batu split

Review Harga Batu Split Terbaru di Bandung 2021

Sekilas Tentang Batu Split

Guna menunjang sebuah bangunan yang kokoh, tentu saja tidak terlepas dari peran bahan material yang bertekstur keras. Ya, seperti material batu, dimana ada beragam jenis batu yang kerap digunakan untuk kebutuhan konstruksi bangunan. Salah satunya adalah jenis batu spilt. Awalnya wujud batu split berupa bongkahan batu besar yang kemudian dibelah atau dipecah, sehingga ukurannya menjadi lebih kecil dan bervariasi.

Itu sebabnya, mengapa batu split juga kerap disebut dengan istilah “batu belah”. Pada umumnya, fungsi utama dari batu split itu sendiri sebagai bahan campuran untuk pembuatan beton cor. Tak hanya batu split, masih ada lagi bahan lainnya yang terlibat dalam proses pembuatan beton cor yaitu pasir dan semen. Ketiga bahan tersebut nantinya akan dicampur melalui media air, kemudian adonan betonnya akan dicetak sesuai dengan peruntukannya.

Nah, sebelum membahas lebih jauh lagi seputar batu spilt, lebih baik kita bahas dulu daftar harga batu split di Bandung. Untuk mempersingkat waktu, mending kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

Harga Batu Split di Bandung

Jenis Batu SplitJumlah SatuanHarga
Batu Kali Belahm3Rp 185.000
Batu Split1 mobil pick upRp 260.000
Batu Split1 trukRp 1.260.000
Batu Kneckerm3Rp 210.000

Setelah mengetahui daftar harga batu split terbaru di Bandung, mari kita sambung lagi ke pembahasan batu split.

Menarik Juga Untuk Disimak ->Harga Batu Pondasi di Bandung

Kriteria Batu Split yang Bagus Untuk Menopang Pondasi

Mengingat batu split pada umumnya dibuat untuk kebutuhan konstruksi pondasi, maka ada beberapa kriterianya yang harus dipenuhi seperti berikut :

  • Batu split harus memiliki permukaan yang kasar. Pasalnya, batu split dengan permukaan yang kasar akan membuat ikatan yang lebih kokoh pada mortar.
  • Batu split harus bebas dari berbagai kotoran, sehingga saat pembuatan pondasi diusahakan untuk membersihkan terlebih dahulu batunya dengan air.
  • Batu split yang memiliki pori-pori tidak disarankan digunakan untuk konstruksi pondasi.
  • Batu spilt harus berukuran kurang lebih 25 cm.

Jenis-jenis Batu Split Berdasarkan Ukuran dan Fungsinya

 1. Batu Split Ukuran 0 – 5 mm.

Jenis batu split ini memiliki teksur yang paling lembut diantara jenis batu split lainnya, sehingga sering dinamai dengan istilah “Abu Batu”. Hal itu bisa dilihat dari ukuran partikelnya yang menyerupai pasir lembut, yang umumnya digunakan untuk campuran dalam proses pengaspalan serta dapat digunakan sebagai pengganti pasir. Material batu split ukuran ini merupakan bahan utama untuk pembuatan gorong-gorong dan batako press.

2. Batu Split Ukuran 5 – 10 mm

Batu split ukuran 5 – 10 mm biasa digunakan untuk campuran dalam proses pengaspalan jalan, mulai dari jalan yang ringan sampai jalan kelas 1. Batu split jenis ukuran ini akan dicampur dengan aspal menjadi Aspal Mixed Plant atau secara umum disebut dengan aspal hot mixed. Jenis ini disebut juga dengan batu split ukuran 3/8 cm. 

3. Batu Split Ukuran 10 – 20 mm

Sementara batu split berukuran 10 – 20 mm kerap digunakan untuk bahan  pengecoran berbagai macam konstruksi, mulai dari konstuksi ringan sampai konstruksi berat. Adapun mengenai model-model bangunan yang menggunakan beton cor dari bahan batu split ukuran ini, seperti Jalan Tol, Gedung bertingkat, Landasan Pesawat Udara, Bantalan Kereta Api, Pelabuhan dan Dermaga, Tiang Pancang dan Jembatan dan sebagainya.

4. Batu Split Ukuran 20 – 30 mm

Berbeda dengan batu split ukuran 20 – 30 mm, dimana ia merpakan material batu split yang biasanya banyak digunakan untuk bahan pengecoran lantai dan pengecoran atau pembetonan horizontal yang lain.

5. Batu Split Ukuran 30 – 50 mm

Material batu split berukuran 30 – 50 mm ini umumnya digunakan untuk penyangga bantalan kereta api, penutup atau pemberat pipa didasar laut, beton cor pemecah ombak, dan untuk dasar badan jalan sebelum menggunakan material yang lain.

6. Batu Split Jenis Agregat A

Jenis batu split Agregat A ini tediri dari campuran beberapa jenis ukuran baru split, seperti abu batu, pasir, batu split ukuran 10-20 mm, batu split ukuran 20-30 mm dan batu split ukuran 30-50 mm.

Namun, penggabungan maerial tersebut tidak ada pedoman komposisi yang pasti atau baku dari masing-masing bahan. Dengan kata lain, komposisi disesuaikan dengan jenis penggunaannya. Batu split jenis Agregat A ini termasuk dalam jenis sirtu dan umumnya digunakan sebagai bahan pengecoran dinding, pembuatan dinding dan campuran bahan beton cor.

7. Batu Split Jenis Agregat B

Jenis batu split Agregat B terdiri dari campuran beberapa material lainnya, seperti tanah, abu batu, pasir, batu split ukuran 10-20 mm, batu split ukuran 20-30 mm dan batu split ukuran 30-50 mm. Nah, material tanah tersebutlah yang menjadi pembeda komposisi dengan batu split jenis Agregat A. Meski demikian, pencampuran bahan tadi tidak ada patokan khusus komposisi yang pasti atau baku dari masing-masing bahan.

Seperti halnya batu split agregat A, dimana komposisi batu split agregat B ini juga akan disesuaikan dengan jenis penggunaannya. Batu split jenis Agregat B termasuk dalam jenis sirtu (pasir batu), yang biasanya digunakan untuk bahan timbunan awal pengerasan jalan dengan tujuan untuk meratakan dan mengikat lapisan batu split yang digelar pada lapisan di atasnya.

8. Batu Split Jenis Agregat C

Sedangkan batu split jenis Agregat C terdiri campuran antara beberapa jenis ukuran baru split, tanah, abu batu, pasir, batu split apa saja dan dengan komposisi yang tidak beraturan. Itu sebabnya, mengapa batu split jenis Agregat C kerap disebut istilah “batu asalan” yang pada umumnya digunakan untuk bahan timbunan untuk pengurukan lahan, reklamasi dan sebagainya.

9. Batu Gajah

Seperti namanya, yang mana batu gajah ini adalah jenis batu split dengan ukuran yang paling besar. Dikarenakan ukuran yang dimilikinya cukup besar, maka tak heran juga jika batu gajah sering digunakan untuk menimbun lahan atau lokasi yang berdekatan dengan pantai. Bukan hanya itu, bahkan batu gajah pun sering digunakan untuk membuat bahan beton pemecah ombak, bahan reklamasi pantai, bahan untuk membuat dermaga kecil atau yang paling umum digunakan untuk bahan pondasi bangunan.

Demikianlah ulasan singkat seputar daftar harga batu split di Bandung beserta jenis-jenisnya, sehingga bisa kamu jadikan sebagai bahan referensi. Bagi kamu yang ingin tahu daftar harga lantai kayu jati dan merbau, silahkan klik disini

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top