desain rumah minimalis tanpa ruang tamu

Bagaimana Jadinya Sebuah Rumah Tanpa Ruang Tamu?

Memang tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa desain interior rumah minimalis tanpa sekat saat ini tengah menjadi tren dikalangan masyarakat perkotaan maupun di pedesaan. Hal itu bukan tanpa alasan, mengingat rumah minimalis tanpa sekat dapat memberikan kesan rumah yang terlihat tampak lebih luas.

Pada umumnya, sebuah rumah minimalis itu selalu dibangun di atas lahan tanah yang tidak terlalu luas. Agar kita bisa menata atau menyimpan barang-barang di ruang yang tidak terlalu luas tersebut, tentu saja membuang sekat merupakan pilihan yang paling tepat.

Tak cuma itu, desain interior rumah tanpa sekat juga akan memberikan nuansa kecerahan lho. Mengapa demikian? pasalnya, hal itu dikarenakan cahaya matahari yang langsung masuk ke seluruh ruangan rumah.

Akan tetapi, ada beberapa factor yang harus kita perhatikan dalam mendesain interior rumah, mulai dari penataan letak serta ukuran furniture di dalam ruangan. Disamping itu, kita juga harus lebih cermat lagi dalam memilih warna cat interior rumah.   

Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi mengenai desain interior rumah minimalis tanpa ruang tamu, mari kita simak saja langsung pembahasannya di bawah ini.

Inspirasi Desain Rumah Minimalis Tanpa Ruang Tamu

1. Gabungkan Ruang Keluarga dan Dapur

meggabungkan ruang keluarga dan dapur

Dikarenakan ukuran rumah minimalis itu cukup terbatas, maka cobalah untuk menggabungkan antar ruang keluarga dengan dapur. Pada sisi ruangnya, kamu bisa menyimpan meja dapur dan peralatan dapur lainnya.

Setelah itu, meja makannya bisa kamu tempatkan di bagian tengah ruang. Akan tetapi, perhatikan pula tata letaknya agar tidak menghalangi perabotan lainnya. Sedangkan untuk di area pojok kanan, kamu bisa menempatkan sebuah televisi. 

Ketika menempatkan televisi tersebut, usahakan beri jarak sekitar 2 – 3 meter dari dinding agar kamu bisa menempatkan kursi duduk atau sofa. Untuk mendapatkan nuansa hangat dan nyaman, silahkan tambahkan karpet.

Selain itu, disarankan bagi kamu untuk memilih cat yang berwarna putih agar interior rumah tidak terkesan sumpek.

2. Menyisakan Sedikit Ruang Untuk Bekerja

Menyisakan Sedikit Ruang Untuk Bekerja

Siapa bilang bahwa ruang untuk kerja tidak berlaku pada rumah minimalis? Poin pertama yang harus kamu lakukan untuk membuat ruang kerja di rumah minimalis, yakni dengan membuat garis khayal yang membelah ruang tersebut menjadi dua bagian.

Dengan begitu, maka setengah luas dari ruangannya bisa kamu manfaatkan untuk area dapur dan ruang makan. Ya, sedangkan setengah bagiannya lagi digunakan untuk ruang bekerja dan bersantai. Jangan lupa juga menempatkan meja yang agak panjang, untuk menyimpan televisi dan laptop.

3. Desain Rumah Minimalis Dengan Mini bar

Desain Rumah Minimalis Dengan Mini bar

Banyak pemilik rumah minimalis yang sering kebingungan saat hendak membuat area dapur, akibat kehabisan ruang. Nah, untuk mengatasi permasalahan tersebut, kamu bisa mensiasatinya dengan desain rumah minimalis mini bar.

Hasilnya, kamu pun akan mendapatkan ruang keluarga atau ruang tamu yang lebih luas. Tak hanya itu saja, desain rumah minimalis dengan mini bar ini juga tentunya menjadi lebih sedap dipandang.

4. Jadikan Ruang Tamu Sebagai Ruang Keluarga

Jadikan Ruang Tamu Sebagai Ruang Keluarga

Apakah bentuk rumahmu itu memanjang dengan ruang tengah yang sempit? Jika iya, kamu hanya perlu menyediakan ruang kecil untuk disulap menjadi sebuah ruang keluarga.

Sebab ukuran ruangan yang tidak terlalu bukanlah masalah, karena yang terpenting itu terdapat pada tingkat kerapihan dalam menata furniture. Kemudian pada bagian belakang ruang keluarga, kamu dapat membuat dapur dan ruang makan.

Nah, agar tidak terkesan semakin sempit atau sumpek, maka kamu jangan membuat sekat antar dua ruangan tersebut.

Baca Juga : Warna Keramik yang Cocok Untuk Ruang Tamu

Disamping itu, pilihlah furniture yang ukurannya kecil namun memiliki desain modern. Satu lagi, bahwa rumah yang berukuran kecil itu membutuhkan bukaan yang cukup besar agar terkesan cerah. Langkah terakhir, kamu harus memilih warna cat interior rumah yang cerah seperti putih dan krem.

5. Desain Interior Rumah Minimalis Bergaya Tradisional

Desain Interior Rumah Minimalis Bergaya Tradisional

Untuk mendapatkan desain interior rumah minimalis dengan gaya tradisional, maka kamu wajib menggunakan furniture dan dekorasi jadul (jaman dulu). Pada tempat duduk, pilihlah kursi sedan yang bahannya terbuat dari kayu dan rotan.

Sedangkan untuk pencahayaan, kamu harus menggunakan lampu yang memiliki ukiran khas tradisional. Jika nuansa tradisionalnya ingin lebih terasa lagi, maka gunakanlah lantai ubin yang bermotif batik atau juga bisa menggunakan lantai kayu parket.

6. Desain Interior Klasik Minimalis

Desain Interior Klasik Minimalis

Menurut para ahlinya, menyebutkan bahwa sebuah ruang tamu yang kental dengan nuansa klasik itu terdapat pada penggunaan kursi berdesain jengki. Untuk mendapatkan kenyamanan yang maksimal, maka kursi terebut harus dilapisi cusion.

Jangan lupa juga untuk memberikan sentuhan tradisionalnya dengan menggunakan meja kayu yang bermotif batik di ruang tamu. Beralih ke sector lainnnya, yang mana pintu dan kusen jendela dari kayu bisa kamu cat dengan warna biru telur asin agar nuansa klasiknya lebih terasa.

Poin terakhir, tidak disarankan untuk membuat sekat antara ruang tamu, ruang keluarga, dan dapur agar tidak terkesan pengap serta sempit.

7. Desain Interior Rumah Minimalis Memanjang

Desain Interior Rumah Minimalis Memanjang

Sejatinya desain interior rumah minimalis yang memanjang ini tidak berbeda jauh dengan poin nomor satu tadi. Namun, yang menjadi pembedanya terletak pada desain memanjang sehingga ruang tamu, ruang makan, dan dapur akan berada di posisi sejajar.

Di bagian paling pojok terdapat dapur dengan ukuran yang tidak terlalu besar, sedangkan pada pojok lainnya ada ruang keluarga untuk tempat bersantai sambil menonton televisi. Pada ruang makan, kamu dapat menempatkannya berada di tengah-tengah antara ruang keluarga dan dapur.

8. Mempercantik Ruang Tamu Dengan Tanaman Hias Indoor

Mempercantik Ruang Tamu Dengan Tanaman Hias Indoor

Guna mendapatkan kesan yang alami dan menyegarkan di ruang tamu, tentu saja kamu harus menempatkan tanaman hias. Dalam hal ini, maka ruang keluarga dan ruang tamu hanya dipisahkan oleh rak minimalis yang cantik.

Artikel Terkait : Cara Merawat Tanaman Hias Indoor Agar Tidak Mudah Layu

Dengan keberadaan tanaman hias indoor, secara otomatis ruang keluargamu akan terkesan lebih alami, menyegarkan, dan tentunya sangat sedap dipandang. Disamping itu, ada baiknya jika kamu menggunakan pot bunga dari anyaman agar tercipta nuansa yang “Indonesia banget”.

9. Menggunakan Rak yang Memiliki Lobang Besar

Menggunakan Rak yang Memiliki Lobang Besar

Untuk kamu yang ingin memisahkan antar ruang tanpa harus mempersempit ruang tersebut, maka penggunaan rak yang memiliki lobang besar ini merupakan pilihan paling tepat. Disamping itu, perhatikan pula bentuk rangka rak penyimpanan yang hendak kamu pilih.

Dengan kata lain, pilihlah rak yang menggunakan tulang penyangga tipis namun tetap kokoh. Jika sudah demikian, beri jarak antar papan agar tidak terkesan menghalangi ruangan.

Nah, seperti itulah beberapa tips dalam mendesain rumah minimalis tanpa ruang tamu, sehingga bisa kamu jadikan sebagai bahan referensi. Bagaimana, tertarik untuk mencobanya?

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top