Informasi Daftar Harga Genteng Beton Bandung Per PCS

Pastinya setiap bangunan sudah dilengkapi dengan sebuah atap, karena fungsinya yang dapat melindungi para penghuni dari panasnya terik matahari dan guyuran hujan. Umumnya masyarakat kita menggunakan genteng berbahan tanah liat yang berwarna cokelat dan kemerahan. Hal itu bukan tanpa alasan, mengingat harga genteng tanah liat adalah yang paling murah dibandingkan jenis genteng lainnya.

Genteng Beton

Kendati demikian, bukan berarti juga bahwa jenis-jenis genteng lainnya tidak diminati oleh masyarakat. Ya, salah satunya adalah genteng beton yang saat ini tengah populer di kalangan masyarakat, khususnya di daerah-daerah perkotaan seperti Bandung, Jakarta, Surabaya, Bali, dan sebagainya.

Nah, secara kebetulan juga pada kesempatan kali ini akan mengulas seputar informasi daftar harga genteng beton Bandung per PCS-nya. Maka dari itu, simaklah baik-baik ulasan di bawah ini.

Daftar Harga Genteng Beton di Bandung 2020 – 2021

NoJenis Genteng BetonHarga Per PCS
1Garuda Cat AirRp 9.000
2Garuda Cat MinyakRP 9.000
3Multiline Cat AirRp 9.500
4Mulitiline Cat MinyakRp 9.500
5Nok Genteng BetonRp 25.000

Proses Pembuatan Genteng Beton

Material genteng beton itu sendiri terbuat dari bahan semen dan pasir yang dicampur dengan pigmen warna, dan kemudian dicetak dan dipanaskan sehingga terciptalah sebuah genteng yang begitu kokoh. Tahap pertama dalam pembuatan genteng beton ini dengan cara mengayak pasir agar teksturnya lebih halus, serta untuk menghilangkan kerikil dan kotoran lainnya.

Kemudian akan dicampurkan semen dan pasir dengan perbandingan 1:3, lalu diberi air sedikit demi sedikit sambil diaduk-aduk hingga merata. Nantinya akan dilakukan pengecekan ulang terhadap adonan beton, untuk memastikan teksturnya tidak terlalu encer. Pasalnya, adonan yang terlalu encer akan melemahkan kekuatan dari genteng beton itu sendiri.

Jika dirasanya adonannya sudah pas, maka ia akan dicetak ke sebuah alat cetak khusus. Namun, ada juga yang membuat genteng beton dengan cara manual. Selanjutnya cetakan yang telah diisi adonan beton akan disimpan selama 24 jam. Setelah itu, maka genteng beton akan direndam selama 3 hari agar kualitasnya lebih bagus dan kuat.

Keunggulan Genteng Beton yang Harus Kalian Ketahui

1. Memiliki Daya Tahan yang Sangat Baik

Keunggulan pertama dari genteng beton, yakni memiliki daya tahan yang sangat tinggi ketimbang jenis-jenis genteng lainnya. Bahkan, tingkat efisiensinya terhadap lingkungan juga sangat kuat dan sejalan dengan sifat-sifat keramik. Hal itu terbukti, dimana genteng beton tidak mudah rusak ketika terinjak.

Bukan hanya itu, genteng beton juga tahan terhadap perubahan suhu yang ekstrim maupun terbakar oleh api. Menurut kabar yang beredar, genteng beton ini mampu bertahan hingga 20 tahun pemakaian lho. Mengingat daya tahannya yang begitu baik, tentu saja genteng beton ini akan sulit dibobol oleh para maling.

Baca juga : Karakteristik Pasir Beton

2. Bentuk Genteng yang Bervariasi

Terdapat dua varian bentuk genteng beton yang tersedia dipasaran, yakni bentuk datar dan bergelombang. Dengan begitu, kalian bisa memilihnya sesuai dengan konsep rumah. Misalkan saja untuk tema rumah dengan nuansa mewah dan elegan, maka genteng beton berbentuk datar merupakan pilihan tepat. Sedangkan genteng beton yang bergelombang dapat menciptakan kesan natural pada sebuah hunian.

3. Ada Banyak Pilihan Warna

Selain bentuknya yang bervariasi, genteng beton juga menawarkan berbagai macam varian warna pilihan yang menarik lho. Ya, adapun mengenai varian warna yang dapat kamu pilih, mulai dari warna merah, cokelat, biru, biru langit, hijau, orange, dan masih banyak lagi. Tak hanya berfungsi sebagai atap, tentu saja penggunaan genteng beton ini juga dapat memperindah tampilan rumahmu.

4. Mampu Menahan Serangan Biologis

Bagi kamu yang hendak membangun hunian di pinggir jalan raya, maka penggunaan genteng beton ini merupakan pilihan paling tepat. Mengapa demikian? Ya, hal itu dikarenakan genteng beton mempunyai sifat isolasi akustik dan isolasi termal yang sangat baik. Hasilnya, genteng beton mampu menyerap polusi suara dan perubahan suhu udara dengan maksimal. Itu artinya, kamu sebagai penghuni rumah akan merasa tetap nyaman.

5. Mampu Memantulkan Panas

Tak hanya mampu menahan serangan biologis, genteng beton ini juga sudah terbukti dapat memantulkan panas. Dengan begitu, para penghuninya tidak akan merasa kegerahan meski ditengah teriknya matahari. Berbeda dengan jenis genteng tanah liat yang sifatnya menyerap panas, sehingga suhu dalam rumah akan terasa gerah.

6. Permukaan Genteng Beton Dapat Dicat Ulang

Dari segi material, genteng beton ini memang sangat kuat dan dapat bertahan hingga 20 tahun penggunaan. Namun sebelum mencapai usia 20 tahun, ternyata warna gentengnya bisa saja memudar akibat perubahan cuaca.

Pemudaran warna pada genteng beton ini sering terjadi dalam kurun waktu 5 – 6 tahun. Tapi untungnya, genteng beton bisa dicat ulang kembali sehingga warnanya akan seperti baru lagi. Seandainya terdapat retak berukuran kecil, kamu pun bisa langsung memperbaikinya dengan menggunakan pelapis khusus genteng.

7. Bentuk Genteng Beton Tidak Mudah Berubah

Proses pembuatan genteng beton tidak melalui tahap pembakaran, sehingga bentuknya pun tidak akan berubah. Bahkan tingkat presisi satu sama lainnya juga begitu serasi. Tentu saja hal tersebut dapat memudahkan proses pemasangan genteng beton. Bukan hanya itu, genteng beton juga dapat meminimalisir risiko kebocoran akibat celah antar genteng.

Lain halnya dengan jenis genteng tanah liat yang diproses melalui pembakaran, sehingga bentuknya sering berbeda. Tak hanya itu, bentuk satu genteng ke genteng lainnya tidak serasi lho.

8. Menawarkan Harga yang Lebih Bersahabat

Kualitas genteng beton ini hampir setara dengan jenis genteng keramik. Namun soal harga, ternyata genteng beton menawarkan harga yang lebih murah dibanding jenis genteng keramik lho. Itu artinya, kamu akan mendapatkan genteng yang kualitasnya setara dengan genteng keramik, tapi dengan harga yang lebih  bersahabat.

Kekurangan Genteng Beton

1. Memiliki Bobot yang Cukup Berat

Pada dasarnya, setiap jenis-jenis genteng itu memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing. Ya, begitu pun dengan jenis genteng beton yang memiliki beberapa kekurangan. Salah satu kekurangan dari genteng beton yang harus kalian ketahui, yakni memiliki bobot yang cukup berat.

Hal itu terbukti, dimana bobot genteng beton ini bisa mencapai 60 kg per meter persegi. Tentu saja akan membutuhkan banyak orang dan tenaga ekstra saat proses pemasangan genteng beton. Tak hanya itu, kamu juga harus memastikan struktur atapnya benar-benar kuat sebelum proses pemasangan genteng beton.

2. Membutuhkan Perawatan Ekstra

Tak hanya bobotnya yang berat, genteng beton juga membutuhkan perawatan ekstra. Meski materialnya kuat dan tahan lama, namun kamu harus tetap memberinya perawatan ekstra berupa pelapis khusus dan emulsi. Kamu harus memberikan perawatan sebanyak 1 – 2 kali dalam sebulan, agar kondisi gentengnya tidak timbul lembap.    

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top