Peran Baja Ringan Pada Konstruksi Bangunan

Salah satu keuntungan utama menggunakan rangka baja ringan adalah sifatnya yang serbaguna terhadap jenis bangunan yang akan digunakan. Penerapan rangka baja ringan mulai dari perumahan biasa hingga rumah bertingkat termasuk struktur berpanel dengan sistem dinding pengisi eksternal.

Baja Ringan merupakan material konstruksi yang terbuat dari campuran aluminium dan seng. Beratnya ringan dan lebih tipis dari baja biasa yang dijual di pasaran. Baja ringan sering digunakan untuk berbagai hal seperti rangka mobil, rangka bangunan rumah, peralatan kelistrikan dan lain-lain.

Banyaknya peminat baja ringan dikarenakan material ini memiliki beberapa keunggulan diantaranya :

– Ringan. Beratnya kurang lebih 9 kg/m2. Tidak seperti material kayu 18 kg/m2 ataupun baja yaitu 25 kg/m2.

– Anti rayap karena terbuat dari bahan yang tidak disukai oleh rayap.

– Memiliki ketahan yang baik. Baja ringan ini tahan terhadap cuaca yang ekstrim serta tidak mudah mengalami pemuaian.

– Pemasangan tergolong mudah dan cepat jika dibandingkan baja biasa sehingga bisa menghemat tenaga, waktu dan biaya.

– Dapat didaur ulang jika sudah tidak digunakan.Dengan cara dilelehkan dan dibentuk menjadi produk lain yang lebih bermanfaat.

– Kekuatan tarikan tinggi hingga 550 Mpa. Berbeda dengan baja biasa yang hanya mencapai 100 Mpa.

Penerapan Baja Ringan Pada Konstruksi

Baja Ringan Untuk Rangka Atap

Bobotnya yang begitu ringan dan kokoh dapat memudahkan proses pemasangan rangka atap dan mampu menopang berbagai jenis atap yang akan digunakan. Rangka baja ringan bisa dibentuk menyesuaikan variasi model atap yang inginkan asalkan tetap memperhatikan beban yang akan ditumpu. Buatlah jarak yang cukup rapat antar baja ringan supaya bisa menopang beban dengan sempurna, idealnya maksimal kerenggangan antar baja ringan adalah 150 cm. Berbagai jenis penutup atap seperti asbes, keramik, beton, hingga kaca dapat ditopang oleh rangka atap baja ringan. Semakin berat bobot penutup atap, semakin banyak baja ringan yang harus digunakan.

Pembangunan Gedung Menengah Menggunakan Baja Ringan

Karena baja ringan memiliki manfaat yang diharapkan dengan metode konstruksi modern seperti kecepatan konstruksi yang cepat, kualitas dan kinerja tinggi, keamanan yang sangat baik dan efektivitas biaya maka sektor utama untuk rangka baja ringan adalah bangunan tempat tinggal empat sampai delapan lantai dan bangunan serba guna yang sering kali terdiri dari ruang komersial dan parkir mobil di tingkat yang lebih rendah. Dalam kasus ini, karakteristik ringan dari sistem konstruksi sangat penting untuk meminimalkan beban pada struktur pendukung.

Dinding luar baja ringan

Sebuah rumah dapat dibangun dari sedikitnya 12 panel dinding dan membutuhkan jumlah baja ringan satu truk untuk bangunan empat rumah atau apartemen besar. Penguat struktural diintegrasikan ke dalam dinding untuk stabilitas sehingga bangunan bertingkat tidak memerlukan inti tambahan. Pemilihan menggunakan pelat lantai komposit yang didukung oleh dinding baja ringan, biasanya pelat lantai memiliki kedalaman 150 mm hingga 180 mm menggunakan dek baja profil beton dengan bentang hingga 5,5 m.

Rangka Baja Ringan Selama Konstruksi

Lantai bersilang dan komposit sering kali menggunakan balok lantai tipis yang terintegrasi dengan area lantai untuk menciptakan ruang denah yang lebih terbuka, yang sangat berguna di rumah dan di area lobi. Tangga beton dan baja umumnya dikirim sebagai bagian dari paket baja ringan dan diintegrasikan ke dalam bangunan yang disediakan oleh pemasok baja ringan. Lantai dapat dipasang dalam bentuk kaset lantai prefabrikasi atau sebagai balok individu.

 Hotel Bertingkat

Penggunaan baja rinigan kini telah banyak digunakan pada proyek perumahan perkotaan dengan gaya townhouse dan bangunan apartemen yang lebih besar. Sifatnya yang ringan dan memudahkan saat pengiriman menjadikan baja ringan dibutuhkan pada sistem pembangunan perkotaan yang identik dengan serba cepat.

Penggunaan Campuran

Pembangunan mixed-use (campuran) umumnya terdiri dari ruang komersial atau ritel pada lantai bawah dan unit hunian di atasnya. Contohnya adalah perumahan tiga atau empat lantai dibangun di atas ruang ritel, seperti ruko atau bahkan supermarket sekalipun di daerah perkotaan. Sifat campuran dari proyek mungkin diperlukan untuk alasan perencanaan atau untuk memaksimalkan keuntungan dari penggunaan lahan.

Tips Menggunakan Baja Ringan

Sistem konstruksi serbaguna yang efisien untuk perumahan dan keperluan bangunan lainnya membuat baja ringan kian banyak diminati. Selain itu komponen baja dapat didaur ulang untuk keperluan kebutuhan ekstensi bangunan di kemudian hari. Hal ini sejalan dengan kehidupan di masa modern yang menuntut serba cepat namun tetap memperhatikan segi efisiensi. Perlu diperhatikan beberapa hal sebelum Anda memilih menggunakan baja ringan.

Berikut ini beberapa informasi sebagai pertimbangan dalam menggunakan baja ringan pada rancangan konstruksi yang akan digunakan.

Menentukan Kualitas Baja Ringan

Penentuan kualitas baja ringan menggunakan SAE grade sebagai patokan, di mana baja ringan dengan kualitas terbaik memiliki nilai SAE grade 980. Perlu diketahui bahwa semakin kecil nila tegangan maka menunjukan bahwa tarikan baja ringan semakin rendah sehingga mempengaruhi kekuatan dalam hal menopang beban.

Setidaknya pilihlah baja ringan yang memiliki nilai tegangan tarikan 550 Mpa sehingga kokoh untuk menopang beban. Menentukan kualitas baja ringan juga bisa dilakukan dengan melihat lapisan anti korosi yang digunakan. Umumnya terdapat 2 jenis baja ringan yaitu yang dilapisi zinc (galvanis) dan lapisan aluminium zinc (galvalume).

Penambahan Sistem Penguat

Sifat baja ringan yang fleksibel untuk dipasangkan ke berbagai bentuk khususnya atap, dikarenakani bentuknya yang jauh lebih tipis daripada baja biasa. Meskipun sangat kokoh dalam menopang beban, namun berisiko melengkung bahkan roboh jika pemasangannya tidak tepat. Untuk itu perlu ditambahkan batang penyangga atau bracing dalam jumlah yang memadai sesuai jumlah baja ringan yang akan digunakan.

Gunakan Baja Ringan Pre-fabrikasi

Gunakanlah baja ringan yang sebelumnya sudah dipotong-potong oleh pabrik. Pememilihan baja ringan model pre-fabrikasi membuat para pekerja lebih efisien karena tidak perlu melakukan penghitungan dan pengukuran manual sewaktu memasangnya. Selain itu, pemilihan baja ringan pre-fabrikasi juga memiliki jaminan rapi dan akurat.

Pilih Baja Ringan Bergaransi

Pastikan bahwa baja ringan yang kamu beli dilindungi oleh dukungan garansi. Hal ini sangat penting mengingat urusan keamanan harus menjadi prioritas Anda. Garansi baja ringan tersebut tak hanya berlaku untuk pemakaian dan instalasi saja, melainkan garansi produksi yang menyatakan bahwa ketahanan baja ringan telah diuji coba sesuai keterangan nilai tegangan tarikan yang dilampirkan. Pastikan jangan pernah tergiur oleh harga lebih murah tanpa diikuti garansi tersebut untuk menghindari beberapa kejadian yang tidak diinginkan.

Penggunaan rangka baja ringan didasarkan pada manfaat nilai yang ditawarkan membuat rangka baja ringan telah terbukti menjadi solusi sempurna karena beratnya kurang dari 100kg / m2 per lantai dengan capaian rentang hingga 6m antar balok. Pengadaan secara terintegrasi dapat memenuhi ekspektasi klien untuk tujuan pembangunan yang cepat, ringan, dan mudah beradaptasi.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top