desain kantor modern dan interiornya

Inspirasi Desain Kantor Modern dan Interiornya

Memang tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa perkantoran selalu di identikan sebagai ruangan yang formal dan terkesan kaku. Tentu saja suasana kantor yang terkesan kaku dan membosankan tersebut juga akan berpengaruh terhadap performa para karyawannya.

Seiring dengan berjalannya waktu, kini sudah banyak kantor yang dekorasi ruangannya menghilangkan unsur formal agar tidak kerkesan kaku dan membosankan. Ya, ruang kantor pun dirancang senyaman mungkin agar para karyawannya merasa lebih enjoy dan rileks.

Nah, secara kebetulan juga pada kesempatan kali ini akan membahas seputar cara mendekorasi kantor modern dan interiornya. Tanpa banyak panjang lebar lagi, mending kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

Tips Mendekorasi Desain Kantor Modern yang Nyaman

1. Buang Cubicle dan Ciptakan Gaya Kasual

Buang Cubicle dan Ciptakan Gaya Kasual

Pada dasarnya, interior ruang kantor dengan cubicle itu memang dirancang agar para karyawannya bisa lebih focus dalam mengerjakan tugas masing-masing. Akan tetapi, bisnis baru di era millennial seperti sekarang ini memberikan kita kesempatan agar bisa lebih menonjolkan ciri khas diri sebagai pemilik usaha yang kreatif.

Dalam hal ini, kamu harus menyingkirkan meja kerja berat yang kaku, kemudian pajangan professional yang mainstream, hingga cubicle yang membatasi. Dengan kata lain, pilihlah furniture bergaya kasual dan susun ruangan kantornya dengan konsep terbuka yang lega.

Tidak adanya cubicle dapat mendekatkan jarak antar atasan dengan bawahan, sehingga semuanya bisa bekerja secara team dengan maksimal tanpa mengenal istilah senioritas.

2. Gunakan Jendela Besar

Gunakan Jendela Besar

Ruangan dengan jendela berukuran minim akan terkesan pengap dan tidak nyaman. Ya, terang saja demikian, sebab jendela tersebut merupakan hal terpenting dalam urusan pencahayaan dan sirkulasi udara didalam sebuah ruangan.

Menurut para pakarnya, yang menyebutkan bahwa sebuah ruangan dengan bukaan jendela yang lebih banyak dapat memberikan dampak bagus untuk kesehatan. Pasalnya, jendela tersebut akan membuat orang-orang yang berada didalamnya bisa mendapatkan paparan sinar matahari dan udara segar alami.

Baca Juga : 7 Langkah Simple Untuk Mendesain Apartemen Studio yang Nyaman dan Modern

Lain halnya dengan ruang yang jendelanya minim, dimana mereka lebih banyak menghabiskan waktunya bersama AC sehingga sangat tidak bagus untuk kesehatan tubuh. Bukan hanya itu, dampa buruk lainnya akibat kekurangan paparan sinar matahari adalah depresi Seasonal Affective Disorder (SAD).

3. Pilihlah Warna yang Tampak lebih Hidup

Pilihlah Warna yang Tampak lebih Hidup

Menurut para psikolog, yang menyebutkan bahwa warna bisa memberikan efek mental pada perkerja kantoran. Itu sebabnya, mengapa mereka menyarankan agar sebuah kantor menggunakan furniture yang berwarna biru. Pasalnya, warna biru tersebut diyakini dapat menstimulasi kecerdasan lho.

Tak hanya warna biru, ternyata warna kuning terang juga dapat memberikan inspirasi kreativitas kita. Lain halnya dengan warna hijau yang dapat menciptaan sensasi alami dan ketenangan.

4. Berikan Sentuhan Personal Pada Meja Kerja

Berikan Sentuhan Personal Pada Meja Kerja

Perlu kalian catat, mempersonalisasi ruang kerja yang sesuai dengan selera diri sediri dapat memberikan dampak pada kinerja. Dengan mendesain meja kerja sesuai keinginan, maka kita dapat mengalami peningkatan konsentrasi, suasana, organisasi, hingga produktivitas.

5. Menginstall Lighting yang Sesuai

Menginstall Lighting yang Sesuai

Apakah kamu ingin merubah suasana ruang kantor tanpa harus memindahkan banyak barang? Jika iya, maka kamu wajib mencoba trik yang satu ini. Disini kamu harus menggunakan instalasi lampu atau llighting dengan desain yang unik dan menarik.

Pasalnya, posisi lampu yang tergantung di langit-langit juga tidak akan mengganggu performamu selama dikantor. Bukan hanya itu, bahkan dari segi desain pun dapat menghadirkan kesan estetik tanpa harus banyak merubah tananan ruang yang ada.

6. Hadirkan Dekorasi yang Dapat Memicu Kreativitas

Hadirkan Dekorasi yang Dapat Memicu Kreativitas

Ternyata penggunaan dekorasi yang tepat sudah terbukti efektif untuk memicu tingkat produktivitas kita lho. Dalam hal ini, kamu harus menambahkan dekorasi pada dinding kantor yang berupa poster kanvas dengan kata-kata mutiara.

Bukan hanya itu, tambahkan juga aromaterapi di ruangan kantormu dengan wangi-wangian tertentu. Menurut informasi yang didapat, setidaknya ada beberapa jenis wewangian aroma terapi yang dipercaya dapat meningkatkan kreativitas, seperti kayu manis (sandalwood), lavender, dan buah-buahan.

7. Menggunakan Peredam Suara Berisik

Menggunakan Peredam Suara Berisik

Apakah lokasi kantormu tepat berada di pinggir jalan? Jika iya, maka sangat disarankan kantormu itu menggunakan peredam suara berisik. Hal itu bukan tanpa alasan, karena suara berisik dari luar bisa menghambat produktivitas dan proses pencairan ide kreatif.

Dengan kata lain, suara bising tersebut dapat menghilangkan tingkat konsentrasi dan fokus dalam bekerja. Maka dari itu, penggunaan peredam suara berisik merupaan pilihan yang paling tepat. Guna meredam suara berisik dari arah luar, tentu saja kantormu itu harus menggunakan plafon dan dinding yang berbahan kayu.

Pasalnya, plafon dan dinding yang berbahan kayu ini memiliki kemampuan untuk menyerap austik sehingga dapat meredam suara berisik dengan baik. Alhasil, suara berisik dari arah luar tidak akan terdengar kedalam kantormu.

Artikel Terkait : Keunggulan Plafon Kayu yang Harus Kalian Ketahui

8. Menggunakan Furniture yang Ergonomis

Menggunakan Furniture yang Ergonomis

Ketika hendak mendekor ruang kantor, terdapat beberapa furniture yang jangan sampai kamu lewatkan. Ya, salah satunya adalah furniture utama yang dapat mendukung aktivitas sehari-hari di kantor seperti kursi kantor ergonomis.

Sebab, kursi kerja harus bisa menyesuaikan dengan kebutuhan masing-masing individu guna mendapatkan kenyamanan maksimal. Dengan kata lain, tidak ada salahnya jika kamu berinvestasi dari sekarang melalui penggunaan furniture ergonomis tersebut.

9. Menggunakan Lantai Kayu

Menggunakan Lantai Kayu

Mungkin kamu sudah merasa bosan dengan desain lantai keramik yang begitu-begitu saja? Jika iya, sudah saatnya bagi kamu untuk mengganti material lantai keramik dengan lantai kayu. Hal itu bukan tanpa alasan, mengingat desain lantai keramik yang memang cenderung monoton dan kaku.

Lain halnya dengan lantai kayu yang dapat menghadirkan nuansa keceriaan, kehangatan, dan natural. Bahkan, penggunaan lantai kayu juga akan menonjolkan sisi kemewahan. Lebih hebatnya lagi, ternyata penggunaan lantai kayu ini dapat memberikan dampak yang positif bagi kesehatan tubuh lho.

Adapun mengenai 2 jenis lantai kayu terbaik yang direkomendasikan seperti berikut :

  • Parket Solid Jati

Sesuai dengan namanya, produk parket yang satu ini terbuat dari 100% kayu jati asli sehingga kualitasnya sudah tidak perlu diragukan lagi. Bahkan parket solid jati juga menempati urutan pertama dari segi keindahan pola serat dan warnanya. 

Mengingat akan ha litu, maka tak heran juga jika harga parket solid jati lebih mahal diantara produk parket lainnya. Namun, tidak semua tipe parket solid akan dijual dengan harga dan kualitas yang sama. Sebab parket solid jati akan dibedakan lagi berdasarkan kelasnya, yaitu grade A, B, dan C. 

  • Parket Solid Merbau

Kayu merbau banyak ditemui di daerah Kalimantan dan Papua. Namun, kayu merbau yang berasal dari Papua dinilai lebih baik ketimbang kayu merbau asal Kalimantan.

Karakteristik kayu yang satu ini memiliki tekstur keras dan berwarna merah kecoklatan, yang membuatnya sering dijadikan bahan baku untuk lantai kayu parket. 

Dengan teksturnya yang begitu keras, pastinya parket solid merbau tidak akan mudah dimakan rayap sehingga awet dan tahan lama. Tak cuma itu itu, bahkan lantai kayu merbau sudah terbukti tahan terhadap perubahan cuaca, tahan air, dan anti jamur. 

Artikel Terkait : Daftar Harga Lantai Kayu Jati dan Merbau di Bandung 2021

Nah, itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat dekorasi kantor yang nyaman dan modern.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top