Jenis-jenis Genteng dan Spesifikasinya

Review Jenis-jenis Genteng Beserta Spesifikasinya

Bisa dipastikan bahwa semua bangunan yang ada di dunia ini sudah dilengkapi dengan sebuah atap. Ya, terang saja demikian, sebab atap berfungsi sebagai pelindung bagi penghuninya dari guyuran hujan, paparan sinar matahari, terpaan angin, dan faktor alam lainnya.

Disamping fungsinya yang sebagai pelindung, penggunaan atap juga pastinya akan memperindah tampilan dari hunian itu sendiri.

Berbicara soal atap, tentu ada banyak sekali jenis-jenis genteng yang tersedia dipasaran. Secara otomatis, pada masing-masing jenis genteng tersebut memiliki spesifikasi yang berbeda, mulai dari tingkat kekerasan, tingkat kekuatan, tingkat keindahan, hingga harga.

Nah, secara kebetulan juga pada kesempatan kali ini akan me-review jenis-jenis genteng beserta spesifikasinya. Maka dari itu, simaklah baik-baik ulasannya di bawah ini.

Jenis-jenis Genteng dan Spesifikasinya

1. Genteng Kanopi Baja Ringan

Jenis-jenis Genteng dan Spesifikasinya- genteng kanopi baja ringan

Biasanya jenis genteng yang satu ini kerap diaplikasikan sebagai pemanis rumah, dan bukan dijadikan sebagai atap rumah. Ya, hanya ada beberapa area tertentu saja yang menggunakan genteng kanopi, seperti area garasi, carport, rooftop, halaman, taman, hingga area kolam renang.

Meski tampak menerawang, namun jenis genteng kanopi baja ringan ini sudah terbukti kokoh dan tahan lama lho. Bahkan yang lebih menariknya, harga dari genteng baja kanopi ini tergolong cukup murah lho.

2. Genteng Sirap Kayu

Jenis-jenis Genteng dan Spesifikasinya- genteng sirap kayu

Sesuai dengan namanya, yang mana jenis genteng ini menggunakan material kayu sebagai bahan utamanya. Ada banyak sekali jenis kayu yang bisa digunakan sebagai genteng sirap kayu. Namun, kebanyakan jenis kayu yang sering diandalkan dalam pembuatan genteng sirap ini adalah kayu ulin.

Mengapa harus kayu ulin…???

Pasalnya, tingkat kekuatan dan kekerasan kayu ulin adalah yang terbaik diantara jenis kayu lainnya. Hal itu pun terbukti, yang mana kayu ulin tidak mudah mengalami pelapukan dan korosi. Bahkan yang lebih hebatnya lagi, kayu ulin sudah terbukti tahan terhadap serangan rayap dan perubahan cuaca lho.

Artikel Terkait : Spesifikasi Decking Kayu Ulin khas Kalimantan

3. Genteng Keramik

Jenis-jenis Genteng dan Spesifikasinya- genteng keramik

Jenis genteng selanjutnya adalah berupa Genteng Keramik yang memang sudah terkenal kokoh dan tahan lama. Selain kokoh, jenis genteng yang satu ini juga akan menciptakan kilauan-kilauan saat terkena cahaya. Tentu saja kilaiuan-kilauan tersebut akan membuat tampilan rumahmu tampak lebih mewah dan elegan.

Mengenai materialnya, Genteng Keramik ini terbuat dari bahan tanah liat yang dibakar pada suhu sekitar 1.100 derajat yang membuat warnanya tidak mudah memudar. Sehingga tak heran, jika Genteng Keramik ini mampu menahan beban berat tubuh manusia.

Namun, proses pemasangan pada genteng keramik ini tergolong cukup sulit lho. Pasalnya, ia harus dipasang secara teliti agar tidak terjadi pemasangan ulang kembali. Bukan hanya itu, Genteng Keramik juga harus dipasang dengan tingkat kemiringan minimalnya 30 derajat agar air bisa mengalir secara sempurna.

Agar posisinya tidak mudah bergeser, biasanya pada pemasangan genteng keramik akan diperkuat oleh baut.

Baca juga : Daftar Harga Keramik di Bandung

4. Genteng Metal

Jenis-jenis Genteng dan Spesifikasinya - genteng metal

Wujud Genteng Metal ini tampak terlihat seperti lembaran-lembaran yang menyerupai seng. Selain terkenal kokoh dan kuat, proses pemasangan pada jenis genteng yang satu ini juga terbilang cukup mudah.

Mengenai proses pemasangannya, biasanya Genteng Metal ini harus ditanam dulu pada balok gording rangka atap dengan menggunakan sekrup. Genteng Metal sudah dilapisi dengan bahan anti karat, sehingga ia tidak akan mudah mengalami korosi.

Bahkan yang lebih menariknya lagi, genteng metal tidak perlu sering dilakukan cat ulang karena materialnya memang sudah dilapisi dengan bahan anti lumut. Adapun mengenai satu kekurangan Genteng Metal yang harus kamu ketahui, yaitu tampilannya yang terkesan monoton dan membosankan.

Baca juga :  Mengintip Harga Genteng Metal di Bandung

5. Genteng Tanah Liat

Jenis-jenis Genteng dan Spesifikasinya - genteng tanah liat

Dari sekian banyaknya jenis genteng yang ada di Indonesia, genteng tanah liat inilah yang kerap diapliasikan pada hunian. Tak hanya di Indonesia, bahkan jenis genteng tanah liat juga cukup populer di beberapa negara Asia Tenggara lainnya, seperti Malaysia, Thailand, Filipina, dan sekitarnya.

Belum lagi harga Genteng Tanah Liat yang relatif lebih murah, sehingga tak heran jika ia tidak pernah sepi dari pembeli. Bobot yang dimilikinya pun cukup ringan, dan tentu saja dapat memudahkan saat proses pemasangan.

Meski berbobot ringan, namun genteng ini harus dipasang dengan teliti agar tidak ada celah-celah. Alhasil, proses pemasangan genteng tanah liat ini bisa memakan waktu cukup lama. Bukan hanya itu, ia juga rentan terhadap lumur dan jamur sehingga membuatnya harus dilapisi dengan cat atau glossur.

6. Genteng Beton

Jenis-jenis Genteng dan Spesifikasinya - genteng beton

Sebenarnya tampilan dari Genteng Beton ini tidak berbeda jauh dengan jenis genteng tanah liat. Hal itu bukan tanpa alasan, karena material Genteng Beton terbuat dari bahan tanah liat yang dicampur dengan semen, lalu akan dicetak dengan bentuk yang menyerupai jenis genteng tanah liat.

Pada umumnya, Genteng Beton sering diaplikasikan pada rumah tipe minimalis. Hal itu bukan tanpa alasan, karena Genteng Beton menghadirkan nuansa yang lebih mewah dan elegan. Tak hanya unggul dari segi tampilannya saja, Genteng Beton juga sudah terbukti tahan lama dan kokoh.

Apalagi tersedia beragam warna dan bentuk, sehingga bisa kita pilih yang sesuai dengan konsep rumah.

Baca Selengkapnya : Daftar Harga Genteng Beton di Bandung Per PCS

7. Genteng Aspal

Jenis-jenis Genteng dan Spesifikasinya - genteng aspal

Saat mendengar nama aspal, pastinya pikiran kita akan langsung tertuju pada jalan raya bukan? Ya, hal itu memang benar adanya, yang mana material aspal ini kerap diaplikasikan untuk membuat jalan. Tak hanya untuk membuat jalan, bahkan material aspal juga bisa diaplikasikan untuk genteng .

Akan tetapi, genteng aspal di Indonesia memang tidak sepopuler pada jenis-jenis genteng diatas tadi. Kendati demikian, genteng aspal memiliki keunggulan dari segi bobonya yang lebih ringan, sehingga akan memudahkan proses pemasangan.

Meski bobotnya ringan, namun jenis genteng yang satu ini sudah terbukti tahan api dan angin kencang lho. Bahkan,  permukaannya pun sudah dilapisi dengan lapisan anti jamur dan anti pudar.

Menginngat spesifikasinya yang seperti itu, maka tak heran jika harga genteng aspal cenderung mahal dibanding jenis-jenis genteng lainnya.

8. Genteng Asbes

Jenis-jenis Genteng dan Spesifikasinya - genteng asbes

Jenis genteng berikutnya yang akan dibahas, yakni berupa genteng asbes. Dari segi materialnya, jenis genteng asbes ini terbuat dari dari campuran 6 bahan mineral silikat alam. Sehingga tak heran, jika tingkat kekuatan genteng asbes tidaklah sekokoh jenis genteng beton maupun genteng lainnya.

Namun dari segi harga, maka genteng asbes ini lebih murah, bahkan proses pemasangannya pun terbilang mudah. Pasalnya, pada proses pemasangannya tidak membutuhkan banyak kayu reng. Meski demikian, penggunaan genteng asbes dinilai kurang bagus untuk kesehatan.

Menurut kabar yang beredar, Genteng Asbes memiliki serat dalam bentuk partikel yang mudah terlepas ke udara dan terhirup oleh manusia sehingga bisa memicu masalah pernafasan lho!

Demikian ulasan singkat mengenai jenis-jenis genteng dan spesifikasinya, sehingga bisa kita jadikan sebagai bahan pertimbangan.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top