Seperti Inilah Keunggulan & Kekurangan Lantai WPC

Keunggulan & Kekurangan Lantai WPC

Keunggulan dan Kekurangan WPC – Di era sekarang ini ada banyak sekali jenis-jenis material terbaru sebagai alternatif pengganti kayu solid. Hal itu bukan tanpa alasan, karena ketersediaan bahan kayu dipasaran sudah semakin langka.

Terlebih untuk jenis-jenis kayu dengan kualitas nomor satu, seperti jati, merbau, ulin, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, hadirlah beragam material sintetis yang tampilan fisiknya dibuat seperti kayu asli. Ya, salah satunya berupa material WPC.

Nah, untuk mengenal lebih jauh lagi seputar material WPC, mari kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

Sekilas Tentang Bahan WPC

Istilah WPC itu sendiri merupakan singkatan dari Wood Plastic Composite. Dengan kata lain, WPC adalah gabungan antara bahan plastik dan kayu. Kedua bahan tersebut diproses dengan cara dilebur, kemudian diolah sedemikian rupa sehingga terciptalah sebuah material yang bernama WPC.

Sekilas Tentang Bahan WPC

Hal itu bukan tanpa alasan, mengingat biaya produksi dalam pengolahan material kayu asli yang begitu tinggi, sehingga WPC pun menjadi salah satu alternatif pengganti terbaiknya.

Menurut informasi yang didapat, material WPC terdiri dari serat plastik sebanyak 50% dan serbuk kayu 50%. Hasilnya, WPC tampil dengan tingkat kekuatan yang begitu mumpuni. Tak hanya kokoh dan kuat, bahkan material WPC juga dapat menampilkan keindahan yang tidak kalah dengan material kayu asli lho.

Material WPC umumnya diaplikasikan untuk berbagai produk interior maupun ekesterior, seperti lantai indoor, lantai outdoor (decking), dinding, plafon, pagar, dan sebagainya.

Baca Juga : Decking Kayu Kualitas Bermutu Harga Bersahabat

2 Tipe Lantai WPC

Pada dasarnya lantai WPC terbagi kedalam dua jenis berbeda. Tentu saja pada masing-masing tipe lantai WPC tersebut mempunyai spesifikasi yang berbeda juga. Adapun mengenai kedua tipe lantai WPC yang dimaksud seperti berikut:

WPCH (Wood Plastic Composite Hollow)

Wood Plastic Composite Hollow

WPCH atau yang biasa disebut dengan kayu composite hollow, tampil dengan bentuk hampir menyerupai besi hollow. Bagaimana tidak? sebab di bagian dalam kayu WPCH ini terdapat lubang yang biasanya diaplikasikan untuk pagar halaman, lantai outdoor (decking), hingga atap untuk gazebo. Mengenai  urusan harganya, material WPCH ini dibanderol dengan harga sekitar Rp 50 ribuan saja.

Baca Juga : Daftar Harga Besi Hollow di Bandung

WPCS (Wood Plastic Composite Solid)

Wood Plastic Composite Solid

Sesuai dengan namanya, dimana WPCS ini tampil dalam bentuk papan yang lurus dan ada juga papan yang melengkung. Itu sebabnya, mengapa material WPCS kerap dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan konstruksi seperti material bangunan pada umumnya.

Lalu, bagaimana dengan keunggulan dan kekurangannya?

Keunggulan Lantai WPC

1. Kuat & Tahan Api

Keunggulan pertama dari lantai WPC yang harus kamu ketahui, yakni kokoh dan kuat. Ya, meski ia merupakan material kayu olahan, namun tingkat kekuatannya benar-benar sangat mumpuni. Sehingga tak heran, jika lantai WPC ini dapat digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama.

lantai WPC Kuat & Tahan Api

Seperti yang sudah kita ketahui, biasanya material sintetis sangat lemah terhadap api. Bahkan, material kayu asli sekalipun tidak sanggup bertahan lama terhadap amukan si jago merah. Akan tetapi, semua itu tidak akan berlaku pada lantai WPC.

Ketika terjadi kebakaran, maka api hanya akan menyala pada satu titik saja dan tidak akan menyebar ke titik lainnya. Selain tahan terhadap api, ternyata lantai WPC juga sudah terbukti tahan terhadap abrasi dan benturan. Nah, karena hal itulah yang membuat lantai WPC semakin banyak diminati oleh berbagai kalangan konsumen.

Artikel Menarik Lainnya : Ingin Gunakan Lantai SPC? Ketahui Dulu Kelebihan dan Kekurangannya

2. Tingkat Pemuaian & Penyusutan yang Rendah

Lain halnya dengan material kayu atau besi yang mudah mengalami pemuaian dan penyusutan akibat adanya perubahan cuaca. Hal inilah yang menjadi keunggulan dari lantai WPC, dimana ia tidak mudah mengalami pemuaian dan penyusutan.

Tingkat Pemuaian & Penyusutan yang Rendah

Meski dipasang di area yang memiliki tingkat kelembapan tinggi, namun lantai WPC tetap mempunyai kestabilan dimensi yang begitu baik. Tak hanya itu, warna lantai WPC juga tidak mudah memudar. Jika pun terjadi pemudaran, kamu pun bisa langsung mengecatnya kembali dengan mudah menggunakan cat tertentu.  

Tak hanya kokoh dan kuat, lantai WPC juga tersedia kedalam berbagai ukuran sehingga dapat kita pilih yang sesuai dengan kebutuhan. Apalagi harga yang ditawarkannya jauh lebih murah dari lantai kayu asli, sehingga lantai WPC pun semakin banyak diminati.

3. Tahan Terhadap Berbagai Permasalahan

Inilah yang menjadi alasan, mengapa WPC sangat cocok diaplikasikan sebagai lantai outdoor alias decking. Sehingga tak heran, jika lantai WPC ini sering di pasang di area pinggiran kolam renang. Tak hanya dapat memperindah tampilan kolam renang, bahkan penggunaan decking WPC juga dapat meningkatkan kenyamanan dan keamanan karena teksturnya yang tidak licin.

lantai WPC tahan terhadap berbagai Permasalahan

Memang tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa jamur dan serangga hama menjadi musuh terberatnya bagi bagi material kayu. Ya, terang saja demikian, sebab kedua masalah tersebut bisa membuat kayu mengalami pelapukan hingga keropos. Namun, serangan jamur dan rayap tidak akan berlaku bagi material WPC. Bahkan yang lebih hebatnya lagi, lantai WPC ini sudah terbukti tahan terhadap tumpahan bahan kimia lho.

4. Bisa Dijadikan Investasi Jangka Panjang

Penggunaan lantai WPC ini merupakan salah satu cara paling tepat untuk memperindah dan mempercantik tampilan rumah. Hal itu bukan tanpa alasan, mengingat lantai WPC tampil dengan warna dan pola serat miri kayu asli sehingga dapat menciptakan nuansa mewah, elegan, dan natural pada sebuah hunian.

Bisa Dijadikan Investasi Jangka Panjang

Dikarenakan penggunaan lantai WPC dapat meningkatkan nilai estetika, secara otomatis harga jual pada hunian tersebut akan meningkat pula. Sehingga tak heran, jika penggunaan lantai WPC bisa dijadikan sebagai investasi jangka panjang.

Kekurangan Lantai WPC

Dibalik banyak keunggulannya, terdapat satu kekurangan lantai WPC yang harus kalian ketahui. Ya, kekurangan dari lantai WPC ini adalah ketersediaan pilihan warna yang terbatas sehingga terkesan monoton.

Cara Memasang Lantai WPC

  • Pastikan permukaan dasar lantai sudah diaci dengan kemiringan minimal 1%, serta gutter sebagai aliran air
  • Pemasangan rangka harus ada jarak 30-50cm
  • Setelah itu rangka di sekrup atau di bor ke lantai agar lebih kokoh
  • Jika rangka sudah terpasang secara vertical, maka decking WPC harus dipasang dengan pola horizontal
  • Tahap selanjutnya, pastikan jarak antara decking dengan Nat harus 5-7 mm agar terhindar dari kelebapan saat terkena air.
  • Lakukan cara yang sama hingga semuanya selesai.

Baca Juga : Daftar Harga Jasa Pemasangan Lantai Parket Kayu Terbaru 2022

Demikianlah ulasan singkat seputar keunggulan dan kekurangan lantai WPC, sehingga bisa kamu jadikan sebagai bahan pertimbangan sebelum membelinya.

Scroll to Top