Genteng Metal Beserta Pro & Kontranya

Berbicara tentang atap suatu bangunan tentunya persepsi kita cenderung mengingat kata genteng. Struktur bangunan bagian atas ini berfungsi sebagai pelindung bangunan /ruangan yang berada dibawahnya dari perubahan cuaca seperti panas, hujan, angin, debu bahkan radiasi matahari. Bahan atap bangunan yang umum digunakan adalah genteng klasik (tanah liat dan keramik) serta genteng yang berbahan metal (logam).

Penggunaan logam sebagai bahan atap bangunan ternyata telah ada selama berabad-abad yang lalu. Awalnya timah dan tembaga dipilih sebagai bahan atap bangunan, memasuki abad ke-17 sampai tahun 1800-an bahan atap bangunan mengalami kemajuan dengan menambahkan besi, baja, aluminium, dan seng sebagai pilihan atap metal yang tepat.

Saat ini, berbagai gaya atap logam digunakan di seluruh negeri, karena atap logam adalah salah satu pilihan terbaik untuk properti perumahan, komersial, arsitektur, dan struktural. Saat ini banyak pemilik rumah mengganti atap rumah mereka setiap tahun untuk mencari metode dan teknologi yang lebih hijau dan hemat energi dengan dengan bahan daur ulang sebanyak 28 persen dan kemampuan menurunkan konsumsi energi sehingga atap logam atau genteng metal membuat permintaan pasar cukup tinggi.

Memasang atap membutuhkan biaya yang tidak sedikit, apa pun itu bahan yang dipilih baik metal atau tanah liat. Untuk itu Anda harus mempertimbangkan pro & kontra sebelum membuat keputusan. Beberapa informasi berikut ini dapat membantu Anda dalam menentukan pilihan Anda, khususnya terhadap genteng metal.

Keunggulan Genteng Metal

Berumur Panjang

Genteng metal dapat bertahan hingga puluhan tahun bahkan sebagian besar produsen mengklaim bisa awet sampai 40 tahun lebih untuk sebagian besar atap berbahan galvalume dan aluminium. Tentunya Ini jika dipasang dengan benar dan dirawat dengan baik selama bertahun-tahun. Beberapa bahan logam seperti tembaga dan seng bahkan telah diketahui bisa bertahan 100 tahun lebih.

Ringan

Genteng metal merupakan bahan yang lebih ringan daripada kebanyakan jenis atap lainnya, lima kali lebih ringan dari atap tanah liat. Sebagai contoh atap galvalume (baja) ukuran 24 memiliki berat mulai dari 1 hingga 2 kg per meter persegi. Aluminium beratnya kurang dari 0,5 kg per meter persegi.

Daya Tahan

Jika dibandingkan dengan bahan lain, seperti kayu, tanah liat, plastik, atau kaca, genteng metal muncul sebagai yang terkuat dan paling tahan terhadap tusukan, pecah, dan degradasi serta beberapa serangan alami  seperti angin kencang, puing-puing yang berjatuhan serta serangan hama..

Kemampuan Kemiringan Rendah

Genteng metal tidak terlalu ketat dalam hal persyaratan kemiringan minimum, tetapi masih tergantung pada jenis profil yang digunakan. Misalnya, sistem kunci-kunci hanya boleh dipasang pada kemiringan atap 3/12 dan lebih tinggi, kecuali disetujui oleh pabrikan. Sistem atap logam kunci ganda dengan jahitan mekanis cocok untuk aplikasi di kemiringan rendah.

Dapat Didaur Ulang

Genteng metal 100% dapat didaur ulang, sehingga jika tidak terpakai karena kerusakan, logam sobek, dapat didaur ulang untuk digunakan di kemudian hari. Selain itu, beberapa gulungan dan lembaran yang digunakan untuk membuat panel atap metal mungkin sudah mengandung logam daur ulang sebelumnya.

Bahan atap metal dapat berupa produk daur ulang pra-konsumen (kandungan logam bekas yang diproduksi selama tahap produksi yang telah didaur ulang untuk digunakan di masa mendatang atau pasca-konsumen (kelebihan bahan yang pernah digunakan oleh konsumen pada satu waktu dan telah didaur ulang untuk digunakan kembali).

Perawatan Rendah

Jika dibandingkan dengan jenis atap lainnya, perawatan yang diperlukan untuk atap logam umumnya minimal, terutama jika atap dipasang dengan benar. Karena itu, melakukan perawatan pada atap logam tidak boleh diabaikan, karena dapat membuat atau merusak sistem jika ada masalah tanpa sepengetahuan Anda. Untuk atap logam, pembersihan dan pemeliharaan tingkat permukaan harus dilakukan setiap 18 bulan dan pemeliharaan struktural mendalam sekitar dua tahun sekali (biasanya dilakukan oleh profesional terlatih).

Pilihan Warna Tidak Terbatas

Karena lembaran dan gulungan atap logam dilapisi dengan sistem cat dari atap logam dapat tersedia dalam berbagai warna. Jika Anda mencari warna bumi yang netral, warna yang hidup atau cerah, atau bahkan tekstur / lapisan logam, produsen dapat memesan warna apa pun secara khusus (dengan biaya tambahan). Selain itu, sistem cat yang digunakan pada atap logam diuji di lingkungan luar ruangan nyata untuk memastikannya akan bertahan selama beberapa dekade, itulah sebabnya banyak atap logam didukung dengan jaminan cat.

Efisiensi Energi

Adanya atap logam dingin yang didefinisikan sebagai produk logam yang dicat atau dilapisi yang memantulkan energi matahari untuk menghilangkan panas dapat membantu mengurangi panas yang ditransfer ke dalam gedung atau rumah. Hal ini dapat menghasilkan penghematan energi biaya pendinginan total mulai dari 7% hingga 15%.

Tahan Api

Atap metal kelas A biasanya tahan api dan tidak mudah terbakar. Hal ini penting dilakukan di daerah yang rawan kebakaran hutan karena jika abu / bara panas jatuh ke permukaan atap maka berpotensi tinggi untuk terbakar. Lain halnya jika Anda menggunakan genteng berbahan metal.

Kekurangan Genteng Metal

Biaya Cukup Tinggi

Walaupun lebih murah daripada genteng beton atau tanah liat, genteng metal tidak bisa dibilang sebagai bahan atap murah. Harga logam fluktuatif tergantung di mana Anda tinggal, profil yang Anda pilih, warna, dan pertimbangan lainnya. Rata-rata biaya sistem atap logam berkisar dari sekitar 250 ribu hingga 500 ribu per meter persegi bahkan bisa lebih.

Memerlukan Keterampilan

Pemasang genteng metal haruslah yang berpengalaman berdasarkan kualifikasi serta berpengetahuan luas. Hali ini penting untuk memastikan genteng metal akan bekerja sesuai standar yang tinggi. Akibat membutuhkan keterampilan yang lebih baik dan perhatian terhadap detail, sedikit sekali pemasang yang mampu memasang atap logam dengan benar. Itulah mengapa sangat penting untuk mencari dan menemukan kontraktor atap logam terbaik untuk Anda.

Regulasi

Ada beberapa komunitas atau organiasi tertentu yang tidak mengizinkan atap logam dipasang pada properti. Atap logam dianggap terlihat terlalu “industri” atau bertentangan dengan tampilan umum lingkungan tersebut.

Tekstur Berubah

Genteng logam rentan terhadap tekanan seperti penyok, melengkung dan kondisi fisik lainnya. Jika ini terjadi dapat mengganggu keindahan atap rumah Anda. Selain itu juga akibat perubahan ini dapat menimbulkan korosi yang menyebar jika dibiarkan terlalu lama.

Saat Anda memutuskan menggunakan genteng metal ada baiknya Anda mempertimbangkan apakah sudah sesuai dengan selera yang Anda inginkan. Genteng metal memang cenderung sedikit lebih modern dan ramping dibanding dengan genteng klasik. Genteng metal menghadirkan lebih banyak pilihan warna yang mana memberi Anda lebih banyak variasi ide. Namun jangan lupa pula mempertimbangkan beberapa kekurangan diatas yang telah disebutkan. Semua kembali pada pilihan Anda, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top