jenis tanaman yang dapat ditanam secara hidroponik

Inilah Jenis-jenis Tanaman yang Dapat Ditanam Dengan Teknik Hidroponik

Semenjak aktivitas diluar rumah dibatasi guna memutus rantai penyebaran virus corona, bercocok tanam pun menjadi salah satu rutinitas yang mulai banyak digandrungi masyarakat. Disamping efektif mengusir rasa jenuh, kegiatan bercocok tanam juga memiliki segudang manfaat bagi kehidupan.

Teknik bercocok tanam hidroponik kerap dipilih masyarakat di perkotaan, karena memang dinilai lebih mudah dan efektif ketimbang teknik penanaman konvensional. Hal itu terbukti, yang mana teknik hidroponik tidak membutuhkan tanah sebagai media tanamnya.

Definisi Hidroponik

Hidroponik merupakan sebuah budidaya menanam yang memanfaatkan air, tanpa membutuhkan tanah sebagai media tanam. Pasalnya, kebutuhan air pada tanaman hidroponik itu lebih sedikit ketimbang kebutuhan air pada budidaya tanaman yang menggunakan media tanah.

Hasilnya, teknik penanaman hidroponik sangat cocok di terapkan pada daerah yang ketersediaan pasokan airnya terbatas. Dengan kata lain, hidroponik adalah budidaya tanaman yang tidak bisa lepas dari peranan air.

Adapun mengenai berbagai keunggulan dari teknik penanaman hidroponik sebagai berikut :

  • Hasil panen yang lebih maksimal
  • Tingkat pertumbuhan 30 – 50 % yang lebih cepat
  • Tidak akan ada nutrisi yang terbuang
  • Dapat menekan penggunaan pestisida
  • Bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja
  • Tidak membutuhkan banyak tenaga dan dapat menghemat biaya
  • Bisa tumbuh didalam ruangan
  • Tidak membutuhkan media tanah

Akan tetapi, tidak semua jenis tanaman itu dapat ditanam melalui teknik hidroponik lho. Lantas, jenis tanaman apa sajakah yang dapat ditanam dengan teknik hidroponik…???

Jenis Sayuran yang Bisa Ditanam Melalui Teknik Hidroponik

1. Bayam

jenis tanaman yang dapat ditanam secara hidroponik - bayam

Siapa sih diantara kita yang tidak kenal dengan bayam? Tentu saja kita semua sudah tidak asing lagi dengan jenis sayuran yang satu ini. Ya, disamping rasanya yang lezat, sayur bayam juga kaya akan kandungan nutrisi dan vitamin yang tentunya bagus untuk kesehatan tubuh.

Bayam pun menjadi salah satu jenis tanaman yang bisa kita tanam melalui hidroponik. Menurut informasi yang dapat, bayam yang ditanam melalui teknik hidroponik ini akan jauh lebih bernutrisi lho.

Baca juga : Cara Menanam Tanaman Hidroponik Untuk Pemula

2. Paprika

jenis tanaman yang dapat ditanam secara hidroponik - paprika

Selain bayam, paprika juga dapat kamu tanam melalui teknik hidroponik. Namun, paprika itu sendiri memang kurang diminati oleh masyarakat Indonesia. Padahal, paprika memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi jika dibudidayakan dengan teknik hidroponik.

Jika kamu berminat untuk membudidayakan paprika melalui teknik hidroponik, maka hal yang harus diperhatikan adala konsentrasi pada nutrisi hidroponik yang diperoleh paprikanya.

Dari segi manfaat, paprika ini memiliki kemampuan yang dapat menangkal radikal bebas sehingga tubuh kita akan terlindungi dari berbagai macam jenis penyakit.

3. Selada

jenis tanaman yang dapat ditanam secara hidroponik - selada

Ini dia salah satu tanaman yang kerap ditanam melalui teknik hidroponik. Tak hanya mudah dari proses pembudidayaan, selada juga memiliki cita rasa yang lezat. Umumnya daun selada sering dijadikan lalapan.

Namun, ada pula yang menjadikan selada ini sebagai menu pelengkap untuk salad, sandwich, burger, kebab, dan lain sebagainya. Sehingga tak heran, jika selada ini memiliki nilai ekonomi tinggi karena permintaan pasar yang tidak pernah sepi.

Artikel Menarik Lainnya : Jenis Bunga-bungaan yang Dapat Dimakan

4. Timun

jenis tanaman yang dapat ditanam secara hidroponik - timun

Memang tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa timun merupakan salah satu jenis sayuran yang paling populer didunia. Ya, seperti halnya selada, yang mana timun juga sering dijadikan sebagai lalapan maupun menu pelengkap makanan.

Meski timun bisa ditanam dengan beragam teknik, namun teknik hidroponik inilah yang paling cocok untuknya.

5. Kangkung

jenis tanaman yang dapat ditanam secara hidroponik - kangkung

Berbicara soal sayuran yang enak dengan harga murah, tentu saja pikiran kita akan langsung tertuju pada kangkung. Tak hanya enak dan murah, bahkan kangkung juga kaya akan kandungan nutrisi yang pastinya bagus untuk kesehatan tubuh.

Manfaat dari mengonsumsi kangkung diantaranya adalah, dapat meningkatkan imun tubuh, meningkatkan kualitas otak, mengurangi kolesterol, dan sebagainya. Menariknya lagi, proses pembudidayaan kangkung secara hidroponik ini terbilang cukup mudah lho.

6. Buncis

jenis tanaman yang dapat ditanam secara hidroponik - buncis

Jenis sayuran yang satu ini memang banyak digemari oleh anak-anak, karena memiliki rasa yang cenderung manis. Lebih hebatnya lagi, buncis pun kaya akan kandungan gizi seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, dan protein.

7. Terong

jenis tanaman yang dapat ditanam secara hidroponik - terong

Biasanya terong kerap ditanam di halaman yang luas, agar bisa mengasilkan panen melimpah. Tak hanya itu, terong juga memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi untuk dibudidayakan.

Menurut para pakar gizi, yang menyebutkan bahwa terong kaya akan kandungan vitamin B dan antioksidan yang berkhasiat untuk mencegah berbagai macam jenis penyakit. Bagi kamu yang tinggal diperkotaan dengan lahan sempit, maka terong ini menjadi pilihan tepat untuk dijadikan budidaya hidroponik.

Baca juga : Jenis-jenis Tanaman Hias Outdoor yang Akan Mempercantik Halaman Rumahmu

8. Pare

jenis tanaman yang dapat ditanam secara hidroponik - pare

Mungkin masih banyak diantara kita yang tidak terlalu suka dengan pare. Ya, terang saja demikian, sebab jenis sayuran yang satu ini memiliki rasa pahit. Terlebih untuk kalangan anak-anak, dimana merekalah yang paling anti dengan pare.

Padahal, pare ini sangat bagus untuk kesehatan tubuh lho. Hal itu bukan tanpa alasan, karena pare kaya akan kandungan vitamin A, vitamin C, fosfor, dan zat besi. Apabila pare dibudidayakan melalui teknik hidroponik, maka ia dapat menghasilkan 10 kg dari setiap tanamannya.

Sehingga tak heran, jika pare ini dinilai yang paling produktif ketimbang jenis tanaman sayuran lainnya.

Jenis Buah-buahan yang Dapat Ditanam Melalui Teknik Hidroponik

jenis buah-buahan yang dapat ditanam secara hidroponik

1. Melon

Banyak yang beranggapan bahwa buah dengan ukuran besar itu tidak bisa ditanam melalui teknik hidroponik. Buktinya, melon yang berukuran besar ini dapat ditanam dengan sistem hidroponik lho.

Akan tetapi, teknik penanaman melon melalui sistem hidroponik memang membutuhkan perhatian khusus. Terutama untuk pemilihan bibit unggul, proses memanen, hingga lahan yang digunakan.

Dalam hal ini, kamu harus memiliki pekarangan yang cukup luas untuk menanam melon secara hidroponik.

2. Semangka

Tak berbeda jauh dengan melon, yang mana semangka juga tampil dengan ukuran cukup besar. 99% komposisi pada buah semangka ini adalah air, yang tentunya sangat bagus untuk kesehatan tubuh. Apalagi ia memiliki cita rasa manis dan menyegarkan, sehingga banyak disukai oleh semua orang.

Cara penanamannya melalui teknik hidroponik pun sangat mirip dengan melon, yakni membutuhkan perhatian khusus.

3. Strawberry

Umumnya buah strawberry tumbuh subur di dataran tinggi seperti perbukitan. Namun, sekarang ini kamu bisa menanam buah strawberry dimana saja melalui teknik hidroponik.

Selain menghasilkan buah yang berkualitas tinggi, penanaman strawberry secara hidroponik juga sudah terbukti jauh lebih efekti dan efisien.

4. Anggur

Jenis buah-buahan berikutnya yang dapat kamu tanam dengan teknik hidroponik, yakni berupa anggur. Adapun mengenai beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk menanam anggur secara hidroponik seperti :

  • Daerah yang kering (25-31 celcius)
  • Kelembapan udara 40 – 60%
  • Intensitas matahari penuh sepanjang hari.

Nah, itulah beberapa jenis tanaman yang dapat kamu tanam melalui teknik hidroponik. Bagaimana, tertarik untuk mencobanya?

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top