5 Kayu Yang Bagus Untuk Jadi Lantai Di Rumah

kayu untuk lantai

Kayu untuk lantai lantai kayu salah satu elemen desain interior rumah, karena memiliki tampilan yang alami dan elegan, selain itu pelapis lantai ini bisa memberikan kehangatan dalam ruangan rumah. bahan utama dari lantai kayu ini dari kayu alami. Pada kesempatan ini bermutu.id akan membahas tentang bahan utama dari lantai kayu. silahkan simak

Pengertian Lantai Kayu

lantai kayu

Lantai kayu adalah lantai yang terbuat dari potongan – potongan kayu alami seperti kayu jati, merbau, bengkirai, kruing dan ulin. Kayu yang digunakan termasuk dalam kategori kayu keras sehingga memiliki daya tahan yang kuat dan mempunyai permukaan yang unik dari serat – serat yang berasal dari kayu itu sendiri. Lantai kayu mempunyai nama panggilan lainnya seperti lantai parket, parket kayu dan parquet (dalam bahasa inggris)

Ada kayu yang bagus untuk lantai, kayu ini memiliki kekuatan yang baik, Telah disinggung dalam sebelumnya yaitu jati, merbau, bengkirai, kruing dan ulin. Seperti apa kayu untuk lantai ini. mari kita bahas.

promo lantai parket 3

Jenis – Jenis Kayu Untuk Lantai Di Rumah

Ada macam jenis kayu yang bisa dipakai untuk lantai, masing – masing mempunyai karakteristik yang berbeda.

1. Kayu Jati

kayu jati untuk lantai

Kayu jati salah satu kayu yang paling seirng untuk dijadikan bahan lantai kayu di rumah, kayu ini terkenal karena kekuatan dan daya tahan yang kuat sehingga banyak perusahaan menggunaan kayu jati sebagai bahan utama untuk membuat lantai parket. Karakteristik yang paling mencolok dari kayu jati yaitu tektur yang agak kasar sampai kasar dan tidak merata. serat lurus, bergelombang lingkar tampak sangat jelas baik dalam bidang melintang maupun tangesial, kekerasan masuk dalam kategori kayu keras kelas 1

2. Kayu Merbau

kayu merbau untuk lantai

Kayu merbau juga salah satu kayu yang paling sering untuk bahan lantai kayu. Jenis merbau mempunyai karakteristik yang paling mencolok yaitu warna kuning kecokelatan, coklat kemerahan dan sedikit agak hitam. Warna kayu merbau hampir mirip dengan kayu jati sehingga disebut – sebut sebagai pengganti kayu jati. Kayu ini juga memiliki daya tahan dan kekerasan yang cukup tinggi yaitu kayu keras kelas 2

3. Kayu Bengkirai

kayu bengkirai untuk lantai

Kayu bengkirai menjadi salah satu kayu untuk lantai ke 3 dalam daftar bermutu.id. Bengkirai dikenal sebagai Yellow balau yaitu kayu keras yang sering digunakan sebagai bahan utama lantai kayu. Kayu ini daya tahan yang keras terhadap tekanan dan benturan dari luar, Kayu ini sering digunakan sebagai lantai outdoor di rumah – rumah.

Warna mulai dari kuning pucat hingga cokelat kekuningan. Bila terkena sinar matahari dan cuaca warna kayu cenderung menggelap dan menjadi lebih coklat.

Kayu Bengkirai (sering dikenal sebagai Yellow Balau) adalah salah satu jenis kayu keras tropis yang banyak digunakan dalam konstruksi, terutama di daerah dengan iklim tropis. Bengkirai berasal dari kawasan Asia Tenggara, terutama Indonesia, Malaysia, dan Filipina. Kayu ini memiliki beberapa karakteristik unggulan yang menjadikannya pilihan populer untuk berbagai aplikasi eksterior maupun interior.

Serat kayu bengikrai menampilan serat yang lurus sehingga penampilannya indah. tesktur sedikit berombak atau berpola. Penampilan ini lah membuat bengkirai menjadi salah satu kayu yang paling cocok untuk lantai di rumah.

4. Kayu Kruing

kayu keruing untuk lantai

Kayu kruing atau dikenal sebagai keruing salah satu jenis kayu yang bagus untuk jadi bahan utama untuk lantai di rumah. Lantai kayu dari keruing ini mempunyai kekerasan dan ketahanan yang baik dan kuat terhadap benturan maupun tekanan. Kayu sering digunakan untuk lantai outdoor. Warna kayu keruing ini yaitu merah kecoklatan hingga coklat tua.

Tektur dari kayu ini yaitu serat yang bergelombang dan tektur yang agak kasar. permukaan memberikan kesan elegan. Oleh sebab itu, kayu ini menjadi pilihan ke 4 untuk kayu untuk lantai di rumah.

5. Kayu Ulin

kayu ulin untuk lantai

Kayu untuk lantai yang terakhir yaitu kayu ulin, kayu dikenal sebagai kayu besi atau dalam bahasa inggris yaitu iron wood. kayu ini mempunyai sifat keras dan tahan terhadap perubahan suhu, kelembaban dan pengaruh air laut. Kayu ini juga yang paling terbaik dari antara ke lima kayu yang telah dijelaskan saat ini. Kayu ulin mempunyai warna yang coklat dan serat kayu yang lurus dengan kepadatan yang sangat baik.

Kayu terbilan menjadi kayu yang mewah karena harga yang mahal dan banyak masyarakat juga memanfaatkan kayu untuk bahan dasar bangunan rumah dan interior lantai rumah. maka kayu ini menjadi pilihan yang paling bagus untuk dijadikan lantai kayu.

Namun kayu ini terbilang langka juga karena budidaya cukup rumit. Namun di indonesia kayu sangat melimpah. Anda tidak perlu khawatir bila ingin menggunakan lantai dari bahan kayu ulin.

Ini penjelasan tentang kayu untuk lantai yang bagus dan cocok untuk Anda yang ingin menggunakan lantai kayu di perumahan, perkantoran dan gedung olahraga. Jika Anda ingin menanyakan kayu lainnnya untuk lantai kayu bisa hubungi marketing kami di bawah ini.

Ada Artikel Rekomendasi Yang bisa Anda pertimbangkan untuk mengenal secara dalam tentang lantai kayu sebagai berikut

  1. Mau pakai lantai parket ?
  2. Produk Lantai Kayu termurah ?
  3. Harga Parket Lantai Per dus ?
  4. Apa ajah istilah Parket, flooring, dan laminate

Kontak Konsultasi 

bermutu6

Kontak: 0812-1001-419

WhatApp: 0812-1001-419

Alamat Kantor:  Rajawali Parquet Fatmawati, Jl. RS. Fatmawati Raya №39, Cilandak Bar., Kec. Cilandak, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

Scroll to Top