pengertian rooftop dan fungsinya

Apa Itu Rooftop? dan Untuk Apa Fungsinya?

Pada mulanya penggunaan rooftop hanya berlaku pada bangunan-bangunan komersil, seperti cafe, restoran, cottage, hotel, dan lain sebagainya. Namun, masyarakat awam kerap menggunakan rooftop sebagai tempat untuk menjemur pakaian. Bahkan, tak jarang pula dari mereka yang sama sekali tidak memanfaatkan keberadaan rooftop.

Lantas, apa yang dimaksud dengan rooftop?

Pengertian Rooftop

Seiring dengan berjalannya waktu, kini banyak masyarakat yang mulai memanfaatkan semaksimal mungkin keberadaan rooftop. Rooftop itu sendiri merupakan atap datar berupa dak beton pada rumah bergaya modern minimalis, yang kini mulai direncanakan dengan lebih teliti.

Seperti halnya pembuatan roof graden alias taman atap, yang berfungsi untuk membuat tampilan rumah tampak lebih asri dan natural. Tak hanya roof garden, berikut di bawah ini ada beberapa fungsi dari rooftop yang harus kalian ketahui.

Fungsi Dari Keberadaan Rooftop

1. Sebagai Ruang Makan Outdoor

fungsi rooftop Sebagai Ruang Makan Outdoor

Ketika cuaca sedang cerah atau cuaca yang cukup sejuk, tentu saja menikmati makan bersama keluarga tercinta di ruang terbuka merupakan momen yang sangat menyenangkan. Maka dari itu, persiapkan ruang yang cukup pada area rooftop untuk menempatkan set meja makan dengan sejumlah kursi.

Jika kamu masih ingin ada tamannya, alokasikan area rooftop dengan demikian rupa.

2. Sebagai Ruang Santai Outdoor

rooftop Sebagai Ruang Santai Outdoor

Selain menjadi tempat untuk ruang makan outdoor, keberadaan rooftop juga bisa kamu manfaatkan sebagai ruang santai outdoor lho. Meski tampak sama, namun perbedaannya terdapat pada pemilihan jenis perabotan. Nah, untuk ruang santai outdoor, maka kamu harus memilih jenis-jenis perabotan yang fleksibel dan nyaman untuk bersantai.

Artikel Populer Lainnya : Dekorasi Wallpaper Dinding Kamar Tidur yang Nyaman

Contohnya seperti duduk berselonjor sambil membaca buku, tiduran, ngemil, atau sekedar untuk berbincang-bincang sembari menikati suasana santai. Adapun mengenai jenis-jenis perabotan yang paling recommended, seperti sofa dengan bantal yang nyaman, kursi malas, sofa bed, bean bags, dan lain sebagainya.

Dengan begitu, maka ruang santai tersebut juga bisa kamu alokasikan bersama roof graden.

3. Tempat Untuk Mengadakan Pesta Barbeque

rooftop Tempat Untuk Mengadakan Pesta Barbeque

Ketika ada acara-acara liburan seperti malam tahun baru, kamu pun bisa memanfaatkan rooftop untuk dijadikan tempat pesta barbque sambil melihat peluncuran kembang api di atas langit. Apabila area rofftop-nya tidak terlalu besar, maka kamu bisa menggunakan pemanggang portable.

Namun jika area rooftop-nya luas, tentu saja kamu harus menggunakan pemanggang permanen yang lengkap dengan tempat penyimpanan perabotan atau peralatan lainnya. Tak cuma itu, jangan lupa juga untuk menyediakan set meja makan maupun tempat duduk yang nyaman.

Bahkan, kamu bisa membuat dek yang ditinggikan sebagai tempat duduk lesehan.

4. Bisa Dijadikan Tempat Untuk Meneropong Bintang

Bisa Dijadikan Tempat Untuk Meneropong Bintang

Untuk kamu yang rumahnya berada di kawasan minim polusi dan cukup terbuka, maka keberadaan rooftop bisa dimanfaatkan sebagai tempat untuk meneropong benda-benda di langit. Dalam hal ini, alokasikan ruang yang cukup luas dan bebas halangan untuk meletakkan teropong bintang portable.

Disamping itu, lengkapi juga dengan tempat duduk yang nyman untuk bersantai sambil menikmati keindahan langit di malam hari.

5. Dijadikan Kolam Renang Atau Jacuzzi

fungsi rooftop - Dijadikan Kolam Renang Atau Jacuzzi

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa kolam renang diatas itu biasanya ada di perhotelan. Namun, kini kamu juga bisa mendapatkan sebuah kolam renang di atap pada rumah pribadi. Tapi, dalam pembuatan kolam renang di area rooftop rumah harus ada perencanaan yang matang dan perhitungan struktur yang lebih teliti oleh ahlinya.

Dengan begitu, maka tidak akan ada risiko kebocoran, rembes, atau kegagalan struktur. Pasalnya, sedikit kesalahan dalam pembuatannya bisa berakibat fatal bagi semua penghuni rumah. Sebagai alternatif lain, kamu bisa menempatkan hot tub atau portable jacuzzi.

6. Sebagai Ruang Pertemuan

fungsi rooftop - Sebagai Ruang Pertemuan

Manfaat berikutnya dari keberadaan rooftop di rumah, yakni bisa dijadikan sebagai tempat atau ruang pertemuan. Dalam mengakomodir kebutuhan ini, kamu pun hanya perlu mengalokasikan ruang untuk menempatkan set meja kursi yang sesuai. Apabila intensitas pertemuannya cukup sering, maka harus dibuat ruang yang lebih permanen.

Selain itu, jangan lupa juga untuk melengkapinya dengan pantry minimalis untuk menyiapkan berbagai menu jamuan kepada para tamu. Jika area rooftop-nya cenderung luas, maka kamu bisa mengkombinasikannya dengan beragam fungsi agar lebih efektif.

Perhatikan pula bahwa setiap fungsinya sudah dilengkapi dengan fasilitas dan perabotan yang mumpuni. Dengan kata lain, pada perencanan dalam membuat rofftop harus memperhatikan beberapa poin seperti di bawah ini :

  • Pastikan rooftop mempunyai struktur cukup kuat untu menahan fungsi yang diterapkan
  • Pastikan bidang atap tidak mengalami bocor atau rembes, terlebih jika pada rooftop terdapat fungsi-fungsi lain seperti roof garden, kolam renang, dan lain sebagainya
  • Apabila hendak menempatkan roof garden (taman atap), maka pilihlah jenis tanaman yang tahan terhadap perubahan cuaca dan mudah dirawat. Baca Juga : Jenis Tanaman Hias Outdoor Terbaik
  • Pilihlah jenis furniture yang tahan terhadap perubaan cuaca dan tidak mudah berkarat, agar bisa digunakan dala jangka waktu yang lama
  • Untuk mendapatkan kenyamanan yang maksimal, berikan atap pelindung dalam mengantisipasi paparan sinar matahari secara langsung maupun guyuran hujan.

Jenis-jenis Bahan Terbaik Untuk Pembuatan Rooftop

1. Bahan Untuk Atap Rooftop

Bahan Untuk Atap Rooftop

Pada bagian atap rooftop, disarankan bagi kamu untuk memilih jenis atap UPVC. Mengapa demikian? Pasalnya, jenis atap UPVC memiliki kualitas yang bagus sehingga sangat ideal dijadikan bahan atap untuk rooftop. Apalagi harga yang ditawarkannya pun lebih murah dibandingkan dengan jenis-jenis material atap lainnya.

Atap UPVC juga sudah terbukti dapat meredam panas dengan baik, sehingga kamu tidak akan merasa kepanasan meski berada di bawah paparan sinar matahari. Bukan hanya itu, yang lebih hebatnya lagi, atap UPVC ini dapat meredam suara berisik dari guyuran air hujan yang deras.

Keunggulan berikutnya dari atap UPVC yang harus kamu ketahui, yakni kokoh dan kuat sehingga dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama.

2. Bahan Untuk Lantai Rooftop

Bahan Untuk Lantai Rooftop

Jika bahan atap rooftop cocok menggunakan atap UPVC, maka bahan lantai terbaik yang cocok untuk rooftop adalah wood decking alias lantai kayu outdoor. Ya, sesuai dengan namanya, dimana decking ini merupakan produk lantai kayu yang memang khusus ditempatkan di area-area terbuka seperti rooftop.

Hal itu bukan tanpa alasan, mengingat decking kayu sudah terbukti tahan terhadap perubahan cuaca ekstrim. Itu artinya, tingkat pemuaian dan penyusutan pada decking kayu sangat rendah. Bahkan yang lebih hebatnya lagi, decking kayu tahan terhadap serangan rayap maupun jenis hama serangga pemakan kayu lainnya lho.

Dengan menggunakan decking kayu, maka tampilan rooftop akan terkesan lebih mewah, elegan, nyaman, dan natural. Adapun mengenai jenis-jenis decking kayu terbaik yang direkomendasikan seperti :

  • Decking kayu bengkirai
  • Decking kayu ulin
  • Decking kayu merbau
  • Decking kayu keruing

Nah, untuk kamu yang ingin tahu informasi tentang decking kayu ulin, silahkan baca -> Mengenal Lantai Kayu Ulin: Jenis Decking Terbaik

Itulah bahan-bahan terbaik yang direkomendasikan untuk pembuatan rooftop di rumah, sehingga bisa kamu jadikan sebagai referensi.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top