tanaman hias outdoor

Jenis-jenis Tanaman Hias Outdoor yang Akan Memperindah Halaman Rumahmu

Bercocok tanam menjadi salah satu kegiatan positif yang bisa kita lakukan untuk mempercantik tampilah rumah. Ya, terlebih di masa pandemi seperti sekarang ini, yang mana kegiatan bercocok tanam tengah menjadi tren dikalangan masyarakat luas.

Menurut informasi yang didapat, umumnya tanaman hias yang diaplikasikan untuk halaman rumah itu berupa jenis tanaman hias daun atau bunga outdoor yang memang sudah terbukti tahan terhadap perubahan cuaca. Nah, secara kebetulan juga pada kesempatan kali ini akan membahas tentang jenis-jenis tanaman hias outdoor terbaik.

Tanpa banyak panjang lebar lagi, mending kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

Rekomendasi Jenis-jenis Tanaman Hias Outdoor

1. Aglaonema

foto@canva.com

Jenis tanaman hias outdoor terbaik pertama yang direkomendasikan untuk kamu, yakni bernama Aglaonema. Tak hanya untuk outdoor, ternyata jenis tanaman hias yang satu ini juga cocok ditempatkan di area indoor lho. Hal itu bukan tanpa alasan, mengingat tanaman Aglaonema mampu tumbuh dengan baik di iklim panas maupun dingin.

Baca Juga : Mengenal Tanaman Puring

Tanaman hias Aglaonema memang banyak digandrungi oleh masyarakat berkat keunikan corak di daunnya yang berwarna merah, serta tulang daunnya yang tampil dengan warna hijau. Hasilnya, perpaduan warna tersebut membuat tanaman Aglaonema begitu sedap dipandang mata.

Bukan hanya itu saja, tanaman hias Aglaonema ini juga memiliki dampak bagus untuk kesehatan lho. Berdasarkan dari hasil penelitian, Aglaonema memiliki kemampuan yang dapat menyuplai udara bersih lebih banyak dan menyerap zat beracun di udara. Dengan menanam Aglaonema, pastinya udara disekitar rumahmu akan tampak lebih bersih dan segar.

2. Sanseviera

foto@canva.com

Sanseviera atau yang biasa kita sebut dengan nama “Lidah Mertua” merupakan salah satu jenis tanaman hias daun outdoor yang tahan terhadap perubahan cuaca. Dengan kata lain, Sanseviera ini dapat tumbuh di bawah terik matahari maupun di tempat yang teduh.

Tak hanya tampilannya saja yang indah, bahkan jenis tanaman hias outdoor yang satu ini dikaim memiliki segudang manfaat. Adapun mengenai beragam manfaat yang dimilikinya seperti dapat menyaring kotoran, bau, hingga gas polutan yang dapat membuat udara menjadi lebih segar.

Bahkan yang lebih hebatnya lagi, tanaman Sanseviera sudah terbuki mampu merubah karbonoksida menjadi oksigen secara maksimal dimalam hari.

3. Canna

foto@canva.com

Di urutan berikutnya ada tanaman hias bernama Canna, yang juga dapat tumbuh di semua kondisi cuaca. Adapun mengenai karakteristiknya berupa daun lebar dengan guratan kuning dan hijau yang begitu halus. Sedangkan bentuk daunnya hampir menyerupai daun pisang yang besar, dengan bunganya yang menyuguhkan beragam warna seperti orange, kuning, dan merah mencolok

Apabila kamu termasuk pemula, maka tanaman Canna ini merupakan pilihan yang paling tepat. Mengapa demikian? Pasalnya, perawatan tanaman Canna tergolong cukup mudah dan simple lho. Dalam hal ini, kamu hanya perlu memastikan tanaman hias tersebut mendapatkan sinar matahari yang cukup dan disiram secara rutin.

4. Bougenville

foto@canva.com

Ketika melihat wujudnya, pasti kamu sudah tidak asing lagi dengan tanaman Bougenville. Ya, jenis tanaman hiasa yang satu ini kerap kita temui di taman pinggir jalan maupun pekarangan rumah orang lain. Tak berbeda jauh dengan jenis tanaman hiasa diatas tadi, yang mana Bougenville alias bunga kertas ini juga dapat bertahan di segala cuaca.

Ciri khas dari tanaman Bougenville mengusung keindahan warna yang beragam, mulai dari merah muda, ungu, dan putih. Tak hanya itu, bahwa cara perawatannya juga cukup mudah sehingga tidak perlu mengeluarkan biaya besar.

5. Cemara Norfolx

foto@canva.com

Pada umumnya tanaman Cemara Norfolx akan tumbuh dengan ketinggian maksimal 6 meter, sehingga dapat menciptakan nuansa sejuk di area pekarangan rumah. Cemara Norfolx memiliki nama latin “Araucaria Heterophylla”, yang juga merupakan salah satu jenis tanaman hias outdoor paling banyak dicari konsumen.

Menarik Untuk Disimak : Jenis-jenis Tanaman Hias Terpopuler 2021

Hal itu selain memiliki tampilan yang indah, proses perawatan Cemara Norfolx pun tergolong mudah sehingga tidak perlu mengeluarkan biaya besar.

6. Colocasia Esculenta

foto@canva.com

Ketika mendengar nama sebuah tanaman Colocasia Esculenta, mungkin kita tidak akan mengenalnya. Ya, terang saja demikian, sebab masyarakat kita sering menyebut tanaman yang satu ini dengan nama “Kuping Gajah”.

Tanaman Colocasia Esculenta memang dapat menghadirkan nuansa ekstotik di pekarangan rumah, karena bentuk daunnya yang seperti hati dengan ukuran besar. Tak seadar tanaman hias, ternyata bunga kuping gajah ini juga sering dijadikan obat herbal karena memiliki sifat anti radang dan bakteri.

Meski tumbuh baik di kawasan tropis, namun ia juga menyukai area-area yang lembap dan basah. Itu artinya, tanaman Colocasia Esculenta harus sering disiram terlebih saat musim kemarau tiba agar tetap bertahan hidup.

Nah, itulah deretan tanaman hias outdoor yang paling banyak dicari konsumen, sehingga bisa kamu jadikan sebagai bahan referensi.

Dari deretan tanaman hias tersebut, tanaman hias outdoor manakah yang telah memikat hatimu?

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top