Berbagai Contoh Dekorasi Tenda Hajatan yang Harus Diketahui

Aneka Jenis Tenda Dekorasi Untuk Hajatan

Dekorasi tenda hajatan – Istilah hajatan merujuk pada sebuah kegiatan yang berupa pesta, seperti pesta pernikahan, syukuran, peresmian, dan lain sebagainya.

Dalam sebuah acara hajatan, biasanya jumlah tamu yang hadir bisa mencapai ratusan orang. Ya, terlebih untuk acara pesta pernikahan dengan konsep outdoor.

Itu sebabnya, mengapa pada setiap hajatan pernikahan outdoor harus didukung dengan tenda dekorasi. Disamping fungsinya sebagai atap, tenda dekorasi juga sangat berpengaruh terhadap tingkat kemeriahan dan kenyamanan pada pesta pernikahan tersebut.

Ada berbagai jenis tenda dekorasi yang tersedia dipasaran, sehingga bisa kamu pilih sesuai konsep pestanya.

Nah, secara kebetulan juga pada ulasan kali ini akan membahas berbagai contoh tenda dekorasi hajatan. Yuk, kita simak saja langsung ulasannya berikut.

7 Jenis Tenda Dekorasi Hajatan Terpopuler

1. Tenda Kerucut

Sesuai dengan namanya, jenis tenda dekorasi yang satu ini tampil dengan bentuk menyerupai kerucut. Sehingga Tenda Kerucut sangat cocok diaplikasikan pada berbagai acara hajatan, termasuk pesta pernikahan.

jenis tenda Kerucut

Pada umumnya, Tenda Kerucut kerap digunakan untuk acara pernikahan dengan konsep outdoor sehingga dapat memberikan kesan yang lebih meriah dan romantis.

Di setiap sisi tendanya akan ditutupi dengan kain yang bermotif, sehingga nantinya dapat dibentuk menyerupai bentuk jendela dan pintu.

Adapun mengenai warna yang ditentukan dalam dekorasi Tenda Kerucut mengusung warna putih, kemudian dipadukan dengan warna lain untuk mengahdirkan kesan mewah dan elegan.

Baca juga: Lagi Nyari Vendor Penyewaan Tenda Pernikahan di Bandung? Ini Rekomendasinya

2. Tenda Party Kanopi

Seperti halnya model tenda kerucut, Tenda Party Kanopi juga biasa digunakan untuk acara pesta dengan konsep outdoor alias di luar ruangan.

jenis Tenda Party Kanopi
foto@homedaz.com

Bahkan yang lebih menariknya lagi, model tenda ini sudah menyediakan desain khusus yang bisa disesuaikan dengan tema pernikahan, mulai dari konsep simple, sederhana, mewah, dan lain sebagainya.

Dilihat dari segi fungsinya, Tenda Party Kanopi ini berperan sebagai atap untuk melindungi para tamu undangan dari faktor cuaca.

Seandainya kamu ingin melangsungkan pesta pernikahan di malam hari, maka tenda tersebut bisa dipercantik dengan lampu-lampu hias gantung yang berwarna lembut.

3. Tenda Rentang

jenis Tenda Rentang

Salah satu ciri khas dari Tenda Rentang ini terlihat pada bagian ujungnya yang berbentuk segitiga layaknya atap rumah.

Bukan hanya itu, pada proses pemasangannya juga hanya terdapat satu tiang penyangga sebagai pusat dari semua kain yang akan di ikatkan ke berbagai sudut sisi secara menyilang.

Adapun mengenai kain yang digunakan bisa mengusung warna yang sama, atau dipadukan sesuai dengan konsep pesta pernikahan.

4. Tenda Frame

Jika kamu ingin mengadakan acara pernikahan di halaman rumah, maka penggunaan Tenda Frame ini merupakan pilihan yang paling tepat.

Hal itu bukan tanpa alasan, karena harga sewa Tenda Frame memang relatif lebih murah ketimbang jenis-jenis tenda dekorasi lainnya lho.

jenis tenda frame

Meski menawarkan harga yang lebih murah, namun penggunaan Tenda Frame dapat memberikan kesan meriah dan mewah dalam acara pesta pernikahan.

Bukan hanya itu, Tenda Frame juga memiliki ukuran diameter yang luas sehingga dapat menampung tamu dalam jumlah yang banyak.

Menariknya lagi, Tenda Frame mudah dipadukan dengan dekorasi apa saja untuk membuat tampilannya terlihat semakin meriah dan elegan.

Adapun berbagai ornamen hiasan yang dapat kamu padukan dengan Tenda Frame, seperti lilin, hiasan bunga gantung, lampu warna-warni, pita, dan lain sebagainya.

Baca juga: Referensi Berbagai Tema Dekorasi Ulang Tahun Untuk Anak

5. Tenda Pop Up Kanopi

Untuk menghadirkan kesan yang kasual pada acara pesta pernikahan outdoor, maka kamu wajib mencoba jenis Tenda Pop Up Kanopi.

Pasalnya, jenis Tenda Pop Up Kanopi dapat digunakan di berbagai area outdoor yang luas, seperti taman, kebun, pantai, dan lain sebagainya.

jenis Tenda Pop Up Kanopi

Dari proses pemasangannya, jenis tenda ini memang tergolong cukup mudah dan bisa ditempatkan di area mana saja.

Tenda Pop Up Kanopi tersedia kedalam berbagai varian ukuran yang berbeda, mulai dari panjang 3 meter, 4 meter, 5 meter, 6 meter, dan seterusnya.

Akan tetapi, Tenda Pop Up Kanopi tidak cocok diaplikasikan di dalam rumah dan hanya bisa digunakan pada ruangannya saja.

6. Tenda Transparan

Bagi kamu yang ingin memanfaatkan area halaman luas untuk acara pesta pernikahan, maka kamu bisa menggunakan jenis Tenda Transparan.

Selain cocok digunakan di siang hari, Tenda Transparan juga sangat cocok digunakan untuk acara pesta pernikahan di malam hari. Namun, hal tersebut tergantung pada konsep pernikahan yang kamu inginkan.

Tenda Transparan
foto@Bridestory

Agar tampilannya tidak terkesan monoton, kamu pun dapat menambahkan ornamen hiasan lainnya, seperti daun sintetis yang merambat, bunga sintetis, lampu hias gantung, dan sebagainya.

Untuk acara pesta pernikahan di malam hari, disarankan bagi kamu agar mengusung konsep twilight. Mengapa demikian?

Pasalnya, konsep twilight dapat menojolkan kesan yang lebih romantis. Tak hanya romantis, bahkan penggunaan Tenda Transparan dengan konsep twilight juga mampu menghadirkan kesan mewah dan elegan.

7. Tenda Putih yang Dihiasi Rumput Sintetis

jenis tenda Putih yang Dihiasi Rumput Sintetis

Jenis tenda dekorasi berikutnya yang akan dibahas, yakni berupa tenda putih dengan rumput sintetis. Ya, berkat keberadaan rumput sintetis tersebut, tentu saja tenda ini dapat menghadirkan kesan yang lebih natural.

Tak hanya cocok digunakan di area outdoor, bahkan tenda putih juga bisa kamu gunakan di dalam ruangan.

Artikel Menarik Lainnya: Kelebihan & Kekurangan Rumput Sintetis

Demikianlah ulasan singkat mengenai berbagai contoh tenda dekorasi hajatan, sehingga bisa kamu jadikan sebagai bahan pertimbangan sebelum menyewanya.

Scroll to Top