Tips Memilih Lantai Kayu Terbaik Untuk Hunian

Begini Tips Memilih Lantai Kayu Terbaik Untuk Hunian

Siapa sih diantara kita yang tidak ingin memiliki sebuah hunian nyaman? Tentu saja memiliki sebuah hunian yang nyaman menjadi dambaan bagi setiap orang.

Mengingat akan hal itu, maka tak heran juga jika setiap si penghuninya akan melakukan berbagai cara untuk membuat rumahnya senyaman mungkin. Ya, mulai dari pemilihan furniture, cat dinding, hingga material lantai yang digunakan.

Terlebih untuk lantai, yang mana ia merupakan elemen terpenting dalam urusan penampilan rumah. Disamping fungsinya untuk memberikan rasa nyaman pada pijakan kaki, tentunya penggunaan lantai juga akan memperindah sebuah ruangan.

Terdapat banyak sekali jenis-jenis material lantai yang ada di pasaran, mulai dari lantai keramik, lantai granit, lantai marmer, hingga lantai kayu.

Nah, ngomong-ngomong soal lantai kayu, secara kebetulan juga pada kesempatan kali ini akan memberikan beberapa tips dalam memilih lantai kayu terbaik untuk hunian.

Tanpa banyak panjang lebar lagi, mending kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

Tips Memilih Lantai Kayu

1. Sesuaikan Dengan Budget yang Dimiliki

sesuaikan dengan budget

Tips pertama yang harus kamu ketahui dalam memilih lantai kayu terbaik untuk hunian, yakni menyesuaikan dengan budget. Hal itu bukan tanpa alasan, mengingat produk lantai kayu yang ada di pasaran terdiri dari banyak jenisnya.

Tentu saja pada masing-masing jenis lantai kayu tersebut memiliki kualitas dan harga yang berbeda-beda. Ya, semakin mahal harga yang di tawarkannya, maka akan semakin bagus pula kualitas pada lantai kayu tersebut.

2. Perhatikan Spesifikasinya

Perhatikan Spesifikasinya

Selain menyesuaikan dengan budget, penting juga bagi kamu untuk memperhatikan spesifikasi masing-masing jenis lantai kayu tersebut, mulai dari kekuatan, kekerasan, dan keawetannya.

Dalam industri perkayuan, jenis-jenis lantai kayu yang memiliki kualitas bagus itu diantaranya adalah :  kayu jati

  • kayu merbau
  • kayu bengkirai
  • kayu ulin
  • kayu kruing (keruing).

Adapun jenis lantai kayu non-solid, dimana terdapat beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengetahui kualitasnya. Lantas, seperti apakah contoh lantai kayu non solid? Jenis lantai kayu non solid atau lantai kayu sintetis itu seperti laminated flooring, lantai vinyl, dan lantai SPC.

3. Memilih Lantai Kayu yang Sesuai Dengan Hunian

Pada dasarnya, produk lantai kayu kayu akan dibedakan kedalam dua tipe berbeda yang sesuai dengan penempatannya, yakni lantai kayu indoor dan lantai kayu outdoor (decking). Adapun mengenai mengenai produk lantai kayu indoor dan outdoor terbaik yang direkomendasikan seperti berikut :

Tipe Lantai Kayu Solid Indoor

Lantai Kayu Jati

tipe lantai kayu indoor - solid jati

Harga lantai kayu jati memang cenderung mahal, mengingat kualitasnya lebih bagus disbanding jenis parket kayu lainnya. Meski mahal, namun penggunaan lantai kayu jati ini akan memberikan tingkat kepuasan yang maksimal bagi si penghuninya. 

Akan Tetapi, produk lantai kayu jati terbagi lagi kedalam kelas yang berbeda yaitu grade A, grade B, dan grade C. Tentu saja masing-masing kualitas dan harga yang ditawarkan pada setiap kelas parket jati tersebut akan berbeda pula. 

Baca Selengkapnya -> Harga Parket Kayu Jati Terbaru 2021

Lantai Kayu Solid Merbau

tipe lantai kayu indoor - solid merbau

Untuk anda yang budgetnya tidak bisa menjangkau harga parket solid jati, maka parket merbau ini merupakan alternatif terbaiknya. Sebab, harga parket solid merbau dengan parket jati yang grade C saja masih lebih murah merbau. 

Meski murah, bukan berarti juga kualitas parket solid merbau ini murahan! Soal kualitasnya, kayu merbau memiliki tingkat kekerasan dan keawetan kayu merbau ini termasuk kedalam kelas I dan II. Tak cuma itu, parket solid merbau juga sudah terbukti tahan terhadap serangan rayap dan perubahan cuaca.

Lantai kayu merbau tampil dengan warna merah kecoklatan yang berpola serat lurus. Hasilnya, penggunaan lantai kayu solid merbau ini akan menonjolkan kesan yang lebih natural, elegan, hangat, dan nyaman pada sebuah hunian.

Artikel Terkait : Jual Lantai Kayu Merbau Terlengkap di Indonesia

Akan tetapi, baik lantai kayu solid jati maupun merbau tidak cocok ditempatkan di ruang tertentu, seperti kamar mandi dan dapur. Mengapa demikian? Pasalnya, kedua ruang tersebut memiliki tingkat kelembapan tinggi sehingga penggunaan lantai kayu solid dinilai kurang cocok.

Maka dari itu, lantai kayu sintetis menjadi pilihan terbaiknya.

Tipe Lantai Kayu Sintetis Indoor

Lantai Vinyl

tipe lantai kayu indoor - lantai vinyl

Vinyl merupakan material lantai sintetis yang berbahan PVC (Polyvinyl Chloride) yang memiliki tekstur elastis dan mudah dipasang. Ada beragam varian motif vinyl yang tersedia di pasaran, mulai dari motif bebatuan, keramik, granit, hingga motif kayu.

Dari segi harga, lantai vinyl ini memang jauh lebih murah ketimbang parket solid. Nah, karena hal itulah yang membuat lantai vinyl banyak dipilih sebagai alernatif pengganti parket solid.

Produk Terkait -> Lantai Vinyl Kendo

Lantai Laminate

tipe lantai kayu indoor - lantai laminate

Parket laminate terbuat dari bahan serbuk kayu yang dicampur dengan resin. Biasanya laminate memilki ketebalan sekitar 8 mm hingga 12 mm, sedangkan ukuran panjangnya mencapai 1,28 m – 1,3 m.  

Lantai SPC

tipe lantai kayu indoor - lantai spc

Istilah SPC merupakan singkatan dari Stone Plastic Composite, dimana ia adalah produk lantai yang menggabungkan senyawa kalsium karbonat dengan serbuk PVC dan stabilizer. Dengan kata lain, lantai SPC adalah bentuk pengembangan dari lantai vinyl.

Sehingga tak heran, jika kualitas lantai SPC jauh lebih bagus ketimbang lantai vinyl. Hal itu pun terbukti, dimana lantai SPC memiliki sifat tidak mudah rusak dan tidak mudah penyok. Bahkan yang lebih hebatnya lagi, lantai SPC mempunyai sifat 100% anti air.

Tipe Lantai Kayu Solid Outdoor

Decking Kayu Keruing

tipe lantai kayu outdoor - decking keruing

Penempatan decking kayu keruing ini biasanya dilakukan di area terbuka, seperti halaman, taman, rooftop, pinggiran kolam renang, dan lain sebagainya.

Hal itu bukan tanpa alasan mengingat decking kayu keruing sudah terbukti tahan terhadap perubahan cuaca, kelembapan, dan serangan rayap.

Selengkapnya -> Spesifikasi Decking Keruing

Decking Kayu Ulin

tipe lantai kayu outdoor - decking ulin

Dalam industri perkayuan, kualitas decking kayu ulin ini adalah yang terbaik diantara jenis decking lainnya. Sebab decking kayu ulin memiliki tekstur sekeras besi, sehingga membuatnya tahan terhadap serangan rayap dan perubahan cuaca.

Tak hanya itu, bahkan tingkat penyusutan dan pemuaian pada decking kayu ulin ini terbilang minim lho. Terlebih dengan tampilan warna dan pola serat kayunya yang begitu indah, sehingga penggunaan decking kayu ulin dapat meningkatkan nilai estetika pada sebuah hunian. 

Artikel Terkait : Decking Ulin, Jenis Decikng Terbaik

4. Berbelanja di Toko yang Memiliki Track Record Bagus

Berbelanja di Toko yang Memiliki Track Record Bagus

Penting bagi kamu untuk berbelanja lantai kayu di toko yang memiliki track record bagus, seperti PT Rajawali Parquet. Mengapa demikian? Pasalnya, berbelanja di PT Rajawali Parquet yang sudah dijamin nyaman, aman, terpercaya, dan professional.

Selain menyediakan produknya, PT Rajawali Parquet juga menyediakan jasa pemasangan lantai kayu dengan harga terjangkau lho.

Untuk keterangan lebih lanjut, silahkan hubungi marketingnya di nomor 0821 1001 419 (Tisna)

Nah, seperti itulah berbagai tips dalam mendapatkan lantai kayu terbaik untuk hunian rumah.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top