Pagar merupakan salah satu element penting untuk sebuah hunian, selai keamanan dengan mendesain pagar sedemikian rupa akan tercipta wujud hunian yang indah menawan.

Menggunakan kayu sebagai pagar kayu minimalist, apabila di kemas dengan apik akan memberikan tampilan yang ciamik, tidak hanya dari pemilihan bahan kayu yang di gunakan, perlu juga di perhatikan dari struktur kerapihan lempengan kayu, serta bahan finishing yang di gunakan.

penempatan pagar kayu rumah minimalist sudah pasti akan selalu terkena panas dan hujan langsung, rekomendasi kayu yang di gunakan adalah jenis kayu keras yang memiliki tingkat keawetan yang baik.jangan sampai baru 2 tahun kondisi kayu sudah keropos, sayang bukan..?

Dibawah ini akan kami uraikan beberapa Inspirasi pagar kayu rumah minimalis, serta keterangan produk dan bahan kayu yang di gunakan.

Pagar Kayu rumah minimalis dengan variasi kayu balok berbagai ukuran

Pagar Kayu minimlais ini lebih mengedepankan Estetika, kayu di buat sejajar vertikal dengan panjang di buat bervariasi yang tersusun. pada bagian dasar di topang oleh besi siku yang menempel pada beton sebagai landasan dan kekuatan.

Jarak antara satu dengan lainnya yaitu 15cm, terbilang aman, tidak bisa di lewati oleh anak kecil sekalipun. yang perlu di perhatikan saat membuat model pagar seperti ini, adalah kesejajaran vertikal. karena tidak ada penopang di bagian atas dan tengah, sehingga perlu ketelitian dalam mensejajarkan alur vertikal, terutama pada bagian landasan beton, harus benar benar terukur tegak lurus 90 derajat.

bahan kayu yang di gunakan dari bahan kayu merbau dengan ukuran balok 8cm x 12cm dan ukuran kaso scm x 7cm. dengan finishing latsur water base, Kayu merbau merupakan jenis kayu awet yang bisa tahan hingga puluhan tahun.

Pagar minimalis Kayu vertikal dengan rangka besi

Penggunaan besi sebagai dudukan rangka kayu, selain memudahkan proses instalasi, juga lebih stabil. Besi memiliki susut muai sangat rendah, sehingga perubahan suhu tidak akan menimbulkan pintu pagar akan menjadi longgar atau seret.

Model pagar kayu minimalis ini terbuat dari bahan kayu Bengkirai berukuran 3cm x 4cm, dengan menyusun secara vertikal dengan jarak 3cm. dan rangka besi hollow 4cm x 4cm. sistem pemasangan dengan di skrup pada bagian belakang. sehingga pada bagian muka tidak akan terlihat bekas lobang skrup

yang perlu di perhatikan dalam aplikasi pagar minimalis seperti ini adalah ketinggian, ketinggian pagar jangan sampai lebih dari 1,5m, karena apabila ketinggiannya lebih dari itu , akan beresiko kayu akan melengkung, tentunya tidak bagus di pandang mata.

Pagar kayu rumah minimalis model Horizontal

bahan kayu yang di gunakan sama dengan model di atas yaitu kayu Bengkirai ukuran 3cm x 4xm, di susun secara horizontal, dengan jarak 3cm.

dudukan besi menggunakan besi hollow berukuran 4x6cm. dudukan besi ini di buat lebih besar, karena peruntukannya sebagai pagar dorong, sehingga harus kokoh, agar dudukan roda pagar pada rell tidak berubah. seperti yang kita ketahui banyak sekali di temui pagar besi dorong yang sering seret apabila di dorong, hal itu di sebabkan karena rangka yang kurang kokoh, karena sering buka tutup, terjadi pergerakan, meskipun pergerakan hanya 1mm, akan menjadikan pagar seret untuk di buka.

Pagar minimalis kayu ulin untuk area menyiku

Kayu ulin merupakan salah satu kayu terbaik dan terawet saat ini.menggunakan kayu ulin untuk pagar akan memiliki usia pakai yang sangat lama, namun apabila menggunakan rangka besi hollow, biasanya dalam jangka waktu 10 tahun ke atas, besi akan kalah, harus di ganti dudukan besinya, sebagus apapun kualitas besi, tetap akan keropos di makan usia. Berbeda dengan kayu yang akan bertahan sangaat lama.

Penempatan pada area sudut, tidak dikerjakan dengan membuat adu manis, karena rentan terhadap pemuaian kayu, namun di buat zigzag, dengan jarak pertemuan 1cm. sehingga relatif aman, namun tetap masih indah di pandang.

Bahan kayu yang di gunakan dari bahan kayu Ulin berukuran 2cm x 4cm, jarak penempatan 2cm. di susun secara vertikal. Kayu Ulin memiliki tingkat stabilitas sangat baik, sehingga dalam satu modul bisa digunakan dengan panjang maksimal 2 meter.

Pagar kayu rumah minimalis berbentuk panel

dengan bentuk panel speperti terlihat pada gambar, tampilan pagar akan terlihat sangat kokoh. dalam aplikasinya harus di bantu dengan rangka besi, apabila menggunakan kayu sebagai rangka, selain berat, juga rentan terhadap pemuaian.

Penggunaan engsel harus menggunakan engsel custom dari plat besi yang tebal, meskipun menggunakan rangka besi, tetap dengan pemasangan kayu yang rapat, pintu pagar akan berat, sehingga apabila menggunakan engsel biasa, tidak akan kuat menahan bobot pintu yang berat.

Bahan yang di gunakandari kayu kruing berukuran 1cm x 8cm. pada bagian tepi ditempatkan list kayu agar tampilan terlihat lebih indah. model pagar kayu rumah minimalis ini sangat cocok apabila di aplikasikan untuk villa, selain estetika, segi keamanan juga sangat baik.

Pagar kayu rumah minimalis populer

salah satu model pagar rumah kayu minimalis yang paling banyak di gunakan untuk rumah rumah di Indonesia seperti terlihat pada gambar. model ini menggunakan kayu balok yang belah menjadi ukuran tebal 2cm.

pemasangannya di kombinasikan dengan besi hollow,sebagai rangka. dalam satu modul rangka besi hollow, maksimal panjang 1,5m, agar kayu bisa di sangga. sehingga kayu tidak akan melenting.

Rekomendasi kayu yang di gunakan diantaranya kayu Jati, Merbau, kayu bengkirai. kayu yang digunakan harus jenis kayu yang stabil. karena lebar kayu 12cm, terbilang cukup lebar. dengan ukuran yang lebar. apalagi terkena panas da hujan, kayu sangat rentan melenting.

Pagar kayu rumah minimalis model diagonal

variasi kayu yang di pasang secara diagonal,terbilang jarang di temui, untuk model ini kayu yang di gunakan memiliki tebal 1cm, dan lebar 9cm, pada bagian tengan dibuatkan modul rangka besi hollow sebagai tempat menyekrup bagian kayu ke rangka besi.

rekomendasi kayu yang di gunakan untuk model pagar ini adalah Kayu merbau, kayu Kruing, dan kayu Ulin. ke tiga kayu tersebut bisa di aplikasikan dengan ketebalan 1cm, tidak akan pecah.

anda tertarik menggunakan pagar kayu minimalis seperti ini..? silahkan hubungi kami untuk informasi harga dan cara pemesanan.

Pagar kayu rumah minimalis model wajik

model pagar ini terbilang cukup rumit dalam pengerjaannya. pembuatan adumanis harus benar benar oleh tangan terampil. tidak di rekomendasikan menggunakan model ini untuk area outdoor, yang terkena panas dan hujan langsung, karena akan merusak tatanan adumanis pada kayu.

rekomendasi kayu yang di gunakan dari bahan kayu jati atau kayu merbau, harus sudah di oven. dengan ukuran tebal 2cm lebar 9cm. ukuran tersebut tersedia dari bahan decking kayu. apabila anda sengaja membelah dengan ukuran tersebut biayanya sudah pasti mahal. untuk mendapatkan harga murah belilah produk yang sudah jadi, anda bisa membeli produk decking kayu di gudangparquet.net salah satu penyedia kayu decking dan lantai kayu murah.

Itulah beberapa inspirasi pagar rumah kayu minimalis yang memukau, penggunaan kayu akan memberikan nuansa yang natural dan sejuk terhadap rumah anda. Bermutu.id salah satu website informasi yang mengulas ragam kebutuhan dekorasi rumah baik interior maupun exterior. baca artikel kami yang lainnya untuk mendapatkan berbagai info dan tips menarik.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top