tips merawat lantai kayu

Cara Mudah Dalam Merawat Lantai Kayu Agar Awet

Memang tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa penggunaan lantai kayu dapat menyuguhkan nuansa mewah dan natural pada  sebuah hunian. Ya, terang saja demikian, sebab lantai kayu tampil dengan pola serat dan warna khas yang tidak dimiliki oleh material lantai lainnya.

Akan tetapi, lantai kayu ini membutuhkan perhatian khusus dalam urusan perawatannya. Hal itu bukan tanpa alasan, mengingat material utamanya adalah kayu sehingga harus diberi perawatan yang ekstra dan tepat.

Lantas, bagaimanakah cara yang benar dalam merawat lantai kayu? Nah, biar kalian gak penasaran, mending kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

Tips Merawat Lantai Kayu (Parket)

1. Menyapu dan Mengepel

Tips Merawat Lantai Kayu  - menyapu dan mengepel

Disarankan bagi kamu untuk menyapu dan mengepel lantai kayu setiap hari, agar senantiasa terjaga kebersihannya. Hal itu bukan tanpa alasan, karena tingkat kenyamanan pijakan pada lantai kayu ini juga tergantung dari kebersihannya. Dalam menyapunya, lebih baik kamu menggunakan sapu bertekstur lembut agar tidak merusak serat lantai kayu tersebut.

Disamping itu, kamu harus lebih teliti lagi sebab warna lantai kayu akan berubah menjadi gelap jika ada kotoran yang tertinggal. Kamu pun bisa menyapunya dalam satu atau dua kali sehari, sehingga lantai kayu akan tetap bersih.

Setelah selesai disapu jangan lupa untuk mengepelnya, karena terkadang ada kotoran-kotoran menempel yang tidak bisa terangkat oleh sapu. Namun, sebelum mengepelnya kamu harus pastikan dulu apakah lantai kayu tersebut sudah dilapisi dengan lapisan anti air atau tidak.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, usahakan agar lantai kayu tidak terlalu lama terkena air. Mengapa demikian? Pasalnya, lantai kayu yang terlalu lama terkena air akan mengalami pelengkungan hingga perekatnya yang lepas lho.

Lebih gawatnya lagi, hal tersebut juga dapat memicu pertumbuhan jamur sehingga lantai kayu akan mengalami pelapuan. Ya, terlebih untuk tipe lantai kayu yang tidak memiliki lapisan anti air.

Menarik untuk disimak : Tips Memilih Cat yang Sesuai Dengan Hunian

2. Apakah Boleh Menggunakan Produk Pembersih Lantai?

Tips Merawat Lantai Kayu - menggunakan pembersih lantai

Banyak yang beranggapan, bahwa produk pengharum atau pembersih lantai itu tidak diboleh digunakan untuk lantai kayu. Padahal, sebenarnya produk pengharum lantai bisa kamu gunakan untuk lantai kayu lho. Asalkan, kamu tidak boleh sembarangan dalam menggunakan produk pembersih lantainya.

Pasalnya, tidak semua produk pembersih tersebut aman digunakan untuk lantai kayu. Menurut kabar yang beredar, ada beberapa zat-zat kimia yang justru akan merusak lantai kayunya. Maka dari itu, sebaiknya kamu memilih produk pembersih yang memang khusus untuk lantai kayu.

Satu poin penting lagi, jangan lupa juga untuk membaca petunjuk cara penggunaannya, serta ikuti langkah-langkah yang sudah tertera pada produk pembersih lantai tersebut.

Baca juga : Alternatif Lantai Pengganti Keramik

3. Menggunakan Cuka

Merawat Lantai Kayu - menggunakan cuka

Seperti yang sudah disebutkan pada ulasan diatas tadi, bahwa kotoran yang terlalu lama menempel di lantai kayu akan membuat warnanya menjadi gelap dan kusam. Tentu saja hal itu akan membuat tampilan lantai kayunya menjadi tidak sedap dipandang lagi.

Ada salah satu cara alami yang bisa kamu lakukan untuk membuat lantai kayu tersebut tampil mengkilap kembali, yakni dengan menggunakan cuka. Lalu, bagaimana cara kerjanya?

Mengenai cara kerjanya, larutkan cuka sebanyak 60 ml kedalam satu liter air. Kemudian masukkan ke dalam spray (botol semprot), dan semprotkan cukanya pada lantai kayu yang terlihat kusam. Setelah itu gunakan kain microfiber yang lembut untuk membersihkannya, dan pastikan kondisi lantai kayunya kering.

4. Hindari Penggunaan Benda Tajam Saat Membersihkan Lantai kayu

Tips Merawat Lantai Kayu - hindari penggunaan peralatan tajam

Seiring dengan berjalannya waktu pemakaian, biasanya pada permukaan lantai kayu akan muncul celah-celah kecil. Tentu saja pada celah-celah kecil tersebut bisa menjadi tempat berkumpulnya debu-debu kotor, maupun sisa makanan yang tidak sengaja jatuh kedalamnya.

Tapi sayangnya, banyak pengguna lantai kayu yang sering menggunakan peralatan dengan ujung runcing untuk membersihkan kotorannya. Mungkin sekali dua kali penggunaannya tidak akan berdampak pada lantai kayu. Namun jika sering menggunakan alat-alat tajam saat membersihkannya, tentu saja hal itu akan merusak permukaan lantai kayu.

Nah, untuk membersihkan kotoran di celah-celah tadi, sebaiknya kamu menggunakan kain microfiber. Caranya pun sangatlah mudah, yang mana kamu hanya tinggal membasahi kainnya dengan sedikit air, kemudian lap celah-celahnya secara perlahan.

Bagi kamu yang suka menggunakan sepatu hak tinggi (high heels), sebaiknya sepatu tersebut dilepas dulu sebelum menginjak lantainya. Mengapa demikian? Sebab, bagian ujung high heels ini tergolong cukup tajam sehingga berpotensi akan merusak lantai kayu.

Artikel Menarik Lainnya : Tips Membuat Ruang Tamu Tampak Lebih Mewah

5. Segera Bersihkan Lantai Kayu Saat Terkena Noda

Tips Merawat Lantai Kayu - hindari penggunaan peralatan tajam - segera besihkan dari noda

Apakah kamu sudah berkeluarga dan memiliki anak kecil? Jika iya, tentu saja lantai kayu dirumahmu itu akan rentan terhadap berbagai kotoran noda, seperti tumpahan makanan – minuman, pensil warna, dan lain sebagainya. Tapi kamu tidak perlu khawatir, karena kotoran noda yang menempel pada lantai kayu tersebut cukup mudah dibersihkan lho.

Ketika lantai kayu terkena tumpahan tinta, kamu pun bisa langsung membersihkannya menggunakan campuran air dan detergen. Setelah itu, gosok permukaan lantainya secara perlahan sampai kotoran tinta tadi benar-benar hilang. Jika sudah demikian, segera keringkan permukaan lantai kayu dengan kain bertekstur halus.

6. Sesekali Gunakan Vacuum Cleaner

Tips Merawat Lantai Kayu - sesekali gunakan vacuum cleaner

Biasanya alat pembersih yang satu ini kerap kita gunakan untuk membersihkan karpet dan tempat tidur. Mulai saat ini, kamu harus membersihkan lantai kayu dengan menggunakan vacuum cleaner. Tak perlu setiap hari, kamu hanya perlu melakukannya beberapa hari saja.

Misalkan tiga hari sekali atau sepekan sekali. Ya, hal ini bertujuan agar kotoran yang terdapat pada celah-celah lantai kayu tersebut terangkat semuanya. Pasalnya, kotoran yang terlalu lama mengendap di celah tadi akan membuat lantai kayunya menjadi cepat rusak.

Baca juga : Tips Membuat Rumah yang Nyaman dan Ramah Untuk Anak

7. Hati-hati Saat Memindahkan Barang-barang

Tips Merawat Lantai Kayu - hindari penggunaan peralatan tajam - hati-hati saat memindahkan furniture

Meski lantai kayu sudah terkenal kokoh dan tahan lama, namun bukan berarti juga bahwa ia tahan terhadap goresan. Nah, ketika kamu memindahkan barang-barang furniture seperti meja atau kursi, sebaiknya jangan digeser atau diseret. Soalnya, hal tersebut dapat meninggalkan bekas goresan pada lantai kayu akibat gesekan dari furniture.

Dengan kata lain, kamu harus memindahkan meja atau kursi tadi dengan cara diangkat dan bukan digeser.

8. Lapisi Dengan Karpet

Tips Merawat Lantai Kayu - lapisi dengan karpet

Tips mudah berikutnya yang bisa kamu lakukan dalam merawat lantai kayu, yakni melapisinya dengan karpet. Disamping dapat melindunginya dari benturan dan goresan, pastinya penggunaan karpet ini juga akan semakin mempercantik tampilan lantai kayu tersebut.

Hasilnya, penggabungan antara lantai kayu dengan karpet ini akan semakin menonjolkan kesan hangat, elegan, dan nyaman. Namun, kamu juga jangan sampai lupa untuk membersihkan karpetnya secara rutin dan teratur.

Nah, itulah beberapa tips simple yang bisa kamu lakukan dirumah untuk merawat lantai kayu agar awet.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top