kayu merbau dan kayu bengkirai

Yuk, Kita Intip Perbandingan Kayu Merbau dan Kayu Bengkirai

Terdapat banyak sekali jenis-jenis material yang biasa digunakan untuk konstruksi bangunan maupun property. Ya, salah satunya adalah kayu, yang memang menjadi salah satu material paling penting dalam urusan konstruksi, property, hingga furniture. Nah, karena hal itulah yang membuat material kayu tidak sulit untuk kita jumpai di pasaran.

Hal tersebut juga tidak terlepas dari negara kita yang bertindak sebagai salah satu penghasil kayu berkualitas terbanyak di dunia. Dengan demikian, maka tak heran jika Indonesia disebut sebagai gudangnya kayu-kayu berkualitas.

Menarik Juga Untuk Disimak : Harga Papan Tangga Kayu Jati & Merbau

Berbicara soal material kayu, secara kebetulan juga pada kesempatan kali ini akan membahas dua jenis kayu terbaik di dunia, yakni kayu merbau dan kayu bengkirai. Tanpa banyak panjang lebar lagi, mending kita simak saja langsung pembahasannya di bawah ini.

Seputar Pohon Merbau

pohon merbau

Pohon merbau dapat tumbuh dengan ukuran sedang higga 50 meter, panjang batang sekitar 20 meter, sementara ukuran gemangnya berada di kisaran 160 cm – 250 cm. Terdapat pula ciri khas lain dari kayu merbau, dimana ia mempunyai akar papan berbanir yang cukup tinggi dan tebal.

Biasanya bagian pepagan pohon merbau mengusung warna abu-abu terang dan cokelat pucat, serta tekstur halus yang tampak berbintik-bintik kecil lentisel. Sedangkan bagian kulitnya cenderung bersisik dan mengelupas, kemudian terdapat dua pasang anak daun, kecuali pada daun bagian ujungnya yang hanya mempunyai satu pasang anak daun saja.

Penyebaran pohon merbau pertama kalinya hanya berada di negara Tanzania dan Madagaskar, lalu menyebar ke India Selatan, Myanmar, Malaysia, Indonesia, Australia Utara, sampai Polinesia. Adapun mengenai penyebaran pohon merbau di Indonesia yang bisa kita jumpai seperti di hutan tropis Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, Papua, Nusa Tenggara Timur, Papua, hingga Pulau Jawa.

Karakteristik Kayu Merbau

kayu merbau
  • Bagian terasnya memiliki warna cokelat atau kuning cokelat hingga cokelat merah, namun terkadang cenderung hitam. Sedangkan bagian gubalnya tampil dengan wana kuning pucat dan kuning muda.
  • Kayu merbau mempunyai tingkat keawetan yang tinggi serta tahan terhadap serangan rayap dan jamur.
  • Tingkat penyusutan dan pemuaian terhadap kayu merbau tergolong cukup rendah.
  • Tekstur pada kayu merbau ini terasa kasar dan agak licin saat diraba.
  • Memiliki arah serat kayu yang lurus
  • Kayu merbau termasuk golongan kayu sangat keras

Berbagai Pemanfaatan Kayu Merbau

1. Balok-balok

balok kayu merbau

Dikarenakan teksturnya yang begitu keras dan kokoh, maka tak heran juga jika kayu merbau sering dijadikan bahan untuk pembuatan balok-balok. Funsgi balok merbau itu sendiri akan ditentukan berdasarkan ukurannya. Namun, fungsi umum balok kayu merbau biasa digunakan untuk balok reng, balok usuk (reng), balok nok (jurai), dan balok gording.

2. Kusen & Pintu

kusen & pintu kayu merbau

Tak hanya dijadikan untuk balok-balok, kayu merbau juga sering dimanfaatkan untuk pembuatan kusen dan pintu. Hal itu bukan tanpa alasan, mengingat kayu merbau mempunyai tingkat durabilitas yang tinggi. Bukan hanya itu, bahkan kayu merbau juga sudah terbukti tahan terhadap serangan rayap lho.

3. Lantai Kayu (Parket)

parket merbau

Disamping karakteristiknya yang tahan tehadap serangan rayap, kayu merbau pun memiliki tingkat keindahan yang begitu mumpuni sehingga cocok dijadikan bahan untuk pembuatan lantai kayu alias parket. Produk parket merbau ini akan dibedakan lagi menjadi dua tipe, yakni lantai kayu indoor dan lantai kayu outdoor.

Nah, untuk kamu yang ingin tahu tentang kelengkapan informasi seputar parket merbau, silahkan Klik Disini

Seputar Pohon Bengkirai

pohon bengkirai

Pertumbuhan pohon bengkirai banya dijumpai di kawasan hutan tropis seperti Kalimantan dan Sulawesi, hingga menyebar ke negara tetangga seperti Malaysia dan Filipina. Pohon bengkirai itu sendiri bisa tumbuh dengan ketinggian hingga mencapai 40 meter, sementara ukuran diameternya sekitar 120 cm. Menariknya lagi, kayu bengkirai tampil dengan kuning kecoklatan.

Mengingat akan hal itu, maka tak heran juga jika kayu bengkirai sering disebut dengan istilah “yellow balau”.Kayu bengkirai mempunyai tekstur padat, dan biasanya dapat kering dalam waktu mulai dari 12 hari hingga 1 bulan pada suhu normal, yang nantinya akan diolah lagi menjadi berbagai kebutuhan properti. Dari segi bobotnya, kayu bengkirai ini memang lebih berat dibanding kayu jati. Tak hanya itu, tekstur kayu bengkirai juga terasa agak kasar saat diraba dengan tangan.

Karakteristik Kayu Bengkirai

Seperti halnya kayu merbau, yang mana kayu bengkirai juga memiliki karakter tersendiri. Adapun mengenai karakteristik dari kayu bengkirai yang harus kalian ketahui seperti berikut :

  • Kayu bengkirai mudah diolah
  • Kayu bengkirai tampil dengan warna kuning kecokelatan
  • Memiliki tekstur yang keras dan padat
  • Kokoh dan tahan lama
  • Tahan terhadap perubahan cuaca ekstrim, tahan air, dan anti rayap
  • Memiliki pola serat yang indah
  • Potensi melengkung dan pemuaian pada kayu bengkirai tergolong cukup rendah.

Berbagai Pemanfaatan Kayu Bengkirai

1. Lantai Kayu Outdoor (Decking)

decking bengkirai
Penempatan Decking Bengkirai di Area Halaman

Dari sekian banyaknya manfaatnya untuk industri perkayuan, ternyata kayu bengkirai ini lebih sering digunakan untuk bahan baku pembuatan lantai kayu outdoor (decking). Mengapa demikian? Ya, hal itu dikarenakan karakteristiknya yang bertekstur keras serta kokoh. Bukan hanya itu, bahkan decking bengkirai juga sudah terbukti tahan terhadap perubahan cuaca ekstrim maupun serangan rayap lho.

decking bengkirai
Penempatan Decking Bengkirai di Samping Kolam Renang

Tak hanya unggul dari sisi tekstur dan daya tahannya saja, penggunaan decking bengkirai pun tentunya dapat memperindah tampilan rumah kita. Umumnya decking bengkirai akan ditempat di berbagai area outdoor seperti halaman, taman, pinggiran kolam renang, Baca Selengkapnya…

2. Untuk Bantalan Rel Kereta

kayu bengkirai untuk bantalan rel kereta

Seperti yang sudah disebutkan pada ulasan diatas tadi, bahwa kayu bengkirai memiliki tekstur yang keras dan sangat padat. Nah, karena hal itulah yang membuat kayu bengkirai sangat ideal digunakan sebagai bahan baku untuk pembuatan bantalan rel kereta. Bahkan yang lebih hebatnya lagi, tingkat pemuaian dan penyusutan pada kayu bengkirai ini termasuk kedalam kategori rendah.

3. Untuk Industri Perkapalan

industri perkapalan
sumber foto @ solopos.com & mongabay.co.id

Selain dijadikan bahan baku untuk pembuatan bantalan rel kereta, kayu bengkirai juga kerap dimanfaatkan untuk industri perkapalan. Hal itu bukan tanpa alasan, sebab kayu bengkirai memang memiliki tekstur yang sangat keras, padat, kokoh, tahan terhadap air, tahan perubahan cuaca, hingga tahan terhadap serangan rayap.

4. Untuk Pembuatan Jembatan

jembatan kayu bengkirai

Dalam industri perkayuan, tingkat kualitas kayu bengkirai ini memang sudah teruji baik dari segi kekuatannya maupun keawetannya. Menurut kabar yang beredar, sebuah jembatan yang menggunakan bahan kayu bengkirai dapat bertahan hingga ratusan tahun lamanya lho. Terlebih jika diberi perawatan yang tepat, dimana tingkat keawetannya tentu akan jauh lebih baik lagi.

5. Pembuatan Atap Rumah

pembuatan atap rumah

Manfaat kayu bengkirai berikutnya yang akan dibahas, yakni untuk pembuatan atap rumah. Ya, biasanya jenis kayu yang satu ini akan berperan sebagai balok kaso atau kuda-kuda, yang berguna untuk menopang berat beban sebuah atap rumah. Hasilnya, atap yang berbahan kayu bengkirai ini akan tampak lebih kokoh.

Nah, seperti itulah perbandingan antara kayu merbau dan kayu bengkirai, sehingga bisa kita jadikan sebagai bahan untuk penambah wawasan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top