, tentunya akan terlihat tidak serasi dalam melengkapi interior rumah. Oleh karenanya, alangkah lebih baik lagi jika kamu mencatat ukuran ruangan secara seksama sehingga ukuran interior dengn furniturenya tepat.

Baca Juga : Tips Memilih Kabinet Dapur

2. Memilih Furniture yang Warnanya Tidak Cocok Dengan Interior

Memilih Furniture yang Warnanya Tidak Cocok Dengan Interior

Jangan terlalu fokus pada selera pribadi dalam memilih furniture. Ya, sebab kamu harus mempertimbangkan nuansa interior rumah saat hendak membeli furniture. Hal ini bertujuan agar furniture tersebut tampak lebih serasi dengan nuan interior rumah.

Contohnya untuk rumah yang bergaya minimalis, maka kamu juga harus memilih furniture yang juga bergaya minimalis. Seandainya kamu ingin mengkombinasikan dua gaya yang berbeda, sebaiknya pastikan dulu jika perpaduan tersebut tetap enak untuk dilihat dan nyaman pada interiornya.

Artikel Menarik Lainnya : Tips Memilih Cat yang Sesuai Dengan Hunian

3. Selalu Mengutamakan Furniture yang Harganya Murah

Selalu Mengutamakan Furniture yang Harganya Murah

Pada dasarnya membeli sebuah produk dengan harga yang murah itu bisa lebih menghemat pengeluaran, begitupun dalam memilih furniture rumah. Namun perlu kalian ingat, bahwa harga tidak akan pernah membohongi soal kualitas. Sebab semakin mahal harga dari furniture tersebut, maka akan semakin bagus pula kualitas yang dimilikinya.

Hal itu bukan tanpa alasan, mengingat material pada furniture yang dibanderol dengan harga mahal tentu saja menggunakan bahan-bahan berkualitas premium. Sehingga tak heran, jika furniture mahal ini dapat kita gunakan dalam jangka waktu yang lama. Terutama jika diberi perawatan yang tepat, dimana daya tahannya bisa mencapai puluhan tahun lho.

Coba bandingkan dengan furniture yang harganya murah, dimana daya pakainya tidak akan lama, bahkan daya tahannya ada yang tidak sampai 1 tahun. Oleh karena itu, pilihlah furniture yang harganya mahal agar kualitasnya sudah terjamin.

4. Memilih Furniture yang Fungsinya Minim

Memilih Furniture yang Fungsinya Minim

Kesalahan berikutnya yang harus kamu hindari, yakni memilih furniture yang fungsinya minim. Dengan kata lain pilihlah furniture yang memiliki sifat multifungsi, terlebih untuk kamu yang memang tinggal di sebuah hunian minimalis. Lantas, seperti apakah contoh furniture yang fungsinya minim?

Furniture dengan fungsi minim tersebut bisa berupa meja berukuran yang di tempatkan pada ruang makan, sehingga tidak bisa digunakan untuk aktivitas lainnya. Maka dari itu, pilihlah furniture multifungsi seperti meja makan berukuran kecil, soda bed yang bisa dilipat, dan lain sebagainya.

Dengan memilih furniture berukuran kecil, tentu saja tidak akan memakan banyak kapasitas ruang di rumahmu.

5. Membeli Furniture Tanpa Melihat Fungsinya

Membeli Furniture Tanpa Melihat Fungsinya

Memang tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa adanya diskon produk-produk furniture kerap membangkitkan nafsu kita dalam berbelanja. Sehingga secara tidak sadar, kita telah menghamburkan uang karena membeli banyak produk furniture tanpa melihat untuk apa fungsinya. Hasilnya, pembelian furniture-furniture tersebut bisa dikatakan mubazir lho!

Tentu saja kesalahan fatal yang satu ini harus kamu hindari saat memilih furniture. Dalam hal ini, disarankan bagi kamu untuk mencatat dulu jenis furniture apa sajakah yang dibutuhkan di dalam rumah.

Baca juga : Cara Menghitung Bahan Bangunan Renovasi Rumah

6. Menggabungkan Furniture Tanpa Mempedulikan Modelnya

Menggabungkan Furniture Tanpa Mempedulikan Modelnya

Sebenarnya kamu memang tidak harus langsung membeli satu set furniture, karena bsa kamu gabungkan dengan furniture lama. Akan tetapi, penggabungan furniture tersebut harus mempertimbangkan model serta ukurannya. Oleh karenanya, kamu jangan sampai mengabaikan bentuk atau model dari furniture itu sendiri.

Hal itu bukan tanpa alasan, karena penggabungan furniture yang tidak tepat tentunya akan terkesan berantakan atau bahkan membuat rumah tampak lebih sumpek.

7. Menggunakan Furniture Yang Perawatannya Ribet

Menggunakan Furniture Yang Perawatannya Ribet

Kamu juga tidak boleh lupa untuk mempertimbangkan cara perawatan pada produk furniture sebelum memutuskan untuk membelinya. Ya, terlebih jika kamu mempunyai anak kecil atau hewan peliharaan. Jangan sampai furniture pilihanmu itu mudah kusam dan rusak karena tidak bisa merawatnya.

Menurut informasi yang didapat, furniture yang mudah di rawat itu adalah furniture berbahan kayu. Soalnya, furniture yang berbahan kayu ini tidak membutuhkan perawatan ekstra sehingga tidak akan mengeluarkan banya uang.

8. Tidak Memperhatikan Furniture yang Aman Untuk Anak-anak

Tidak Memperhatikan Furniture yang Aman Untuk Anak-anak

Hal penting berikutnya yang harus kamu ketahui dalam memilih furniture, yakni memperhatikan tingkat keamanan bagi anak-anak. Furniture yang aman untuk anak-anak itu memiliki sudut-sudut tidak runcing, serta tidak mudah pecah ketika tersenggol.

Furniture tersebut tidak hanya aman bagi si kecil, melainkan juga dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama lho.

Nah, seperti itulah beberapa kesalahan yang harus kamu hindari dalam memilih produk furniture.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top