jenis finishing kayu terbaik

Inilah Merk Cat Finishing Kayu Terbaik

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa pindustri furniture maupun property tidak bisa lepas dari proses finishing. Namun, trend finishing itu sendiri juga akan mengikuti trend perkembangan furniture. Dengan demikian, maka tak heran jika inovasi dunia finishing akan selalu berkembang, entah itu dari segi teknik maupun alat yang digunakan.

Baca Juga : Perbandingan Kayu Merbau dan Ulin

Salah satu bukti mengenai perkembangan teknologi di dunia finishing, yakni hadirnya bahan finishing water based. Tak sulit agi kita untuk menjumpai jenis finishing kayu yang satu ini dipasaran, baik itu di toko material maupun di online shop. Lantas, apa yang dimaksud denan proses finishing, dan apa tujuannya?

Definisi Dasar-dasar Finishing Kayu

dasar-dasar finishing kayu
foto@canva.com

Pada umumnya proses finishing ini merupakan pekerjaan tahap terakhir dari proses pembuatan produk mebel (furniture), yang akan menentukan tampilan akhir pada produk furniture tersebut. Ya, saat ini proses finishing kayu lebih dikenal dengan proses aplikasi cat, yang mana cara pengerjaannya dengan pelapisan cat ke permukaan kayu.

Baca Juga : Deretan Jenis Kayu Terbaik dan Penggunaannya

Tak hanya berlaku untuk bidang furniture saja, proses finishing juga bisa dilakukan pada handycraft, wooden toys, hingga bangunan-bangunan yang materialnya berbahan kayu. Seperti halnya kusen, pintu, jendela, pagar, dan lain sebagainya. Adapun mengenai tahap yang dilakukan saat proses finishing kayu seperti berikut :

  • Proses peng-amplasan
  • Proses pengecatan
  • Proses pemolesan
  • Proses penggosokan dan lain sebagainya.

Tujuan Finishing Kayu

Dalam industri perkayuan, menyebutkan bahwa tujuan finishing kayu itu setidaknya memiliki tujuan utama yang diantaranya adalah :

  • Untuk memperindah tampilan furniture (Enhancement of appearance)
  • Untuk melestarikan tampilan furniture (Preservation of the appearance)
  • Untuk melindungi kayu, memperpanjang masa pakai dan penampilannya (Protection and appearance)
  • Dapat memudahkan perawatan (Provide and easy to clean surface)

Faktor-faktor yang Akan Mempengaruhi Tingkat Keawetan Hasil Finishing

Seperti yang sudah disebutkan pada ulasan diatas tadi, bahwa fungsi utama dari proses finishing pada material kayu itu untuk meningkatkan perlindungan substract kayu sekaligus juga meningkatkan keindahannya. Nah, agar fungsinya bisa lebih makimal, maka kita harus memastikan tingkat keawetan hasil finishing yang telah dilakukan.

Menurut informasi yang didapat, setidaknya ada beberapa faktor yang wajib diperhatikan dalam menentukan proses finishing yang hendak dilakukan. Adapun mengenai fakttor-faktor yang harus kita perhatikan saat proses finishing seperti berikut :

  • Sistem finishing yang akna dilakukan
  • Pemahaman tentang substrat kayu
  • Pengetahuan tentang bahan finishing
  • Cara aplikasi bahan finishing
  • Kondisi operasional proses finishing
  • Penempatan hasil finishing

Nah, setelah mengetahui pengertian tentang proses dan tujuan finishing, berikut di bawah ini ada beberapa merk cat finishing kayu terbaik yang paling recommended

Merk Cat Finishing Kayu Terbaik

1. Mowilex Woodstain

mowilex woodstain

Di urutan petama ada cat Mowilex Woodstain, yang merupakan produk cat pernis yang terpopuler di Indonesia sehingga sudah tidak perlu diragukan lagi soal tampilan hasil akhirnya. Dengan menggunakan cat tersebut, dijamin furniture berbahan kayu akan lebih kuat terhadap paparan sinar matahari.

Tak hanya itu, bahkan furniture kayu yang sudah dilapisi cat ini pun akan tahan terhadap pelapukan dan serangan hama rayap. Mengapa demikian? Ya, hal itu dikarenakan Mowilex Woodstain terbuat dari bahan dasar air sehingga bisa digunakan tanpa tambahan media pelarut lainnya.

2. Biovarnish Clear Coat Top Matt

Biovarnish Clear Coat Top Matt

Biovarnish Clear Coat Top Matt juga termasuk produk cat pernis terbaik, dimana fungsinya mampu melindungi media dan lapisan film di bawahnya, serta dapat meningkatkan keindahan tampilan hasil akhir glossy atau doff pada kayu.

Bahkan yang lebih menariknya lagi, Biovarnish Clear Coat Top Matt ini juga sudah terbukti aman digunakan karena tingkat kandungan bahan VOC (Volatile Organic Compound) didalamnya yang rendah dan tidak beracun. Dengan kata lain, kita bisa mengecat kayunya melalui metode semprotan dengan aman.

3. Jotun Gardex Premium Gloss

Jotun Gardex Premium Gloss

Salah satu keunggulan dari Jotun Gardex Premium Gloss yang tidak dimiliki oleh merk cat kayu lainnya, yaitu mempunyai formula quick dry yang bisa mempercepat proses pengeringan serta tidak mengeluarkan bau menyengat. Tentu saja produk cat yang satu ini sangat cocok untuk diaplikasikan pada furniture interior.

Menariknya lagi, Jotun Gardex Premium Gloss diformulasikan khusus dengan pigmen aktif untuk menghasilkan daya rekat yang kuat dan tahan lama. Hasilnya, penggunaan Jotun Gardex Premium Gloss ini akan membuat tampilan furniture interiormu menjadi indah dan sedap dipandang.

4. Dulux V Gloss

Dulux V Gloss

Siapa sih diantara kita yang tidak kenal dengan merk cat Dulux? Pastinya kita semua sudah tidak asing lagi dengan merk cat yang satu ini. Ya, terang saja demikian, sebab Dulux merupakan salah satu merk cat terbaik dan paling terkenal di Indonesia.

Menarik Untuk Disimak : Inilah Keunggulan Plafon Kayu

Dulux V Gloss merupakan salah satu produk terbaru yang dapat kita untuk mengecat material kayu dan besi dengan menghasilkan sentuhan akhir glossy. Hal itu bukan tanpa alasan, mengingat Dulux V Gloss mengusung teknologi V-active formula dengan daya sebar yang lebih besar dari merk lainnya.

Dengan demikian, proses pengecatan kayu dengan menggunakan Dulux V Gloss ini akan menjadi lebih cepat karena bisa menutup bagian kayu secara maksimal.

5. Propan Impra Aqua Wood Filler

Propan Impra Aqua Wood Filler

Propan Impra Aqua Wood Filler merupakan produk finishing berupa dempul yang berfungsi untuk mengisi pori-pori dan lobang pada material kayu. Nah, lobang-lobang tersebutlah yang nantinya akan menjadi sasaran empuk bagi rayap, sehingga kayu akan menjadi keropos.

Propan Impra Aqua Wood Filler memang dibuat khusus untuk diaplikasikan pada berbagai system finishing, seperti water based system, melamine system, NC system, PU system, hingga system finishing transparan lainnya.

6. Avian High Gloss Enamel

Avian High Gloss Enamel

Produk finishing kayu selanjutnya bernama Avian High Gloss Enamel, yang juga dapat kita gunakan untuk material kayu dan besi dengan hasil akhir super mengkilap. Selain untuk furniture interior, bahkan merk cat yang satu ini pun cocok digunakan untuk furniture eksterior.

Avian High Gloss Enamel terbuat dari bahan alkyd yang memiliki daya tutup maksimal, sehingga dapat bertahan dalam waktu yang lama. Adapun mengenai berbagai varian warna yang bisa kamu pilih untuk mengecat berbagai produk furniture dan property seperti :

  • Lantai kayu indoor
  • Lantai kayu outdoor (decking)
  • Kusen
  • Jendela dan pintu
  • Pagar dan lain sebagainya.

7. Glotex Super Synthetic Paint

Glotex Super Synthetic Paint

Glotex Super Synthetic Paint diproduksi oleh perusahaan lokal bernama Pacific Paint, dengan kualitas bertaraf internasional. Material cat ini terbuat dari bahan alkyd sintetic, yang membuatnya ideal untuk diaplikasikan pada interior ataupun eksterior berbahan kayu dan besi.

Tak hanya itu saja, ternyata Glotex Super Synthetic Paint ini sudah terbukti tahan air lho. Mengingat akan hal itu, maka tak heran juga jika ia bisa digunakan untuk produk furniture outdoor. Belum lagi dengan tampilannya yang mengkilap, sehingga furniture yang diberi cat Glotex Super Synthetic Paint ini akan lebih indah dari sebelumnya.

Nah, itulah beberapa merk cat finishing kayu terbaik yang direkomendasikan, sehingga bisa kamu jadikan sebagai bahan pertimbangan sebelum membelinya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top