mengenal eunggulan plafon kayu

Inilah Keunggulan Plafon Kayu yang Harus Kalian Ketahui

Apa yang Dimaksud Dengan Plafon?

Plafon merupakan sebuah material bangunan yang fungsinya sebagai langit-langit rumah. Dengan penggunaan plafon, tentu saja kabel-kabel atau rangka atap rumah yang tadinya tampak berantakan akan menjadi lebih rapih. Bukan hanya itu, bahkan plafon ini juga berfungsi sebagai peredam suara berisik dari luar serta dapat mensterilkan suhu yang masuk melalui atap.

Baca Juga : Ide Dekorasi Kamar tidur Sederhana

Ada banyak sekali bahan plafon yang tersedia dipasaran, sehingga bisa kita pilih sesuai dengan konsep rumah. Ya, salah satu yang terpopulernya adalah jenis plafon kayu atau yang biasa disebut dengan istilah Lambersering (Lumber ceiling). Nah, secara kebetulan juga pada kesempatan kali ini akan membahas seputar keunggulan plafon kayu. Maka dari itu, simaklah baik-baik ulasannya dibawah ini.

Keunggulan Plafon Kayu

plafon kayu

1. Dapat Memberikan Kesan Mewah dan Natural

Keunggulan pertama dari penggunaan plafon kayu yang harus kalian ketahui, yakni dapat memberikan kesan mewah dan natural. Ya, terang saja demikian, sebab material yang digunakannya terbuat dari bahan kayu asli. Itu sebabnya, mengapa penggunaan plafon kayu saat ini kian diminati untuk berbagai bangunan mulai dari :

  • Perhotelan
  • Cafe & Resto
  • Villa
  • Apartemen
  • Rumah pribadi dan lain sebagainya.

2. Proses Pemasangan yang Mudah

Tak hanya menyuguhkan nuansa yang lebih mewah dan natural, ternyata proses pemasangan plafon kayu juga terbilang cukup mudah lho. Mengapa demikian? Hal tersebut dikarenakan plafon kayu sudah memiliki profile alur dan lidah yang membuatnya menjadi lebih mudah dipasang, lebih kuat, dan presisi.

Menarik Juga Untuk Disimak : Inspirasi Desain Plafon Untu Kamar Tidur Minimalis

Bukan hanya itu, bahkan plafon kayu hadir dalam bentuk lembaran-lembaran kayu yang sudah dikeringkan sehingga dapat mengurangi tingkat pemuaian maupun penyusutan.

3. Mampu Meredam Suara Berisik

Inilah yang menjadi alasan, mengapa plafon kayu selalu menjadi andalan bagi mereka yang rumahnya berada di pinggir-pinggir jalan atau di pusat keramaian. Menurut informasi yang didapat, plafon kayu mempunyai panel akustik berlubang yang berperan untuk memperkuat kapasitas penyerapan akustik serta mengendalikan gema akustik.

Mengingat keunggulannya yang mampu meredam suara berisik, maka tak heran juga jika plafon kerap diaplikasikan untuk studio musik, gedung konser, opera, hingga rumah pribadi.

4. Sebagai Pengatur Suhu Ruangan

Keunggulan berikutnya dari plafon kayu yang akan dibahas, yakni sebagai pengatur suhu ruangan. Ya, ketika musim kemarau, plafon kayu memiliki kemampuan yang dapat meredam energy panas, sehingga suhu dalam ruangan rumahmu akan tetap terasa sejuk. Begitu pun saat terjadi musim dingin, maka plafon kayu ini dapat menjaga suhu dalam ruangan rumah agar tetap hangat.

Seperti itulah beberapa keunggulan dari plafon kayu. Nah, setelah mengetahui keunggulannya, mari kita kepembahasan selanjutnya mengenai jenis-jenis plafon kayu.

Jenis-jenis Plafon Kayu Terbaik

1. Plafon Kayu Kumea

plafon kayu kumea

Jenis plafon kayu terbaik pertama yang paling recommended, yakni bernama plafon kayu kumea. Mengapa demikian? Pasalnya, karakteristik pada kayu kumea ini memang sudah memenuhi standarisasi bidang perkayuan termasuk untuk produk plafon kayu.

Menurut informasi yang didapat, tingkat keawetan dan tingkat kekerasan kayu kumea ini termasuk kedalam kelas menengah. Namun dari segi bobotnya, ternyata kayu kumea mempunyai bobot yang lebih berat dibanding jenis kayu lainnya lho.

Dengan menggunakan plafon kayu kumea, tentu saja tampilan rumahmu akan tampa lebih mewah, elegan, natural, dan nyaman.

2. Plafon Kayu Keruing

plafon kayu keruing

Selain kayu kumea, kayu keruing juga merupakan salah satu jenis kayu di Indonesia yang kualitasnya sudah tidak perlu dipertanyakan lagi. Menurut para ahli kayu, yang menyebutkan bahwa tingkat kekerasan dan kekuatan pada kayu keruing ini hampir setara dengan kayu jati.

Dari segi bobotnya, kayu ini keruing ini memang lebih ringan dibanding kayu jati maupun jenis kayu lainnya. Mengingat akan hal itu, maka tak heran juga jika kayu keruing cocok digunakan untuk bahan baku pembuatan plafon dan lantai kayu parket.

3. Plafon Kayu Ulin

plafon kayu ulin

Kebanyakan kayu ulin yang berkualitas berasal dari kawasan hutan tropis Kalimantan, yang batan pohonnya kerap digunakan untuk berbagai kebutuhan seperti konstruksi, property, hingga furniture. Kayu ulin juga memiliki istilah populer lainnya, yakni “kayu besi” dikarenakan memiliki tekstur yang sangat keras.

Bukan hanya itu, bahkan kualitas kayu ulin sudah terbukti sangat baik mulai dari tingkat kekerasan, tingkat kekuatan, tingkat keawetan, pola serat dan warnanya yang begitu indah. Kendati demikian, kayu ulin memiliki satu kekurangannya yaitu bobot yang lebih berat daripada jenis kayu lainnya.

Tapi kabar baiknya, kayu ulin masih bisa diolah dengan mudah sehingga ketebalannya bisa di pertipis dan cocok dijadikan untuk produk plafon kayu, lantai kayu, dan dinding kayu.

Menariknya lagi, kayu keruing pun tampil dengan warna merah cerah kecoklatan yang pastinya bisa mempertegas kesan mewah, elegan, natural dan hangat pada sebuah hunian. Baca Selengkapnya…

4. Plafon Kayu Momala (Gia)

plafon kayu momala

Kayu momala juga memiliki istilah lain yakni “kayu gia”, namun keberadaannya tidaklah sepopuler jenis-jenis kayu diatas tadi. Meski namanya kurang populer, namun kayu momala mengusung kualitas yang tidak kalah bagusnya dari kayu keruing maupun kayu ulin. Hal itu bukan tanpa alasan, karena jenis kayu momala memiliki tingkat kekuatan dan keawetan yang termasuk kedalam kategori kelas I dan kelas II.

Sedangkan untuk tampilan fisiknya, kayu momala tampil dengan warna cokelat dan cokelat kemerahan yang bertekstur keras. Mengingat akan hal itu, maka tak heran juga jika kayu momala sering dimanfaatkan untuk bahan baku pembuatan plafon lambersering, plafon, dan property kayu lainnya.

5. Plafon Kayu Agathis

plafon kayu agathis

Jenis plafon kayu terbaik berikutnya yang akan dibahas, yakni bernama plafon kayu agathis. Jenis kayu yang satu ini lebih populer dengan sebutan kayu damar, yang memiliki tingkat kekerasan dan tingkat keawetan kelas III.

Itu sebabnya, mengapa tekstur kayu agathis cenderung agak lunak yang menjadikannya lebih mudah diolah untuk produk-produk property rumah, seperti plafon kayu maupun lambersering (dinding kayu).

Penempantan Plafon Kayu

1. Ruang Tamu

plafon kayu di ruang tamu

Jika nuansa ruang tamu rumahmu ingin terkesan lebih elegan dan natural, maka kamu bisa menempatkan plafon kayu tersebut di area ruang tamu. Ya, terlebih jika furniture yang ada di ruang tamu tersebut juga sama-sama berbahan kayu, sehingga akan semakin mempertegas kesan naturalnya.

Untuk informasi pemesanan plafon kayu dan lantai kayu parket, silahkan hubungi nomor (022) 6078 505 / 0812 1001 419

2. Area Dapur

plafon kayu di dapur

Apakah kamu sudah bosan dengan desain interior dapur yang begitu-begitu saja? Jika iya, maka area dapurmu wajib dipasang plafon kayu. Pasalnya, penempatan plafon kayu pada area dapur dapat menghadirkan gaya kontemporer yang begitu sedap dipandang mata. Dengan begitu, pengalaman masak-memasak di dapur pun menjadi lebih nyaman dan menyenangkan.

3. Kamar Tidur

plafon kayu di kamar tidur

Tak hanya untuk area ruang tamu dan dapur saja, penempatan plafon kayu juga tentunya sangat cocok di area kamar tidur. Pasalnya pengguaan plafon kayu di kamar tidur dapat menciptakan sensasi hangat, nyaman, dan elegan.

Demikianlah ulasan singkat seputar seluk beluk dari plafon kayu, sehingga bisa kamu jadikan sebagai bahan pertimbangan sebelum hendak menggunakannya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top